Lokasi PLTM Sako Tapan Pessel masuk dalam Kawasan TNKS


Rabu, 26 Februari 2020 - 22:34:45 WIB
Lokasi PLTM Sako Tapan Pessel masuk dalam Kawasan TNKS Kepala Bidang TNKS Wilayah II Provinsi Sumbar, Junaidi (M. Joni)

PAINAN, HARIANHALUAN.COM -- Sekitar 5 sampai 6 hektare lahan yang digunakan untuk pembangunan Pembangkit Listrik Tenaga Minihidro (PLTM) Sako I di Nagari Sungai Gambir Sako Tapan, Kecamatan Ranah Ampek Hulu Tapan masuk dalam Kawasan Taman Nasional Wilayah III (TNKS).

Kepala Bidang TNKS Wilayah II Provinsi Sumbar Junaidi mengatakan, lokasi PLTM berada di kawasan Izin Pemanfaatan Energi Air (IPEA) berada di Taman Nasional Wilayah III, Balai Besar Taman Nasional Kerinci Seblat (TNKS) Kabupaten Pesisir Selatan Provinsi Sumatra Barat.

Baca Juga : BMKG Perkirakan Hujan Intensitas Sedang Hingga Lebat Disejumlah Wilayah Sumatera Barat

Menurutnya, lokasi  yang dipakai tersebut yaitu, pemanfaatan energi air yang digunakan sebagai penggerak turbin PLTM. Lokasi itu masuk dalam Taman Nasional Wilayah III, Balai Besar Taman Nasional Kerinci Seblat (TNKS) Kabupaten Pesisir Selatan, Provinsi Sumatera Barat.

Untuk Izin Pemanfaatan Energi Air (IPEA), langsung dikeluarkan oleh Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan Republik Indonesia. Sejauh ini, pemakaian dan pemanfaatan energi air di wilayah TNKS ada izin resmi. "Jika itu resmi tentu tidak ada permasalahan lagi," kata Junaidi.

Baca Juga : Mobilitas Masyarakat antar Kabupaten Kota dalam Provinsi Diatur Dalam SE Gubernur Sumbar

Izin IPEA dikeluarkan, katanya, dikeluarkan oleh Kementerian dan berlaku 35 tahun, juga bisa diperpanjang. "Lokasi yang digunakan PLTM seluas sekitar 5 sampai 6 hektare akan dilakukan pemulihan ekosistem atau reboisasi ke depannya," tutup Junaidi. (*)

Reporter : M. Joni | Editor : Agoes Embun
Logo Bawah
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing, Jalan Hamka Padang, Sumbar
Email: [email protected]