Lima Hektare Lahan Terbakar di Padang


Rabu, 26 Februari 2020 - 19:57:45 WIB
Lima Hektare Lahan Terbakar di Padang Kebakaran lahan yang terjadi di daerah Tarantang, Kecamatan Lubuk Kilangan, Kota Padang.

PADANG, HARIANHALUAN.COM -- Akibat cuaca panas di Kota Padang, lahan di daerah Kelurahan Tarantang, Kecamatan Lubuk Kilangan, Kota Padang terbakar, Rabu (26/2). Kebakaran diduga terjadi karena masyarakat membakar bukit yang berada di belakang perkampungan warga itu sekitar pukul 07.00 WIB.

Rudi Putra (43), salah seorang warga di sekitar lokasi mengatakan, bahwa dia melihat asap dari bukit sejak Rabu pagi saat mengantarkan anaknya pergi sekolah. "Saya melihat asap tadi masih sedikit di tengah bukit dan sekitar pukul 11.00 WIB asap sudah semakin tebal," katanya.

Melihat keadaan tersebut, masyarakat langsung melaporkan kepada Dinas Pemadam Kebakaran dan beberapa warga mencoba melakukan penyiraman. "Sekitar pukul 12.30 WIB, petugas Damkar datang melakukan survei ke lokasi yang terbakar," katanya.

Dia mengatakan bahwa kebakaran tersebut berkemungkinan karena adanya pembukaan lahan yang dilakukan oleh masyarakat yang berada di lereng bukit. "Di sana ada beberapa lahan pertanian, kemungkinan karena ada yang akan membuka lahan baru. Kemungkinan juga karena cuaca yang panas akhir-akhir ini," tutupnya.

Kapolsek Lubuk Kilangan Kompol Zulkafde saat di lokasi, mengatakan, penyebab kebakaran lahan perbukitan belum diketahui dan masih dalam penyelidikan. Karena lokasi jauh dari pemukiman warga, apalagi jauh dari jangkauan karena itu pemadaman cukup sulit dilakukan dengan dominasi tanaman gambut. 

Ada sekitar lima hektare lahan yang terbakar. "Sehingga upaya yang efektif dilakukan, yaitu dengan peralatan seadanya saja agar api tidak meluas," tutup Kapolsek. (*)

loading...
 Editor : Agoes Embun
Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA

KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]