Wujudkan Zona Integritas, Riza Falepi: Akan Nonjobkan Pejabat tak Mampu


Senin, 24 Februari 2020 - 17:46:18 WIB
Wujudkan Zona Integritas, Riza Falepi: Akan Nonjobkan Pejabat tak Mampu Wako Payakumbuh, Riza Falepi, didampingi Kapolres AKBP Doni Setiawan menandatangani Zona Integgritas.

PAYAKUMBUH, HARIANHALUAN.COM-- Wali Kota Payakumbuh, Riza Falepi,  menggelar Sosialisasi Zona Integritas dengan Narasumber Kapolres Payakumbuh AKBP Dony Setiawan, SIK, MH di Aula Ngalau Indah Lantai 3 Balai Kota Eks Lapangan Poliko, Senin (24/2).

Sosialisasi yang diikuti seluruh Kepala OPD, camat, Kasubag Program dan Keuangan menindaklanjuti Peraturan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara Dan Reformasi Birokrasi (Permenpan-RB) RI Nomor 10 Tahun 2019 tentang perubahan atas Permenpan-RB RI Nomor 52 Tahun 2014 tentang pedoman pembangunan Zona Integritas Menuju Wilayah Bebas Dari Korupsi (WBK) dan Wilayah Birokrasi Bersih dan Melayani (WBBM) di Lingkungan Instansi Pemerintah.

Kepada seluruh peserta untuk mengikuti dan menindaklanjuti hasil materi dari Kapolres, karena setelah dilakukan evaluasi, ternyata salahsatu faktor yang menjadi kelemahan dari SAKIP Payakumbuh ada disini.

"Sakip kita masih BB, tahun depan saya ingin A,  kepala dinas kalau nggak sanggup angkat tangan, bakal saya ganti atau saya non jobkan," tegas Riza

Ketegasan Riza ini tidak main-main karena Riza sendiri serius agar Zona Integritas ini dipersiapkan dengan baik. "Secara praktek tidak ada persoalan, harus tahu ilmu dari ahlinya, makanya kita hadirkan Kapolres kesini," kata Riza.

Sementara Kapolres Payakumbuh,  Dony Setiawan mengatakan, dirinya mendapat informasi kalau Pemko ingin membangun sebuah Zona Integritas (ZI), dirinya melakukan penyelidikan kepada Wali Kota. Untuk membangun Zona Integritas, maka harus mengecek kepalanya terlebih dahulu.

"Kalau kepalanya busuk, maka ZI tidak akan bisa terwujud, karena komitmen tidak ada," kata Kapolres.

Kapolres menilai Wali Kota Riza Falepi,  cukup berkomitmen, tidak terkait kasus pungli maupun korupsi. Contoh komitmen dari Riza Falepi yang diapresiasi oleh Kapolres adalah Mal Pelayanan Publik (MPP), sebuah pelayanan satu atap untuk memangkas Birokrasi.

"Salah satu MPP yang terbaik di Sumatera Barat adalah di Payakumbuh karena berjalan dengan sangat baik, tapi terlepas dari bagusnya pelayanan, konteks dari ZI adalah bersih," ungkapnya. (*)

Reporter : ZULKIFLI /  Editor : Dodi

Akses harianhaluan.com Via Mobile m.harianhaluan.com

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
  • Senin, 04 Maret 2019 - 23:41:18 WIB

    Presiden Jokowi Wujudkan Mimpi Warga Miskin Dharmasraya

    Presiden Jokowi Wujudkan Mimpi Warga Miskin Dharmasraya PADANG, HARIANHALUAN.COM – Punya hunian tetap adalah mimpi setiap orang. Namun, harapan itu kadang terganjal kondisi ekonomi yang berat. Banyak masyarakat yang hidup di bawah garis kemiskinan tidak mampu membangun rumah, ka.
  • Selasa, 16 Oktober 2018 - 13:35:48 WIB

    Masyarakat Nagari Malalo Berjuang Wujudkan Hutan Adat

    Masyarakat Nagari Malalo Berjuang Wujudkan Hutan Adat TANAH DATAR, HARIANHALUAN.COM - Masyarakat adat Malalo Tigo Jurai yang semakin tersadarkan dengan potensi alam Malalo dengan bantuan oleh LSM Qibar, INSIST, dan HUMA yang kemudian berjuang bersama untuk terwujudnya Hutan Ada.
  • Jumat, 28 September 2018 - 12:13:14 WIB

    Dinas PUTR Pasaman Gunakan "Artis Konde" Wujudkan Tertib Administrasi 

    Dinas PUTR Pasaman Gunakan PASAMAN, HARIANHALUAN.COM--Perkembangan teknologi dan sistem informasi saat ini semakin pesat. Salah satu manfaat yang bisa dirasakan dari perkembangan teknologi yaitu pengolahan data yang bisa dilakukan secara tepat, cepat d.
  • Jumat, 13 Mei 2016 - 03:23:50 WIB

    Mewujudkan Masyarakat Pasaman yang Agamis

    Sekarang ini umat Islam bisa dibilang sedang diuji. Hari kehari berbagai bentuk penyakit masyarakat (Pekat), baik judi, munuman beralkohol, narkoba, ganja terus merebak ke seluruh penjuru tanah air. Berbagai upaya terus dilak.
  • Kamis, 07 April 2016 - 02:41:27 WIB

    Musrenbang Wujudkan Visi Padang Pariaman

    PADANG PARIAMAN, HALUAN — Musyawarah Perencanaan Pembangunan Kabupaten Padang Pariaman dalam rangka Penyusunan Rencana Kerja Pembangunan Daerah Tahun 2016, Senin (4/4) di Hall Parik Malintang dibuka langsung oleh Bupati Pa.
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]
APP HARIANHALUAN.COM