Cegah Anggaran Bocor, 41 Bendaharawan Pemkab Pasaman Diberi Pelatihan


Selasa, 25 Februari 2020 - 18:54:06 WIB
Cegah Anggaran Bocor, 41 Bendaharawan Pemkab Pasaman Diberi Pelatihan Bupati Pasaman, Yusuf Lubis membuka Bimtek pengelolaan keuangan daerah di Campago Hotel, Bukittinggi.

PASAMAN, HARIANHALUAN.COM -- Cegah terjadinya kebocoran anggaran, Pemerintah Kabupaten Pasaman, terus mendorong peningkatan kompetensi dan profesionalitas bendaharawan di seluruh Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD). Seperti, Rabu (25/2) kemarin, sebanyak 41 bendaharawan pengeluaran SKPD dan kecamatan mengikuti Bimtek pengelolaan keuangan daerah di Campago Resort Hotel Bukittinggi, 24-28 Februari 2020. 

Bupati Pasaman, Yusuf Lubis mengatakan, Bendaharawan harus mampu menciptakan pemanfaatan anggaran yang efektif, efisien dan akuntabel serta dapat dipertanggung jawabkan. "Selain itu, kebocoran anggaran di setiap SKPD, harus dihindari apalagi yang berpotensi pada proses hukum," katanya. 

Baca Juga : Bupati Agam Ingin Aturan Zonasi Dibahas Khusus

Untuk itu, seorang bendahara harus memiliki pengetahuan tata kelola keuangan yang benar, agar mampu meminimalisir terjadinya kesalahan dan pemanfaatan anggaran yang tidak sesuai dengan peruntukkannya. "Bimtek ini merupakan salah satu langkah strategis yang dilakukan Pemkab Pasaman dalam merespon tuntutan publik terhadap tranparansi dan akuntanbilitas pengelolaan keuangan di daerah," ujarnya. 

Kepala Badan Keuangan Daerah (Bakeuda) Kabupaten Pasaman, Muhammad Roni berharap, lewat bimtek para bendahara pengeluaran daerah mendapatkan pembekalan dan pengetahuan tentang proses pengelolaan keuangan yang baik dan sesuai aturan. "Ini sangat penting mereka pahami, agar mereka dalam bekerja dapat terhindar dari jeratan hukum," ujarnya. (*) 

Baca Juga : Penyaluran BST Kemensos Hari Terakhir, Rp402 Juta Lebih Dikucurkan untuk 671 Warga

Reporter : Yudhi Lubis | Editor : Agoes Embun
Logo Bawah
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing, Jalan Hamka Padang, Sumbar
Email: [email protected]