Makin Bersaing, Prodi Analisis Kimia Politeknik ATI Padang Terapkan Kurikulum Berbasis Kompetensi


Senin, 24 Februari 2020 - 19:47:59 WIB
Makin Bersaing, Prodi Analisis Kimia Politeknik ATI Padang Terapkan Kurikulum Berbasis Kompetensi Ist

PADANG, HARIANHALUAN.COM -- Bagi Anda yang sudah lulus dari Sekolah Menengah Atas (SMA) ataupun Sekolah Menengah Kejuruan (SMK), apalagi yang mempunyai passion di bidang eksak, dijamin tertarik mengambil Program Studi (Prodi) Analisis Kimia yang dibuka oleh Politeknik ATI Padang.

Betapa tidak, prodi tersebut telah menerapkan kurikulum yang mengacu kepada Standar Kompetensi Kerja Nasional Indonesia (SKKNI). Kurikulum dimaksud dalam penyiapan pelatihan berbasis kompetensi dan sertifikasi kompetensi.

Sertifkasi kompetensi merupakan proses pemberian pengakuan atas kompetensi yang dimiliki seseorang yang dilakukan melalui uji kompetensi secara sistematik dan objektif yang mengacu kepada kompetensi kerja.

Direkrut Politeknik ATI Padang, Dr. Ester Edward, M.Pd mengungkapkan, bahwa Prodi Analisis Kimia (D3) Politeknik ATI Padang telah menghasilkan lulusan yang tersebar diseluruh Indonesia. Bahkan Prodi Analisis Kimia telah menyandang akreditasi B.

"Prodi Analisis Kimia ini memiliki keunggulan dan kriteria, yakni kurikulum yang mengacu pada SKKNI yang mampu menyandingkan, menyetarakan, dan mengintegrasikan antara bidang pendidikan dan pelatihan kerja, serta pengalaman kerja dalam memberikan pengakuan kompetensi kerja bidang analisis kimis dengan jenjang kualifikasi D3 level 5," kata Ester Edward, dilansir dari brosur yang diterima Harianhaluan.com, Senin (24/2/2020).

Ester Edward menambahkan, hal ini bertujuan untuk menghasilkan SDM industri yang kompeten dalam rangka memenuhi kebutuhan pembangunan industri
nasional pada jalur pendidikan vokasional dalam bidang keahlian Analisis Kimia, dan menghasilkan publikasi pada jurnal internasional dan perolehan HaKl dalam bidang industri terapan.

"Meningkatkan implementasi hasil penelitian industri kimia terapan untuk kesejahteraan masyarakatn, menghasilkan link and match yang kuat dengan dunia usaha dan industri," tukasnya. (*)

 Editor : Milna

Akses harianhaluan.com Via Mobile m.harianhaluan.com

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]
APP HARIANHALUAN.COM