Berpose dengan Cewek Berbikini, Foto Diduga Legislator Pasaman Ini Heboh


Rabu, 26 Februari 2020 - 21:42:56 WIB
Berpose dengan Cewek Berbikini, Foto Diduga Legislator Pasaman Ini Heboh ilustrasi foto syur

PASAMAN, HARIANHALUAN.COM --  Masyarakat di Kabupaten Pasaman dihebohkan dengan beredarnya foto diduga mirip salah seorang legislator asal daerah itu dengan seorang wanita cantik berbikini.

Informasi yang dihimpun, foto ini diduga diambil ketika yang bersangkutan sedang melakukan kunjungan ke salah satu daerah wisata pantai di Indonesia, belum lama ini.

"Dari pengamatan saya terhadap foto tersebut, sangat kentara itu diambil secara sadar dan sengaja oleh yang bersangkutan kemungkinan untuk koleksi pribadi. Namun, entah kenapa foto tersebut beredar luas tanpa bisa diketahui darimana sumbernya," kata salah seorang warga Lubuksikapiang, Agus Herman (34), Rabu (26/2).     

Menurutnya, meskipun foto tersebut mungkin terlihat lazim bagi kalangan tertentu, khususnya bagi warga yang bermukim di sekitar objek wisata pantai ternama di negara ini. Tapi, secara nilai-nilai sosial yang berlaku di masyarakat adat Pasaman, pose yang dilakoni orang dalam foto tersebut jelas tidak etis dan sudah melanggar norma agama dan adat.   

Yang pasti, lanjutnya, hal tersebut telah mencoreng kewibawaan seorang legislator dan tidak sejalan dengan visi pemerintah daerah setempat, yakni mewujudkan masyarakat Pasaman yang Agamis, Berbudaya dan Sejahtera.  

"Secara pribadi saya sangat menyesalkan dan mendesak pihak terkait agar segera menindaklanjuti permasalahan ini dengan memeriksa yang bersangkutan sesuai kode etik yang berlaku."

"Jika memang terbukti bersalah maka harus ada tindakan agar menjadi efek jera sekaligus pengingat bagi semua pihak, agar tetap menjaga harkat dan martabat lembaga legislatif yang merupakan simbol kedaulatan rakyat itu," tegasnya.

Salah seorang penggiat demokrasi di Pasaman, R Sutan Parmato menanggapi bahwa sejauh pengamatannya foto tersebut tidak akan menjadi isu besar jika dilakukan oleh warga biasa dengan pasangan yang sah.

"Khusus permasalahan ini, menurut saya sepanjang foto tersebut diambil saat yang bersangkutan berlibur dengan menggunakan uang pribadi tentu tidak menjadi masalah umum, tapi jika menggunakan dana publik tentu ini harus menjadi perhatian pihak terkait apakah termasuk pelanggaran atau tidak," sebutnya.    

Ia menyarankan, agar lembaga terkait segera memberikan keterangan yang jelas sesuai data dan fakta yang ada, mengingat ada ancaman penurunan tingkat kepercayaan terhadap lembaga pemerintah jika hal ini dibiarkan berlarut-larut.    

"Alangkah berisikonya kita mempertaruhkan kewibawaan lembaga negara hanya karena ingin menyelamatkan perbuatan oknum tertentu. Setidaknya jika ini ditindaklanjuti maka akan memberi ruang bagi yang bersangkutan untuk membela diri baik secara pribadi maupun dari sisi kelembagaan partai politik yang mengusungnya," kata dia.    

Pantauan harianhaluan.com, sebuah dokumen foto mirip legislator asal daerah itu beredar luas di kalangan masyarakat. Berdasarkan informasi, foto tersebut diambil oleh yang bersangkutan diduga dalam sebuah agenda tugas dari lembaganya ke suatu daerah di Indonesia, beberapa waktu lalu.

Sementara itu, Sekretaris DPRD Pasaman, Jhonnery tidak banyak berkomentar. Dia menyebut legislator tersebut dalam rangka kunjungan Alat Kelengkapan Dewan (AKD) DPRD Pasaman. Kunjungan itu berlangsung selama 5 hari pada bulan Februari 2020. (*)

Reporter : tim Pasaman /  Editor : Agoes Embun

Akses harianhaluan.com Via Mobile m.harianhaluan.com

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
  • Senin, 06 November 2017 - 21:24:05 WIB

    Sadis! Pria Ini Berpose dengan Monyet Buruannya di Gunung Marapi

    Sadis! Pria Ini Berpose dengan Monyet Buruannya di Gunung Marapi PADANG, HARIANHALUAN.COM – Netizen atau warga net khususnya di Sumatera Barat heboh, setelah beredar foto dua orang pria yang membunuh seekor monyet (simpai) di samping posko Balai Konservasi Sumber Daya Alam (BKSDA) Gu.
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]
APP HARIANHALUAN.COM