Pameran dan Bazar Semarakan Ulang Tahun Emas IKMR di Pekanbaru


Senin, 24 Februari 2020 - 20:22:29 WIB
Pameran dan Bazar Semarakan Ulang Tahun Emas IKMR di Pekanbaru HUT IKMR ke 50 diisi dengan kegiatan pameran dan bazar

PEKANBARU, HARIANHALUAN.COM - Ikatan Keluarga Minang Riau (IKMR) akan memperingati ulang tahun emasnya atau ke 50 tahun dengan menggelar pameran dan bazar. Kegiatan tersebut akan berlangsung mulai hari ini, Senin (24/2/2020) dan akan berakhir Sabtu (29/2/2020).

Pembukaan pameran dan bazar itu akan dibuka Gubernur Riau H Syamsuar dan Ketua Umum Ikatan Keluarga Minang Riau (IKMR) H Basrizal Koto (Basko) di Lapangan Purna MTQ, Pekanbaru.

Sekretaris Jenderal IKMR Marjoni Hendri menjelaskan, pada hari Senin itu, bukan hanya sekadar perayaan saja, melainkan menjadi ajang silaturahmi warga Minang di Provinsi Riau.

“Insyaallah akan dihadiri oleh Gubernur Riau, Ketua Umum IKMR Basko, dan Ketua Gebu Minang Riau, Anto Rahman,” kata Marjoni, dikutip Haluanriau.co, jaringan Haluan Media Group (HMG) di Pekanbaru, Minggu (23/2).

Pembukaan pameran dan stand bazar digelar pada sore, tepatnya pukul 16.00 WIB.

“Bazar ini merupakan suatu kepedulian IKMR untuk terus meningkatkan roda perekonomian di Riau ini. Sebelumnya, kami hanya menyiapkan 100 stand, ternyata masih ada permintaan dari pedagang, lalu kami penuhi,” ucapnya.

Organisasi Masyarakat Minang di provinsi Lancang Kuning itu berumur setengah abad, sebut Joni, dirinya mengharapkan agar warga Minang di Provinsi Riau terus kompak dan semakin berkembang.

“Mari kita pererat rasa persaudaraan kita, saling tolong menolong,” harapnya.

Saat ini, sejak dipimpin oleh Basrizal Koto pada tahun 2000, IKMR hingga kini, tutur Marjoni, semakin berkembang.

“Saat ini, IKMR sudah terbentuk sebanyak 55. Mulai dari tingkat Kota Pekanbaru, tingkat kecamatan dan sampai pada tingkat desa/kelurahan,” ulasnya.

Dikisahkan Joni, awal mula organisasi ini terbentuk bernama Ikatan Keluarga Sumatera Barat (IKSB) pada tahun 1969. Namun berselang waktu, pada Musyawarah Besar (Mubes) ketiga pada tahun 2000 diusulkan untuk merubah nama organisasi.

“Mubes-nya berlangsung alot, namun dengan akhirnya disepakati pergantian nama menjadi IKMR. Dan pada saat itu pula, terpilih seorang pengusaha muda yang memiliki jiwa pemimpin untuk menakhodai IKMR, yakni Basko,” singkatnya.

Dirinya mengajak untuk kembali menyatukan persaudaraan yang sempat terpecah akibat perbedaan pandangan politik beberapa waktu lalu. “Melalui perayaan ini mari kita hubung kembali persaudaraan. Biduak Lalu Kiambang Batuik,” pungkasnya.(*)

Reporter : Syafril Amir /  Sumber : haluan.co (Haluan Media Grup) /  Editor : NOVA

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
Logo Bawah
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing, Jalan Hamka Padang, Sumbar
Email: [email protected]