Biar Tidak Salah! Yuk Pelajari Arti Kata 'Afwan' dan Penggunaannya


Selasa, 25 Februari 2020 - 05:39:26 WIB
Biar Tidak Salah! Yuk Pelajari Arti Kata 'Afwan' dan Penggunaannya Arti kata afwan. Foto: iStock

JAKARTA, HARIANHALUAN.COM -- Sering mendengar kata Afwan ketika kita mengucapkan kata syukron? Ternyata kata ini memiliki makna dan arti tersendiri.

Dalam bahasa Arab kata Afwan artinya secara harfiah adalah 'maaf'. Dikutip dalam buku berjudul "Ar-Risalah: Panduan Lengkap Fikih dan Ushul Fikih" oleh Imam Asy-Syafi, Rasulullah tidak mengutamakan apa pun selain keridhaan Allah.

(Jika demikan halnya) maka kata Al-'afw (maaf/ampunan) tidak keluar dari dua kemungkinan (makna); adakalanya maaf terhadap taqshir (ketidaksempurnaan) dan adakalnya tausi'ah (memberikan toleransi).

Alwasathiyah juga menyebutkan ada beberapa makna yang terkandung dalam kata Afwan, selain bermakna maaf. Afwan bisa bermakna ziyadh (tambahan), tarku (meninggalkan), tholab (menuntut), fadhl (keutamaan).

Selain untuk menyatakan maaf, Afwan juga sering digunakan untuk membalas ucapan terima kasih (syukron).

Lalu jawaban syukron itu apa? Umumnya kalau kita mengucapkan terima kasih (syukron) kemudian lawan bicara kita akan menjawab sama-sama. Sama-sama ini bisa diganti dengan kata afwan. Penggunaan kata afwan pada makna ini lebih kepada "Saya mohon maaf, karena saya tidak berhak diberi ucapan terima kasih, hanya Allah SWT lah yang berhak."

Afwan alias maaf memang sudah seharusnya selalu diutarakan ketika seorang muslim merasa memiliki salah kepada muslim lain.

Kata maaf juga disebutkan dalam surat Al-Baqarah ayat: 263:

"Perkataan yang baik dan pemberian maaf lebih baik daripada sedekah yang diiringi dengan sesuatu yang menyakitkan (perasaan si penerima). Allah Maha Kaya lagi Maja Penyantun." (QS Al-Baqarah [2]: 263).

Aisyah radhiyallahu anhu pernah berkata terkait sifat Rasulullah, ia menjelaskan:

"Adalah Rasulullah SAW orang yang paling bagus akhlaknya: beliau tidak pernah kasar, berbuat keji, berteriak-teriak di pasar, dan membalas kejahatan dengan kejahatan. Malahan beliau pemaaf dan mendamaikan," (HR Ibnu Hibban). (*)

 Sumber : Detik /  Editor : Milna

Akses harianhaluan.com Via Mobile m.harianhaluan.com

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA

BERITA TERKINI Index »

KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]
APP HARIANHALUAN.COM