Cara Menghapus Akun Facebook Jika Seseorang Mati


Rabu, 26 Februari 2020 - 12:02:19 WIB
Cara Menghapus Akun Facebook Jika Seseorang Mati Ilustrasi

JAKARTA, HARIANHALUAN.COM - Jika kita mati, salah satu hal yang mungkin ditinggalkan adalah akun media sosial, salah satunya Facebook. Untungnya, Facebook memiliki pengaturan khusus sebagai permintaan terakhir seandainya kita tidak bisa aktif lagi setelah mati.

1. Memilih antara menghapus selamanya atau memorial mode

Baca Juga : Aturan Privasi Baru WhatsApp Berlaku 15 Mei & Nasib Akun Kamu

Kamu bisa masuk ke Settings > Privacy > Legacy Contact. Di sana kamu bisa memilih pengaturan untuk menghapus akun secara permanen setelah kamu meninggal. Setelah Facebook tahu mengenai kematianmu, akunnya akan langsung hilang. Kamu juga bisa memilih memorial mode. Di mode ini, halaman Facebook kamu masih bisa dilihat oleh teman-teman. Friends-mu juga masih bisa mengunggah pos yang baik tentangmu. 

2. Pilih 'Legacy Contact' dengan bijak

Baca Juga : Infinix Hot 10S Resmi Meluncur di Indonesia, Harganya Bikin Ngiler!

Siapa yang bakal menjalankan mode memorial? Seorang "legacy contact" yang sudah dipilih. Legacy contact adalah pihak yang melaksanakan permintaan terakhir. Mereka tidak bisa masuk ke akunmu, tapi bisa memantau aktivitas digitalmu. Hak aksesnya legacy contact terbatas. Mereka hanya bisa masuk ke unggahan, profil yang berisi informasi duka, update foto profil, dan cover. 

3. Perlu memberi tahu “ahli waris” 

Baca Juga : Ada Kabar WhatsApp akan Dihapus, Benarkah?

Secara otomatis, Facebook akan mengirim pesan kepada ahli waris yang sudah dipilih olehmu. Kamu perlu menginformasikan kepada pihak tersebut supaya dia tidak kaget saat mendapatkan notifikasi. 

4. Jika tidak diapa-apakan, tergantung keluargamu Kalau menolak untuk menghapus akun atau memberi wewenang pada legacy contact, nasib akunmu tergantung pada keluargamu. Setelah kamu meninggal, mereka bisa memilih untuk meminta menghapus Facebook, membuat memorial, atau tidak melakukan apa-apa atau dibiarkan tetap. (h/*)

Baca Juga : Wah! Telegram Bakal Punya Fitur Video Call Group Bulan Depan

Editor : Heldi | Sumber : AYOBANDUNG.COM
Logo Bawah
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing, Jalan Hamka Padang, Sumbar
Email: [email protected]