Komisi II DPRD Sawahlunto Tinjau dan Bantu Kelompok Budidaya Ikan Nila Sisiak Wangi


Rabu, 26 Februari 2020 - 06:19:32 WIB
Komisi II DPRD Sawahlunto Tinjau dan Bantu Kelompok Budidaya Ikan Nila Sisiak Wangi Anggota Komisi II DPRD Sawahlunto saat meninjau kelompok pembudidaya Ikan Nila Sisiak Wangi di Mudik Air Kelurahan Kubang Sirakuk Utara Sawahlunto. Foto/Riki Yuherman

SAWAHLUNTO, HARIANHALUAN.COM -- Keseriusan dan semangat para pamuda Mudik Air Kelurahan Kubang Sirakuk Utara Kecamatan Lembah Segar Kota Sawahlunto dalam budidaya ikan Nila yang tergabung dalam kelompok Sisiak Wangi, menjadi semangat pula bagi Komisi II Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) setempat untuk membantunya.

"Melihat semangat pemuda untuk maju ini membuat kami terpanggil untuk membantunya. Usaha-usaha yang muncul dari masyarakat seperti inilah yang harus kita bina dan diberi semangat," ujar anggota Komisi II DPRD Sawahlunto, Jhon Reflita saat meninjau pembudidaya ikan nila yang tergabung dalam kelompok Sisiak Wangi di Mudiak Air, kemarin.

Seharusnya sebut Jhon Reflita, pemerintah daerah melalui OPD terkait harus merespon cepat seiring dengan tumbuhnya semangat masyarakat khususnya pemuda dalam membangun Sawahlunto. OPD terkait, harus turun untuk melakukan pembinaan maupun menfasilitasi, sehingga usaha yang dibuat para pemuda itu bisa sukses dan berhasil.

"10 orang pemuda yang berinisiatif untuk beternak ikan nila menggunakan wadah terpal ataupun keramba memanfaatkan potensi aliran air sungai di wilayahnya, tentu harus kita apresiasi. Kita bantu tidak saja kelengkapan beternak tetapi juga bantuan dalam bentuk lainnya, seperti inovasi olahan Ikan nila sehingga bernilai jual tinggi," tuturnya.

Didampingi anggota Komisi II lainnya, Syafwan Effendi dan Adepron, juga menyerahkan bantuan uang sebesar Rp8 juta untuk kebutuhan membeli blowwer atau kipas pembuat gelembung udara dalam air yang sangat dibutuhkan dalam beternak ikan.

Menurut Jhon Reflita, selain langsung jual, ikan Nila sebenarnya juga bisa diolah menjadi komoditi lainnya, yakni Nila Presto sama halnya dengan Banden Presto yang telah lebih dahulu hits.

"Ini yang akan kita coba kembangkan, sehingga komoditi hasil masyarakat khususnya, ikan Nila bisa lebih bernilai jual dan juga kompetitif di pasaran. Kita akan bantu melalui pelatihan, baik pelatihan budidaya ikan Nila maupun untuk olah ikan Nila Presto," ujarnya.

Kedepannya, jika kualitas peternak Nila meningkat serta olahan Nila presto bisa berjalan dengan baik, maka nilai jual dari usaha peternak ikan ini semakin baik pula, sehingga secata otomatis akan terjadi peningkatan inkam atau penghasilan dari peternal itu sendiri.

Sementara Wakil Ketua DPRD Sawahlunto, Jaswandi juga sangat mendukung dan mengapresiasi langkah Komisi II untuk melakukan pembinaan sekaligus memberikan bantuan kepada usaha yang timbul dari masyarakat tersebut.

"Kami juga berencana membuat kelompok tani peternak ikan keramba. Kita akan bina masyarakat yang ingin beternak ikan keramba, dan kita akan bantu pembiayaannya terlebih dahulu sampai panen atau sukses," ujarnya. (*)

Reporter : Riki Yuherman /  Editor : Milna

Akses harianhaluan.com Via Mobile m.harianhaluan.com

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
  • Jumat, 03 April 2020 - 10:40:47 WIB

    Anggota Komisi I DPRD Mentawai Bagi-Bagi Sembako di Padang

    Anggota Komisi I DPRD Mentawai Bagi-Bagi Sembako di Padang MENTAWAI, HARIANHALUAN.COM -- Anggota Komisi I DPRD Mentawai Maru, SH memberikan bantuan sembako kepada sejumlah Masyarakat Mentawai yang terkurung di Kota Padang akibat dari kebijakan Pemerintah Mentawai yang memberlakukan k.
  • Selasa, 24 Maret 2020 - 20:36:32 WIB

    Komisi I DPRD Mentawai Minta Layanan Publik Tetap Jalan

    Komisi I DPRD Mentawai Minta Layanan Publik Tetap Jalan MENTAWAI, HARIANHALUAN.COM -- Di tengah situasi kesiapsiagaan dan pencegahan penyebaran virus corona, Anggota Komisi I DPRD Mentawai Maru, SH meminta kepada Pemerintah agar terus memberikan pelayan publik kepada masyarakat ya.
  • Rabu, 26 Februari 2020 - 19:26:29 WIB

    Diduga Jual Beli Perkara, Tiga Hakim PN Bukittinggi Dilaporkan ke Komisi Yudisial

    Diduga Jual Beli Perkara, Tiga Hakim PN Bukittinggi Dilaporkan ke Komisi Yudisial BUKITTINGGI, HARIANHALUAN.COM -- Ketua Perhimpunan Advokat Seluruh Indonesia (Peradi) Cabang Bukittinggi melaporkan tiga hakim Pengadilan Negeri Bukittinggi ke Komisi Yudisial (KY) dan Mahkamah Agung (MA) karena diduga melang.
  • Sabtu, 25 Januari 2020 - 23:08:25 WIB

    Komisi I DPRD Agam Bahas Ranperda Narkotika Bersama Tim Kumham Sumbar

    Komisi I DPRD Agam Bahas Ranperda  Narkotika Bersama Tim Kumham Sumbar AGAM,HARIANHALUAN.COM-Penyalahgunaan narkotika di Indonesia telah sangat memprihatinkan dan merugikan bangsa dan negara baik dari sisi moril maupun materil, bahkan telah merenggut banyak korban jiwa, terutama di kalangan gene.
  • Jumat, 01 Maret 2019 - 11:56:46 WIB

    Komisi IV Kebut Ranperda Zonasi Danau Maninjau

    Komisi IV Kebut Ranperda Zonasi Danau Maninjau PADANG, HARIANHALUAN.COM- Sebagai upaya menyelamatkan Danau Maninjau dari pencemaran, Komisi IV DPRD Sumbar mengejar Rancangan Peraturan Daerah (Ranperda) tentang Zonasi Kawasan Danau Maninjau bisa terselesaikan segera..
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]
APP HARIANHALUAN.COM