Wow..! Prodi Analisis Kimia Politeknik ATI Padang Miliki Laboratorium Terkoneksi Canggih


Selasa, 25 Februari 2020 - 17:55:45 WIB
Wow..! Prodi Analisis Kimia Politeknik ATI Padang Miliki Laboratorium Terkoneksi Canggih Ilustrasi

PADANG, HARIANHALUAN.COM -- Kualitas lulusan Politeknik ATI Padang tak kalah dibanding dengan perguruan tinggi yang ada di Sumbar. Caranya pun menarik, salah satunya dengan menyediakan 12 laboratorium. Fasilitas dimaksud dikhususkan untuk Program Studi (Prodi) Analasis Kimia.

Dengan begitu, hampir seluruhnya terserap di dunia industri. Ini membuktikan lulusan Prodi Analisis Kimia Politeknik ATI Padang siap berkompetensi di dunia kerja.

Adapun 12 laboratorium itu terdiri dari, laboratorium analisis intrumen, laboratorium kimia organik, laboratorium kimia pangan, laboratoroum kimia dasar, laboratorium anorganik, laboratorium kimia analitik, laboratorium kimia lingkungan/kimia fisika.

"Kemudian, laboratorium mikrobiologi, laboratorium pengelolahan pangan, laboratorium dasar, laboratorium komputer, dan laboratorium farmasi," kata Direktur Politeknik ATI Padang, Dr. Ester Edward, M.Pd, dilansir dari brosur yang diterima Harianhaluan.com, Selasa (25/2/2020).

Selain itu lulusan Politeknik ATI Padang memiliki profil mumpuni agar mampu tetap eksis di revolusi industri 4.0. Profil tersebut mencangkup bidang pengawas dibidang Quality Control dan Quality Assurance (QC/QA), analis pada laboratorium industri kimia, asisten peneliti di laboratorium penelitian kimia.

Kemudian, pengawas dalam pengendalian kandungan kimia limbah industri, serta wirausahawan dibidang pengolahan bahan pangan berbasis agro.

Untuk itu, visi yang diwujudkan dalam rangka pengembangan Prodi Analisis Kimia dibawah naungan Kementerian Perindustrian (Kemenperin) RI antara lain, menjadi Role Model pendidikan vokasi industri berbasis kompetensi yang menghasilkan SDM industri yang berdaya saing di bidang Analisis kimia tahun 2034.

Sementara misinya yang pertama adalah melaksanakan proses pendidikan berbasis kompetensi pada bidang Analisis Kimia untuk menghasilkan lulusan yang mampu bersaing di bidang Analisis Kimia. Kedua, melaksanakan penelitian industri kimia terapan yang berorientasi pada publikasi internasional dan perolehan HaKl.

Ketiga, melaksanakan layanan Pengabdian kepada masyarakat berdasarkan hasil penelitian industri kimia terapan untuk kesejahteraan masyarakat. Dan keempatn menjalin kerjasama dengan institusi dalam dan luar negeri dalam rangka meningkatkan kinerja Perguruan Tinggi. (*)

Editor : Milna
Logo Bawah
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing, Jalan Hamka Padang, Sumbar
Email: [email protected]