Dimulai dari Batam, Begini Proses Evakuasi WNI dari Kapal World Dream


Rabu, 26 Februari 2020 - 08:22:20 WIB
Dimulai dari Batam, Begini Proses Evakuasi WNI dari Kapal World Dream dr Achmad Yurianto (Foto: Agus Dwi Nugroho / 20detik)

JAKARTA, HARIANHALUAN.COM -- Pemerintah dipastikan melakukan evakuasi terhadap 188 warga negara Indonesia dari kapal pesiar World Dream yang berhenti beropersi akibatvirus corona. Proses Evakuasi menggunakan KRI Soeharso itu di mulai dari perairan Batam, Kepulauan Riau.

"KRI Soeharso-nya saat ini sudah ada di Batam kok. Tinggal ketemu saja, tinggal sedikit lah itu. Dream expressnya ada di dekat Singapura, itu ada di Batam, tinggal tembus Selat Surian," kata Sesditjen Pencegahan dan Pengendalian Penyakit atau P2P Kementerian Kesehatan, dr Achmad Yurianto, dikutip dari detik.com, Rabu (26/2/2020).

Yurianto mengatakan, waktu yang dibutuhkan KRI Soeharso untuk mencapai kapal World Dream tak sampai satu hari. KRI Soeharso nantinya akan berada sangat dekat dengan kapal World Dream saat evakuasi dilakukan.

"Itu nanti kapalnya ketemu, nempel, pindahin orangnya, selesai," ujarnya.

Setelah dievakuasi, WNI tersebut langsung dibawa ke Pulau Sebaru, Kepulauan Seribu. KRI Soeharso ditargetkan tiba pada Jumat (28/2/2020) nanti.

Setibanya di Pulau Sebaru, WNI tersebut langsung diserahkan oleh tim yang berada di KRI Soeharso. WNI itu selanjutnya ditangani oleh petugas di Pulau Sebaru yang berjumlah lebih 200 orang.

"Akan diserahkan ke tim yang ada di Pulau Sebaru karena mereka sudah ada di situ. sudah mulai datang menyiapkan segala sesuatunya. Paling tidak cek air, cek pompa, cek listrik, cek genset sudah dilakukan semua. Lebih dari 200 (petugas di Pulau Sebaru)," pungkasnya. (*)

 Sumber : Detik /  Editor : Milna

Akses harianhaluan.com Via Mobile m.harianhaluan.com

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
  • Senin, 03 Februari 2020 - 12:25:00 WIB

    Karantina WNI dari Wuhan Dimulai, Warga Natuna Lakukan Ini

    Karantina WNI dari Wuhan Dimulai, Warga Natuna Lakukan Ini JAKARTA, HARIANHALUAN.COM - Warga Kabupaten Natuna, Kepulauan Riau menolak kegiatan observasi ratusan Warga Negara Indonesia (WNI) yang dijemput dari Wuhan, China, Minggu (2/2), terkait penyebaran virus corona. Ratusan WNI it.
  • Kamis, 31 Oktober 2019 - 07:21:37 WIB

    Pemerintah Akan Tatar Para Ustaz, Akhir Tahun Ini Dimulai

    Pemerintah Akan Tatar Para Ustaz, Akhir Tahun Ini Dimulai JAKARTA, HARIANHALUAN.COM - Menteri Agama (Menag) Fachrul Razi berencana menatar atau membimbing para pendakwah, khususnya agama Islam, guna mencegah penyebaran paham radikalisme. Penceramah bakal diberikan pemahaman soal nas.
  • Rabu, 30 Oktober 2019 - 11:29:54 WIB

    Pemangkasan Jabatan Eselon III dan IV Dimulai Bulan Ini

    Pemangkasan Jabatan Eselon III dan IV Dimulai Bulan Ini JAKARTA, HARIANHALUAN.COM - Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PAN-RB) Tjahjo Kumolo berjanji akan memangkas pejabat eselon. Hal ini dilakukan demi menjalankan amanat Presiden Joko Widodo (Jokowi) .
  • Kamis, 27 Juni 2019 - 13:42:59 WIB

    Sidang Dimulai, Ketua MK: Kami Hanya Takut kepada Allah

    Sidang Dimulai, Ketua MK: Kami Hanya Takut kepada Allah JAKARTA, HARIANHALUAN.COM – Sidang putusan sengketa hasil Pilpres 2019 di Mahkamah Konstitusi (MK) dimulai. Ketua MK Anwar Usman membuka sidang dengan penegasan hanya takut kepada Allah..
  • Rabu, 03 Agustus 2016 - 04:00:09 WIB
    TIGA PERATURAN KPU DITETAPKAN

    Tahapan Pilkada Kab/Kota Dimulai 6 Agustus

    Tahapan Pilkada Kab/Kota Dimulai 6 Agustus JAKARTA, HALUAN — KPU memutuskan untuk menetapkan tiga peraturan KPU meski belum dikonsultasikan dengan pemerintah dan Komisi II DPR. Ini dilakukan mengingat kian mendesaknya kebutuhan akan Peraturan KPU, menyusul makin dek.
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]
APP HARIANHALUAN.COM