Mau Bau Kaki Hilang saat Sepatu Basah? Coba dengan Cara Ini


Rabu, 26 Februari 2020 - 06:56:57 WIB
Mau Bau Kaki Hilang saat Sepatu Basah? Coba dengan Cara Ini Sepatu yang kehujanan harus dibersihkan agar tak bau (Foto: iStock)

JAKARTA, HARIANHALUAN.COM -- Bagi sebagian besar orang, hujan bukan halangan untuk ke kantor. Saat menuju kantor, banyak yang nggak terpikirkan untuk membawa sandal atau sepatu cadangan sehingga membuat alas kakinya basah saat sampai ke kantor.

Jika dibiarkan, sepatu basah kehujanan akan memunculkan bau tidak sedap. Duh nggak banget deh kalau seharian harus jalan dengan kaki bau!

Bau kaki sebenarnya bukan masalah medis yang serius. Meski demikian, bau kaki akan mempengaruhi kepercayaan dirimu dan juga mengganggu orang di sekitar. Permukaan kaki yang lembab akibat hujan menjadi pemicu perkembangbiakan bakteri dan kuman penyebab bau kaki.

Berikut tips enyahkan bau kaki saat sepatu basah kehujanan dikutip dari berbagai sumber.

1. Segera cuci kaki

Segera cuci kakimu dengan sabun antiseptik sebersih mungkin. Sepatu yang basah membuat kaki bau karena bakteri dan jamur yang muncul. Tahu kan kalau sepatu itu tempat bersarangnya kuman-kuman? Makanya, lekas cuci kaki segera setelah sepatu kebasahan.

2. Keringkan kakimu

Sama halnya dengan mencuci kaki, menjaga kaki tetap kering juga penting. Gunakan lap pengering seperti handuk atau tisu untuk mengelap kaki. Infeksi jamur dan bakteri sangat senang tumbuh di kaki yang lembap.

Biar lebih maksimal, kamu juga bisa menggunakan krim anti bakteri atau anti jamur untuk mencegah kuman muncul kembali dari waktu ke waktu.

3. Bersihkan sepatu

Lekas keringkan sepatu, bisa dijemur atau dianginkan agar tidak merusak kualitasnya. Jangan abaikan sepatu yang kebasahan.

Jika ada, taburkan bedak atau semprotkan parfum untuk menghilangkan bau tidak sedap pada sepatu. Tapi ingat, jangan letakkan sepatu di dalam ruangan ya. Nanti sepatumu akan makin lembap dan bau.

4. Sumpal sepatu

Siapa sangka kertas atau koran ternyata bisa menyerap bau tidak sedap. Caranya buat gumpalan kertas untuk menyumpal rongga sepatu. Biarkan beberapa saat sebelum digunakan kembali. Memakai sepatu yang sudah dikeringkan dengan metode ini dijamin akan mengurangi risiko kaki dari bau tidak sedap. (*)

 Sumber : Detik /  Editor : Milna

Akses harianhaluan.com Via Mobile m.harianhaluan.com

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
  • Selasa, 10 Maret 2020 - 14:01:15 WIB

    Mau Pesan Pelat Nomor Pilihan? Ternyata Ini Tarif Resminya

    Mau Pesan Pelat Nomor Pilihan? Ternyata Ini Tarif Resminya JAKARTA, HARIANHALUAN.COM - Kendaraan dengan pelat nomor khas atau "cantik" tak jarang kita temukan di jalan raya. Bila Anda beranggapan bahwa hanya orang tertentu saja yang bisa memiliki nomor pilihan, anggapan Anda tidak se.
  • Kamis, 05 Maret 2020 - 23:03:39 WIB

    Tidak Mau Terlihat 2 Tahun Lebih Tua? Jangan Tersenyum...

    Tidak Mau Terlihat 2 Tahun Lebih Tua? Jangan Tersenyum... JAKARTA, HARIANHALUAN.COM - Banyak orang mengatakan, salah satu cara agar kita terlihat awet muda adalah dengan terus bahagia. Oleh karena itu, kita pun diminta tersenyum agar terlihat awet muda..
  • Ahad, 16 Februari 2020 - 07:00:44 WIB

    Mau Beasiswa Kuliah ke Luar Negeri, Begini Triknya

    Mau Beasiswa Kuliah ke Luar Negeri, Begini Triknya JAKARTA, HARIANHALUAN.COM -- Siapa yang tak ingin mendapat beasiswa? Hampir setiap orang tentu mau, terlebih jika biaya pendidikan yang gratis itu diperoleh untuk kuliah di luar negeri..
  • Sabtu, 15 Februari 2020 - 04:24:54 WIB

    Mau Hidup Sehat, Ayo Biasakan Minum Jamu!

    Mau Hidup Sehat, Ayo Biasakan Minum Jamu! JAKARTA, HARIANHALUAN.COM -- Pembangunan kesehatan mengedepankan upaya untuk meningkatkan kualitas hidup manusia Indonesia. Hal ini dapat dicapai dengan cara meningkatkan kondisi kesehatan. Dalam upaya untuk mencapai kondisi .
  • Sabtu, 08 Februari 2020 - 22:36:10 WIB

    Mau Kantong Tak Bolong saat Tarif Ojol Naik? Ini Dia Tipsnya

    Mau Kantong Tak Bolong saat Tarif Ojol Naik? Ini Dia Tipsnya JAKARTA, HARIANHALUAN.COM -- Tarif ojek online (ojol) diusulkan naik hingga Rp 2.500 per kilometer. Kenaikan ini rencananya akan terjadi pada zona Jabodetabek..
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]
APP HARIANHALUAN.COM