Lokasi PLTM Sako Tapan Pessel masuk dalam Kawasan TNKS


Rabu, 26 Februari 2020 - 22:34:45 WIB
Lokasi PLTM Sako Tapan Pessel masuk dalam Kawasan TNKS Kepala Bidang TNKS Wilayah II Provinsi Sumbar, Junaidi (M. Joni)

PAINAN, HARIANHALUAN.COM -- Sekitar 5 sampai 6 hektare lahan yang digunakan untuk pembangunan Pembangkit Listrik Tenaga Minihidro (PLTM) Sako I di Nagari Sungai Gambir Sako Tapan, Kecamatan Ranah Ampek Hulu Tapan masuk dalam Kawasan Taman Nasional Wilayah III (TNKS).

Kepala Bidang TNKS Wilayah II Provinsi Sumbar Junaidi mengatakan, lokasi PLTM berada di kawasan Izin Pemanfaatan Energi Air (IPEA) berada di Taman Nasional Wilayah III, Balai Besar Taman Nasional Kerinci Seblat (TNKS) Kabupaten Pesisir Selatan Provinsi Sumatra Barat.

Menurutnya, lokasi  yang dipakai tersebut yaitu, pemanfaatan energi air yang digunakan sebagai penggerak turbin PLTM. Lokasi itu masuk dalam Taman Nasional Wilayah III, Balai Besar Taman Nasional Kerinci Seblat (TNKS) Kabupaten Pesisir Selatan, Provinsi Sumatera Barat.

Untuk Izin Pemanfaatan Energi Air (IPEA), langsung dikeluarkan oleh Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan Republik Indonesia. Sejauh ini, pemakaian dan pemanfaatan energi air di wilayah TNKS ada izin resmi. "Jika itu resmi tentu tidak ada permasalahan lagi," kata Junaidi.

Izin IPEA dikeluarkan, katanya, dikeluarkan oleh Kementerian dan berlaku 35 tahun, juga bisa diperpanjang. "Lokasi yang digunakan PLTM seluas sekitar 5 sampai 6 hektare akan dilakukan pemulihan ekosistem atau reboisasi ke depannya," tutup Junaidi. (*)

Reporter : M. Joni /  Editor : Agoes Embun

Akses harianhaluan.com Via Mobile m.harianhaluan.com

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
  • Sabtu, 28 Maret 2020 - 00:00:04 WIB

    Ini Tujuh Lokasi Karantina ODP Corona di Sumbar

    Ini Tujuh Lokasi Karantina ODP Corona di Sumbar PADANG, HARIANHALUAN.COM -- Dalam rangka antisipasi penyebaran Vinus Covid-19 dari ODP (Orang dalam Pemantauan), Pemprov Sumbar akan menyediakan lokasi karantina sebagai bentuk upaya pengendalian sehingga dapat meminimalisir .
  • Kamis, 26 Maret 2020 - 15:52:27 WIB

    Pemkab Pessel Alokasikan Dana Rp2,6 M untuk Penanganan Corona

    Pemkab Pessel Alokasikan Dana Rp2,6 M untuk Penanganan Corona PAINAN, HARIANHALUAN.COM - Pemerintah Kabupaten  Pesisir Selatan, mengalokasikan dana penanganan Covid-19 sebesar Rp2,6 miliar di daerah setempat. Anggaran tersebut bakal dimanfaatkan untuk pembelian sejumlah alat kesehatan,.
  • Senin, 02 Maret 2020 - 12:30:25 WIB

    Aduh..! Jalan Lingkar Utara Kota Solok Dijadikan Lokasi Balap Liar

    Aduh..! Jalan Lingkar Utara Kota Solok Dijadikan Lokasi Balap Liar SOLOK, HARIANHALUAN.COM - Jalan lingkar utara Kota Solok hampir tiap malam dijadikan sarana balapan liar oleh sejumlah Anak Baru Gede (ABG ) khususnya laki- laki. Namun yang paling ramai itu pada Sabtu malam atau malam Minggu.
  • Jumat, 07 Februari 2020 - 21:33:59 WIB

    DPRD Pessel Tinjau Lokasi Tambang di IV Jurai

    DPRD Pessel Tinjau Lokasi Tambang di IV Jurai PAINAN, HARIANHALUAN.COM - Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Pesisir Selatan meninjau lokasi areal penambangan bahan baku emas dan perak yang dikelola PT Dempo Maju Cemerlang, di Nagari Tambang, Kecamatan IV Jur.
  • Kamis, 06 Februari 2020 - 11:58:30 WIB

    Satlantas Sijunjung Tinjau Lokasi Jalan Rusak di Kupitan

    Satlantas Sijunjung Tinjau Lokasi Jalan Rusak di Kupitan SIJUNJUNG, HARIANHALUAN.COM - Kasat Lantas Polres Sijunjung, Iptu Ghanda Novidiningrat Gunawan S.Ik didampingi Kanit Dikyasa Bripka Irwandi dan Bripda Saripah melaksanakan peninjauan dan pemeriksaan jalan berlubang yang berad.

BERITA TERKINI Index »

KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]
APP HARIANHALUAN.COM