Arab Saudi Larang Sementara Umrah, Kemenag Langsung Sidak ke Bandara


Kamis, 27 Februari 2020 - 10:52:00 WIB
Arab Saudi Larang Sementara Umrah, Kemenag Langsung Sidak ke Bandara Ilustrasi

JAKARTA, HARIANHALUAN.COM - Kerajaan Arab Saudi menerbitkan larangan sementara terhadap warga yang akan melakukan ibadah umrah atau pun ziarah di Mekkah dan Madinah. Hal ini untuk mengantisipasi adanya penyebaran wabah virus Corona. 

Mersepons larangan itu, Direktorat Jenderal Penyelenggara Haji dan Umrah Kementerian Agama meminta para jajaran untuk inspeksi mendadak (sidak) ke bandara. Ini dilakukan sebagai antisipasi banyaknya jemaah di-hold atau tertahan di bandara.

"Menghormati keputusan Arab Saudi sebagai bentuk antisipasi menyebarnya virus Corona meminta semua Jemaah umrah Indonesia untuk bersabar sambil menunggu pemerintah Arab Saudi membuka kembali," kata Staf Khusus Menteri Agama, Ubaidillah Amin Moch dalam keterangannya di Jakarta, Kamis, 27 Februari 2020. 

Ubaidillah menjelaskan, pengajuan visa umrah dan visa lainnya ke Arab Saudi mulai hari ini diberhentikan. Maka dari itu, dia meminta para pengelola biro perjalanan umrah untuk pro aktif mengelola informasi kepada para jemaahnya. 

"Berdasarkan laporan dari pengawasan di bandara, Garuda, Saudia, Citylink, Lion hari ini masih sesuai jadwal mereka terbang. Selanjutnya kementerian Agama menunggu info lanjutan di atas dari pemerintah Saudi," tuturnya. 

Untuk diketahui, Arab Saudi telah melarang peziarah agama mengunjungi Mekah atau Madinah untuk mencegah penyebaran virus Corona.

Kementerian Luar Negeri di Kerajaan Arab Saudi menyatakan bahwa mereka telah mengikuti perkembangan virus Corona selama beberapa waktu.

Untuk mendukung negara-negara yang terkena virus itu, Kerajaan akan menerapkan 'standar internasional yang disetujui' dalam bentuk larangan sementara atas ziarah.

"Sementara menangguhkan masuk ke Kerajaan untuk tujuan Umrah dan mengunjungi Masjid Nabi," demikian pernyataan Kementerian Luar Negeri dikutip dari VIVAnews dari dailymail, Kamis 27 Februari 2020. (h/*)

 Sumber : vivanews /  Editor : Heldi

Akses harianhaluan.com Via Mobile m.harianhaluan.com

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
  • Senin, 09 Maret 2020 - 10:31:01 WIB

    Cegah Corona, Pemerintah Diminta Contoh Ketegasan Arab Saudi

    Cegah Corona, Pemerintah Diminta Contoh Ketegasan Arab Saudi JAKARTA,HARIANHALUAN.COM-Direktur Political and Public Policy Studies (P3S), Jerry Massie menduga masih banyak saja turis asal China yang masuk Indonesia. Sementara, penerbangan sudah ditutup sehingga timbul pertanyaan mereka.
  • Jumat, 06 Maret 2020 - 09:56:53 WIB

    KJRI: Penutupan Umrah 1 Tahun oleh Arab Saudi Tidak Benar

    KJRI: Penutupan Umrah 1 Tahun oleh Arab Saudi Tidak Benar JAKARTA, HARIANHALUAN.COM – Informasi bahwa pemerintah Arab Saudi menunda pelaksanaan ibadah umrah selama 1 tahun atau sepanjang 2020 karena virus korona atau Covid-19 viral di beberapa media di Indonesia. Konsul Haji KJRI .
  • Jumat, 28 Februari 2020 - 21:57:56 WIB

    Menkopolhukam Mahfud MD Akui Juga Ikut Batal Umrah ke Arab Saudi

    Menkopolhukam Mahfud MD Akui Juga Ikut Batal Umrah ke Arab Saudi JAKARTA, HARIANHALUAN.COM - Menkopolhukam Mahfud MD mengakui, dirinya juga menjadi bagian dari calon jemaah umrah yang tak bisa berangkat ke tanah suci Mekah karena adanya moratorium dari Kerajaan Arab Saudi terkait pencegaha.
  • Kamis, 27 Februari 2020 - 22:01:18 WIB

    Arab Saudi Setop Umrah, Begini Respons Aa Gym

    Arab Saudi Setop Umrah, Begini Respons Aa Gym BANDUNG, HARIANHALUAN.COM - Pemerintah Arab Saudi terpaksa menyetop sementara kunjungan umrah dari berbagai negara, termasuk Indonesia demi mencegah penyebaran virus corona. Dai kondang Abdullah Gymnastiar (AA Gym) menyampaik.
  • Kamis, 27 Februari 2020 - 19:36:45 WIB

    Penangguhan Ibadah Umrah, Komisi VIII DPR RI Dukung Keputusan Arab Saudi

    Penangguhan Ibadah Umrah, Komisi VIII DPR RI Dukung Keputusan Arab Saudi PAINAN, HARIANHALUAN.COM - Baru-baru ini mencuat kabar, Kerajaan Arab Saudi menangguhkan pelaksanaan ibadah umrah jamaah asing untuk mencegah masuknya pengaruh virus Corona. Bahkan, Indonesia adalah salah satu diantara 20 neg.
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]
APP HARIANHALUAN.COM