Sarana Jalan Rusak, Masyarakat Keluhkan Keselamatan Berlalu Lintas


Selasa, 25 Februari 2020 - 18:24:30 WIB
Sarana Jalan Rusak, Masyarakat Keluhkan Keselamatan Berlalu Lintas Kondisi salah satu jalan yang berlubang di kawasan sekitar pusat perkantoran Pemda Pasaman. (harianhaluan.com)

PASAMAN, HARIANHALUAN.COM -- Sejumlah masyarakat di Kabupaten Pasaman mengeluhkan minimnya perhatian lembaga terkait di daerah itu terkait penyediaan sarana prasarana jalan yang memenuhi standar jalan berkeselamatan lalulintas di daerah itu. Kondisi ruas jalan rusak tanpa adanya rambu peringatan atau tanda sederhana lainnya sudah menjadi pemandangan biasa.

"Dengan kata lain meskipun tinggal di kawasan pusat kabupaten, tidak menjadi jaminan bagi kami bisa mendapatkan ruas jalan yang layak dan tentu saja tidak membahayakan setiap pengguna jalan," ungkap salah seorang warga Nagari Pauh, Kecamatan Lubuksikaping, R Sutan Parmato (43), Selasa (25/2).
     
Dia mencontohkan, berdasarkan pengamatannya pada ruas jalan lingkar Simpang PLN menuju kawasan pintu belakang Kantor Bupati Pasaman, sedikitnya terdapat lima titik jalan berlubang yang dibiarkan menganga tanpa peringatan. Padahal, ruas jalan tersebut diketahui cukup sibuk pada jam -jam tertentu sehingga bisa memicu potensi kecelakaan.

Senada, salah seorang warga asal Kecamatan Simpati, Afrizal (29) menyebutkan minimnya rambu -rambu lalulintas dari dan menuju kawasan permukiman tempat dia tinggal. Hal ini menjadi keluhan tersendiri bagi warga daerah tersebut.

"Jalan menyempit, berlubang dan sisa-sisa longsoran tebing yang belum tuntas dibersihkan tanpa adanya peringatan juga menjadi pemandangan biasa bagi kami, kondisi tersebut menjadi semakin parah akibat kurangnya pemahaman masyarakat akan pentingnya penggunaan jalan dengan mengedepankan prinsip - prinsip berkeselamatan lalu lintas antar pengguna jalan," sesalnya.
     
Mereka berharap adanya perhatian dan rasa kesadaran yang tinggi dari pihak terkait untuk memberikan pelayanan yang maksimal bagi masyarakat, yang merupakan hak mereka sebagai warga negara Republik Indonesia. Menanggapi hal tersebut, Kasat Lantas Polres Pasaman, AKP Bezaliel Mendrofa menjelaskan, berdasarkan Undang-Undang Lalu Lintas dan Angkutan Jalan Raya nomor 22 tahun 2009, ada lima unsur lembaga negara yang bertanggung jawab atas terwujudnya standar berkeselamatan dalam berlalu lintas.
     
"Khusus untuk institusi Polri, tugas kami adalah terkait pembinaan dan penegakan hukum terkait pengemudi atau pengguna jalan yang berkeselamatan, sementara untuk pemenuhan fasilitas sarana dan prasarana pendukung bagi pengguna jalan, itu menjadi bagian dari unsur Kementerian Pekerjaan Umum setiap tingkatan, Kementerian Perhubungan serta beberapa lembaga lainnya yang ditunjuk," jelasnya.
     
Terkait keluhan masyarakat tersebut, pihaknya mengaku sudah mencoba mengingatkan pihak terkait agar segera melakukan tanggapan yang cepat untuk membenahi ruas jalan yang rusak atau setidak-tidaknya memberi tanda karena berpotensi membahayakan pengguna jalan.
     
"Berdasarkan regulasi tersebut, jika kecelakaan terjadi yang dipicu akibat kelalaian pihak terkait dalam memenuhi unsur keselamatan bagi pengguna jalan, maka lembaga tersebut bisa dikenai sanksi mulai dari denda hingga pidana," tegasnya.
     
Dia mengimbau, kepada setiap pengguna jalan atau masyarakat yang mengalami atau mengetahui adanya peristiwa kecelakaan lalulintas agar segera melaporkan setiap kejadian guna diproses lebih lanjut oleh petugas.
     
"Jangan lupa, pada setiap peristiwa kecelakaan yang terjadi, disamping menelusuri penyebab terjadinya kecelakaan, para pihak yang terlibat juga bisa mendapatkan kepastian hukum dan bisa mengurus hak - haknya dari pihak Asuransi Jasa Raharja atau bisa menggunakan kartu BPJS yang dimilikinya jika mengalami kecelakaan tunggal setelah diproses terlebih dahulu penolakan klaimnya oleh pihak Jasa Raharja," jelasnya.
     
Penelusuran HarianHaluan.com, sejumlah ruas jalan yang rusak pada beberapa titik di kecamatan daerah itu, terlihat dibiarkan menganga tanpa tindakan atau pemberitahuan yang mengakibatkan potensi kecelakaan atau menimbulkan kerugian bagi masyarakat pengguna jalan. (*)

Reporter : Rully /  Editor : Agoes Embun

Akses harianhaluan.com Via Mobile m.harianhaluan.com

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]
APP HARIANHALUAN.COM