Pemkab Pessel Usulkan Tambahan 18 Ribu KK untuk PKH 2021


Senin, 24 Februari 2020 - 16:21:57 WIB
Pemkab Pessel Usulkan Tambahan 18 Ribu KK  untuk PKH 2021 Bupati Pesisir Selatan, Hendrajoni saat meluncurkan bantuan sosial Program Sembako di Kecamatan Lunang didampingi sejumlah OPD, camat, walinagari setempat.

PAINAN,HARIANHALUAN.COM-Pemerintah Kabupaten Pesisir Selatan, mengusulkan penambahan 18 ribu kepala keluarga asal daerah setempat sebagai penerima Program Keluarga Harapan (PKH) pada 2021 mendatang.

"Berdasarkan data yang kami terima, setidaknya terdapat sekitar 18 ribu kepala keluarga di Pesisir Selatan yang layak masuk daftar PKH," kata Bupati Hendrajoni disela-sela kegiatan peluncuruan bantuan sosial Program Sembako di Kecamatan Lunang, Senin (24/2).

Baca Juga : Fadly Amran Gelar Silaturrahmi dengan KAN Lareh Nan Panjang Jelang Ramadan 1442 H

Menurutnya, hal tersebut sudah disampaikan kepada Kementerian Sosial serta anggota Komisi VIII DPR RI Dapil I Sumbar, Lisda Hendrajoni yang juga bergerak di bidang sosial. Namun, pihaknya turut memberi apresiasi jika terdapat diantara kepala keluarga yang sebelumnya masuk daftar penerima PKH, namun keluar karena merasa sudah mandiri.

"Ya, di Lunang terdapat empat kepala keluarga yang sudah keluar dari daftar PKH dan saya sangat mengapresiasi hak ini, dengan begitu tentu bantuan yang selama ini mereka terima akan dialihkan kepada keluarga lain yang lebih membutuhkan lagi," ucapnya.

Baca Juga : BST Kemensos Kembali Disalurkan Pada Keluarga Penerima Manfaat Kota Padang Panjang

Ia menuturkan, saat ini di Kabupaten Pesisir Selatan terdapat 19.297 kepala keluarga yang menjadi penerima bantuan sosial Program Sembako dan dari jumlah tersebut sebanyak 12.389 kepala keluarga masuk ke daftar PKH.

Khusus di Lunang, kata bupati, terdapat sebanyak 140 kepala keluarga yang menerima program sembako, dari 140 itu 100 kepala keluarga diantaranya masuk daftar PKH.

Baca Juga : Percepat Transaksi APBD Secara Non Tunai, Bupati Agam Tandatangani SK TP2DD

Sementara, secara keseluruhan di kabupaten setempat terdapat 148 e-warung yang ditunjuk melayani keluarga penerima program sembako, dan khusus di Lunang sesuai dengan jumlah penerima manfaat hanya terdapat empat e-warung.

"Masing-masing keluarga penerima program disalurkan bantuan Rp150 ribu secara non tunai, dan langsung dapat digunakan untuk membeli sembako di e-warung yang sudah ditunjuk pada masing-masing kecamatan," ujarnya. (*)

Baca Juga : Kota Padang Panjang Terima Penghargaan TP2DD di FEKDI

Reporter : OKIS MARDIANSYAH | Editor : Dodi
Logo Bawah
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing, Jalan Hamka Padang, Sumbar
Email: [email protected]