Nasib Calon Jemaah Gimana Usai Arab Saudi Setop Umrah?


Kamis, 27 Februari 2020 - 10:56:51 WIB
Nasib Calon Jemaah Gimana Usai Arab Saudi Setop Umrah? Ilustrasi

JAKARTA, HARIANHALUAN.COM - Pemerintah Arab Saudi memutuskan untuk menangguhkan sementara kedatangan jemaah umrah dari luar negaranya, termasuk Indonesia. Menurut Ketua Umum Sarikat Penyelenggara Umroh dan Haji (SAPUHI) Syam Resfiadi, calon jemaah RI yang sudah membayar ke biro perjalanan umrah bisa menarik kembali uangnya (refund).

"Harusnya kalau memang uang itu belum ke mana-mana di travel, harusnya bisa dipulangkan," kata dia saat dihubungi detikcom, Kamis (27/2/2020).

Sementara uang calon jemaah yang sudah dideposit ke maskapai penerbangan dan penyedia hotel, pihaknya akan mengusahakan agar dana tersebut tidak hangus.

Kemungkinan uang yang sudah masuk ke kantong maskapai untuk pembelian tiket dan pihak hotel untuk tempat menginap calon jemaah selama di Arab Saudi, akan tetap mengendap di sana untuk digunakan ketika calon jemaah sudah bisa berangkat.

"Apabila memang sudah terdeposit ke airline dan ke hotel ya kita usahakan ini pihak airline dan hotel menunda, pembayaran itu jangan di-cancel sehingga nanti pada saat sudah normal itu kita gunakan lagi," jelasnya.

"Yang penting deposit itu tetap kita dapatkan, bukan sebagai uang yang hangus di airline maupun di hotel," tambah Syam.

Sebagai informasi, Pemerintah Arab Saudi memutuskan untuk menangguhkan sementara kedatangan jemaah umrah dari luar negaranya. Hal itu diungkapkan pihak Kementerian Luar Negeri Arab Saudi pada Kamis waktu setempat.

Mengutip SPA, Kamis (27/2/2020), keputusan penangguhan sementara sebagai upaya pemerintah Arab Saudi mencegah penyebaran virus corona. Penangguhan itu pun atas rekomendasi Kementerian Kesehatan Arab Saudi. Penangguhan ini berlaku untuk semua negara termasuk Indonesia.(*)

 Sumber : detik.com /  Editor : NOVA

Akses harianhaluan.com Via Mobile m.harianhaluan.com

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
  • Kamis, 02 April 2020 - 22:12:42 WIB

    Pabrik Honda Setop Produksi, Begini Nasib Brio 'Aman'

    Pabrik Honda Setop Produksi, Begini Nasib Brio 'Aman' JAKARTA, HARIANHALUAN.COM - Honda Prospect Motor (HPM) memastikan satu-satunya mobil Honda produksi lokal yang diekspor, Brio, tidak terkendala pemberhentian pabrik. Seperti diketahui HPM berencana menghentikan produksi selam.
  • Ahad, 12 Januari 2020 - 11:33:21 WIB

    Transaksi Non Tunai Digenjot, Begini Nasib Uang Kertas dan Logam

    Transaksi Non Tunai Digenjot, Begini Nasib Uang Kertas dan Logam MAKASSAR, HARIANHALUAN.COM - Bank Indonesia (BI) mendorong transaksi non tunai berbasis barcode atau Quick Response Code Indonesian Standard (QRIS) di seluruh Indonesia. Dengan begitu diharapkan dapat mempercepat perputaran k.
  • Jumat, 03 Januari 2020 - 19:29:19 WIB

    Banjir Kepung Jabodetabek, Bagaimana Nasib Beras di Gudang Bulog?

    Banjir Kepung Jabodetabek, Bagaimana Nasib Beras di Gudang Bulog? JAKARTA, HARIANHALUAN.COM - Banjir yang melanda Jabodetabek pada Rabu (1/1/2020) sempat melumpuhkan sejumlah aktivitas kegiatan ekonomi. Salah satunya, pendistribusian pangan beras..
  • Rabu, 08 Februari 2017 - 10:31:16 WIB

    Bumiputra Direstrukturisasi, Bagaimana Nasib Pemegang Polis Lama ?

    Bumiputra Direstrukturisasi,  Bagaimana Nasib Pemegang Polis Lama ? PADANG, HALUAN—Pengelola Statuter (PS) Asuransi Jiwa Bersama Bumiputera (AJBB) menyatakan, meski kini perusahaan tersebut telah dibeli oleh konsorsium Erick Thohir sehingga menjadi PT Asuransi Jiwa Bumiputera, hak pemegang .
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]
APP HARIANHALUAN.COM