Baznas Kab Solok Salurkan Bantuan Kursi Roda Bagi Disabilitas


Rabu, 26 Februari 2020 - 15:14:38 WIB
Baznas Kab Solok Salurkan Bantuan Kursi Roda Bagi Disabilitas PENGURUS Baznas Kab Solok menyerahkan bantuan kursi roda untuk anak disabilitas di nagari Saok Laweh dan nagari Kotobaru Kec Kubung.

AROSUKA, HARIANHALUAN,COM - Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) Kabupaten Solok kembali menyalurkan bantuan bagi keluarga kurang mampu di daerah itu. Bantuan tersebut berupa kursi roda bagi anak disabilitas dan bantuan berobat bagi keluarga miskin.

"Untuk kursi roda tersebut ada dua, keduanya masih usia anak-anak," kata ketua Bidang pendistribusian Baznas Kab. Solok H. Elyunus, SH di Kotobaru, Rabu (26/2).

Baca Juga : Jumlah Kesembuhan Pasien Covid-19 di Sumbar Bertambah 212 Orang

Elyunus menyebutkan, para mustahik zakat (penerima manfaat) tersebut masing-masin adalah Bima warga Jorong Simpang Sawah Baliak Nagari Kotobaru, kec. Kubung. Sebelumnya penerima manfaat tersebut mengajukan permohonan melalui proposal yang direkomendasikan oleh UPZ nagari dan Wali Nagari setempat.

Sementara penerima bantuan  kursi roda lainnya adalah Asya warga nagari Saok Laweh Kec. Kubung. Berawal adanya temuan lapangan dari staf Baznas yang melihat adanya difabel yang membutuhkan bantuan kursi roda. "Setelah melihat kondisi itu, kami minta keluarga yang bersangkutan untuk mengajukan permohonan yang diketahui oleh UPZ nagari dan wali nagari setempat," ujarnya.

Baca Juga : Update Zonasi Covid-19 Kabupaten/Kota di Sumbar, Kota Padang Tunjukan Trend Baik dan Kabupaten Solok Dekati Zona Merah

Semetara bantuan lain berupa bantuan biaya berobat kepada Senek (50) warga Muara Panas kec. Bukit Sundi. Penerima merupakan korban kecelakaan yang tengah menjalani perawatan di RSUP M. Jamil Padang, yang membutuhkan biaya berobat. " Bantuan yang diberikan sebesar Rp. 2 juta. Ini adalah bantuan yang kedua kalinya. Sebelumnya korban juga diberi bantuan sejumlah yang sama tahun lalu," terang Elyunus.

Pihaknya menjelaskan, besaran bantuan tersebut sesuai dengan platform bantuan berobat yang tertuang dalam standar operasional pelayanan (SOP) Baznas. "Dalam SOP tersebut tertuang, bantuan untuk biaya berobat maksimalnya berjumlah sebesar Rp2 juta," tutupnya. (h/ndi)

Reporter : Wandi Malin | Editor : Heldi
Logo Bawah
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing, Jalan Hamka Padang, Sumbar
Email: [email protected]