Siapkan SDM Handal, 19 Nagari di Pasbar Kolaborasi dengan Politeknik Negeri Padang


Rabu, 26 Februari 2020 - 15:49:06 WIB
Siapkan SDM Handal, 19 Nagari di Pasbar Kolaborasi dengan Politeknik Negeri Padang Wakil Direktur 3 Bidang Kemahasiswaan PNP, Junaldi, Kepala P3D (Pusat Pengembangan Pembangunan Desa/Nagari) PNP, Yuhenfizar, Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Nagari Kabupaten Pasaman Barat Etris Dsem, serta Walinagari foto bersama.

PADANG, HARIANHALUAN.COM -- 19 Nagari di Kabupaten Pasaman Barat (Pasbar) berkolaborasi dengan Politeknik Negeri Padang (PNP) dalam rangka mencetak Sumber Daya Manusia (SDM) handal dan berkualitas sehingga bisa melihat peluang dan mampu mengembangkan potensi di nagari masing-masing.

Wakil Direktur 3 Bidang Kemahasiswaan PNP, Junaldi mengatakan, hal ini telah dilakukan Politeknik untuk kesekian kalinya. Karena sebelumnya juga telah dilakukan pembinaan kepada nagari-nagari yang di Sumbar, terbaru di Pandai Sikek, Sepuluh Koto, Tanah Datar. Di daerah itu, PNP telah membantu pemasangan website menjadi nagari digital.

"Kita juga telah melaksanakan bina lingkungan dengan nagari. Artinya kita mendidik anak-anak di nagari baik dari pengelasan, pemasangan instalansi listrik, sipil, hingga pembukuannya," kata Junaldi saat kunjungan kerja Walinagari dan Ketua BAMUS se-Pasaman Barat di Ruang Pertemuan Gedung C PNP, Rabu (26/2/2020).

Junaldi mengatakan, selaku perguruan tinggi vokasi bahwa 60%-nya adalah praktek. Karena Politeknik lebih mengarah ke teknologi tepat guna. Maka dalam hal ini Politeknik Negeri Padang siap berkerjasama dengan nagari-nagari yang ada di Sumbar.

"Sepanjang kami mampu akan tetap membantu nagari dan masyarakat khususnya di Pasaman Barat. Jadi bisa diskusikan kebutuhan di desa itu apa," ujar Junaldi.

Dengan begitu, kata Junaldi, sejumlah peralatan yang ada di laboratorium dan bengkel Politeknik bisa diberdayakan untuk nagari. Sebab semakin berkembang suatu nagari akan makin banyak investasi yang dilakukan masing-masing nagari.

Pada kesempatan itu, Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Nagari Kabupaten Pasaman Barat Etris Dsem mengharapakan, dengan kerjasama antara Nagari dan PNP dalam bentuk pelatihan-pelatihan untuk warga akan ada peningkatan sumber daya manusia yang berkelanjutan di nagari.

"Dengan begitu Pasaman Barat mampu menghadapi tantangan ke depan," kata Etris. (*)

 Editor : Milna

Akses harianhaluan.com Via Mobile m.harianhaluan.com

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]
APP HARIANHALUAN.COM