HUT ke-50 IKMR, Basko: Kita Wajib Membangun Riau


Senin, 24 Februari 2020 - 21:39:10 WIB
HUT ke-50 IKMR, Basko: Kita Wajib Membangun Riau

PEKANBARU, HARIANHALUAN.COM - Ketua Umum Ikatan Keluarga Minang Riau (IKMR) Basrizal Koto mengajak masyarakat Riau asal ranah Minang untuk berkontribusi membangun Provinsi Riau. Sebab, hal ini sesuai dengna filosofi IKMR. 

Hal itu dia sampaikan saaat menyampaikan sambutan dalam acara perayaan HUT ke-50 IKMR, Senin (24/2/2020) di lapangan Purna MTQ Pekanbaru.

Basko yang merupakan pengusaha asal Pariaman ini telah menjabat Ketua IKMR selama 20 tahun.

Dia mengatakan, dulu paguyuban ini bernama Ikatan Keluarga Sumatra Barat (IKSB). Kemudian pada tahun 2000 IKSB diubah menjadi IKMR. Nama IKMR sendiri usulan dari Budayawan Wan Ghalib dan Tenas Efendy.

"Kenapa namanya IKMR, karena kita orang Riau yang bersuku Minang, kita wajib membangun di negeri Riau, itu filosofinya," kata Basko.

Menurut Basko, di usia emas 50 tahun IKMR telah berkembang menjadi organisasi luar biasa, dan banyak anggotanya sukses di berbagai bidang profesi. Bahkan, setiap lima tahun sekali beberapa pengurus IKMR sukses menjadi anggota dewan di DPR RI, begitu juga di DPRD kabupaten dan provinsi.

"Pada tahun 2000 ketika saya menjabat ketua IKMR, saya keliling daerah-daerah se-Provinsi Riau. Ketika itu dunsanak kita di daerah-daerah malu mengakui diri sebagai orang Minang, mereka tidak mempunyai karakter diri, di situ saya memulai, bahwa Minang itu suku kita, dan kita adalah orang Riau," kata Basko 

Selain itu, Basko menyebutkan, pada tanggal 16 Maret mendatang IKMR akan menggelar Mubes untuk memilih ketua IKMR yang baru. Dia berharap akan muncul kader-kader tangguh pengganti dirinya dari 54 kepengurusan IKMR se-Provinsi Riau.

"Saya hampir 3 tahun kurang aktif di Riau, semoga ke depannya IKMR tetap jaya, kuat, dan menyatukan generasi minang," ucap Basko.

Pada kesempatan yang sama, Wakil Gubenur Sumatra Barat Nasrul Abit berpesan kepada seluruh masyarakat Riau asal Sumbar agar senantiasa menjunjung tinggi adat istiadat yang ada di Riau. 

"Sama-sama kita ketahui, bahwa 35 persen warga Riau itu berasal dari Sumbar, tapi mereka sudah menjadi penduduk Riau. Karena berpuluh-puluh tahun yang lalu, kedua provinsi yang bertetanggaan ini memang sudah memiliki kedekatan yang baik. Ini harus kita jaga," ujarnya.

Sementara itu, Gubernur Riau Syamsuar, berharap IKMR dapat meningkatkan kekompakan dan kebersamaan. Menurutnya berbagai peran strategis di Bumi Lancang Kuning juga dipegang oleh putera-putera tebaik asal ranah Minang. 

"Kami memberikan apresiasi kepada masyarakat, tokoh-tokoh, dan para ulama yang berasal dari Tanah Minang karena kiprah dan sumbangsinya dalam membangun Provinsi Riau," kata Syamsuar yang pada kesempatan itu membuka bazar sempena HUT IKMR.

Acara itu turut dihadiri sejumlah tokoh dari IKMR dan tamu khusus dari Sumbar, di antaranya Bupati Kabupaten Limapuluh Kota, Bupati Agam, Wakil Wali kota Payakumbuh, politisi sekaligus pengusaha Edy Tanjung.(*)

Reporter : Rico Mardianto /  Sumber : riaumandiri.id (Haluan Media Grup) /  Editor : NOVA

Akses harianhaluan.com Via Mobile m.harianhaluan.com

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
  • Jumat, 27 Maret 2020 - 23:23:25 WIB

    Asosiasi Media Kritik Kementerian Luhut Abai Cegah Corona

    Asosiasi Media Kritik Kementerian Luhut Abai Cegah Corona JAKARTA, HARIANHALUAN.COM - Ikatan Jurnalis Televisi Indonesia (IJTI) mengkritik langkah Kementerian Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi (Kemenko Marves) yang masih menggelar kegiatan peliputan secara tatap muka di t.
  • Sabtu, 14 Maret 2020 - 22:39:38 WIB

    Menhub Budi Karya Positif Corona, Luhut Ambil Alih Jabatan

    Menhub Budi Karya Positif Corona, Luhut Ambil Alih Jabatan JAKARTA, HARIANHALUAN.COM -- Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi dinyatakan positif virus corona atau Covid-19. Menteri Sekretaris Negara Pratikno mengatakan Presiden Joko Widodo atau Jokowi telah mengangkat Menteri Koord.
  • Jumat, 13 Maret 2020 - 12:19:24 WIB

    Siaga Corona, Luhut Larang Warga Bersalaman

    Siaga Corona, Luhut Larang Warga Bersalaman JAKARTA, HARIANHALUAN.COM --  Menko Kemaritiman dan Investasi Luhut B. Pandjaitan mengajak masyarakat untuk mengindari penularan virus corona. Salah satunya dengan tidak melakukan jabat tangan untuk sementara ini..
  • Selasa, 10 Maret 2020 - 19:26:44 WIB

    Ahok Calon Kuat Pemimpin Ibu Kota Baru, Begini Tanggapan Luhut

    Ahok Calon Kuat Pemimpin Ibu Kota Baru, Begini Tanggapan Luhut JAKARTA, HARIANHALUAN.COM - Komisaris Utama (Komut) PT Pertamina Basuki Tjahaja Purnama alias Ahok masuk ke dalam kandidat calon Kepala Badan Otorita Ibu Kota Negara baru. Peluang Ahok disebut-sebut paling besar di antara kan.
  • Kamis, 06 Februari 2020 - 13:20:57 WIB

    Luas Hutan Terbakar Tiap Tahun Bertambah, Presiden Jokowi Heran

    Luas Hutan Terbakar Tiap Tahun Bertambah, Presiden Jokowi Heran JAKARTA,HARIANHALUAN.COM- Presiden RI, Joko Widodo (Jokowi) heran luas kebakaran hutan dan lahan (karhutla) tiap tahun terus bertambah. Padahal, sejumlah tindakan tegas telah diterapkan bagi pejabat TNI-Polri di daerah yang g.
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]
APP HARIANHALUAN.COM