Pesona  Danau Hijau Kandi Hadir Lengkapi Destinasi Wisata Sawahlunto 


Selasa, 25 Februari 2020 - 09:39:13 WIB
Pesona  Danau Hijau Kandi Hadir Lengkapi Destinasi Wisata Sawahlunto  Kembangkan Danau Hijau Kandi, H. Jaswandi dukung pengembangan pariwisata Sawahlunto. RIKI YUHERMAN

SAWAHLUNTO, HARIANHALUAN.COM - Kawasan Dermaga Kandi Desa Salak Kecamatan Talawi Kota Sawahlunto, yang selama ini mati suri bahkan tidak terurus lagi, bakal kembali bergeliat menjadi salah satu destinasi wisata. Adalah PT. Bumi Sapan Dalam (BSD) yang menginisiasi untuk di sulap menjadi tempat wisata terpusat, baik wisata kuliner, wahana permainan anak (kolam renang), serta sebagai sentra ekonomi ternak ikan keramba terapung.

Di labeli dengan nama " Danau Hijau Kandi " Bumi Sapan Dalam siap mendukung perkembangan dunia ke Pariwisataan di Sawahlunto. Di rencanakan sebelum libur lebaran Idul Fitri 1441 Hijriyah atau Mei 2020.
"Yang kita jual view danau hijau Kandi nan eksotik, sembari menikmati aneka kuliner yang disediakan. Di kombinasi dengan berbagai

fasilitas lainnya seperti kolam renang, taman bunga, panggung atau pentas wisata dan juga fasilitas fitnes," ujar Komisaris PT. Bumi Sapan Dalam, Jaswandi kepada harianhaluan.com.
Disinggung luas lahan Haji Wan akrab ia disapa mengatakan, sekitar 5 hektar dengan investasi awal sebesar Rp5 miliar. Ia menyebutkan, selain membuka lapangan kerja, ini juga bentuk dukungan pengusaha lokal dalam kesadaran untuk membangun kampung halaman. 
"Banyak yang didapat dengan pengembangan danau hijau Kandi ini. Selain inkam wisata juga sebagai pusat ekonomi lainnya dengan usaha ikan keramba," katanya.

Untuk kelengkapan sarana objek wisata didalamnya, pihaknya juga berencana melibatkan taman buah Kandi dalam satu kesatuan kawasan wisata. Jika selama ini taman buah Kandi terpisah dengan pintu masuk tersendiri, kini direncanakan masuknya dari Danau Hijau Kandi.
"Tapi ini masih akan kita bicarakan dengan kepala daerah," katanya.
Dukungan pengembangan kawasan Danau Hijau Kandi juga datang dari Komisi II Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kota Sawahlunto, Jhon Reflita. Di temui dilokasi wisata, Jhon Reflita mengungkapkan, apresiasi pantas kita sematkan kepada H. Jaswandi yang berani melakukan investasi di daerah sendiri.

"Ini yang kita harapkan, pengusaha lokal ataupun masyarakat lainnya bisa bersama sama mendukung dan membangun kota Sawahlunto," ujarnya.
Kebersamaan membangun sebut Jon BMK akrab dia disapa, akan dapat menggeliatkan pembangunan pariwisata kota ini, terutama dalam mendukung Sawahlunto sebagai kota wisata tambang yang berbudaya. (h/rki)


 

Reporter : Riki Yuherman /  Editor : Heldi

Akses harianhaluan.com Via Mobile m.harianhaluan.com

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
  • Selasa, 03 Desember 2019 - 16:32:34 WIB

    Iven Festival Pesona Minangkabau 2019 Dibuka Besok

    Iven Festival Pesona Minangkabau 2019 Dibuka Besok TANAH DATAR, HARIANHALUAN.COM - Festival Pesona Minangkabau (FPM) hari ini (Rabu, red) dibuka secara resmi oleh Gubernur Sumatera Barat di Istano Basa Pagaruyung dan akan berlangsung hingga 8 Desember 2019 mendatang. Satu dar.
  • Jumat, 07 September 2018 - 11:53:36 WIB

    Alirman Sori Terpesona Karya Seniman Muda Pessel

    Alirman Sori Terpesona Karya Seniman Muda Pessel PESSEL, HARIANHALUAN.COM-Sungguh terpesona  Alirman Sori mencermati indahnya aneka karya seniman muda Pesisir Selatan (Pessel). Alirman minta semua pihak memberikan dukungan dan ruang berkreasi..
  • Rabu, 13 Desember 2017 - 20:07:49 WIB

    Wisata Sumbar, Berikan Pelayanan Sesuai Sapta Pesona

    Wisata Sumbar, Berikan Pelayanan Sesuai Sapta Pesona SADAR WISATA—Kepala Dinas Pariwisata Sumbar, Oni Yulfian memberikan pengarahan pada para peserta yang merupakan warga di sekitar lokasi wisata di Kota Padang. Diharapkan mereka bisa berinteraksi dengan wisatawan. IST PAD.
  • Selasa, 23 Mei 2017 - 10:22:37 WIB

    Lisda Rawdha Pejuang Tangguh Negeri Sejuta Pesona

    Lisda Rawdha Pejuang Tangguh Negeri Sejuta Pesona PAINAN, HALUAN – “Di balik kesuksesan seorang laki-laki, tentu ada wanita hebat di belakangnya". Ungkapan seperti ini tepat kiranya disematkan ke Lisda Rawdha. Dengan segala ketabahan, dia mendampingi suaminya, Hendrajoni.
  • Senin, 17 Oktober 2016 - 01:27:46 WIB

    Wagub Terpesona Keasrian Pariangan

    Wagub Terpesona Keasrian Pariangan TANAH DATAR, HALUAN — Wakil Gu­bernur Sumatera Barat Nasrul Abit ber­sama Wakil Ketua TP PKK Sum­bar Wartawati, mengunjungi Paria­ngan, nagari yang disebut-sebut ter­indah di dunia, Jumat ((14/10) sore. Ke­da­tangan .
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]
APP HARIANHALUAN.COM