Luhut Promosikan Investasi Hijau di Papua, Apa itu?


Kamis, 27 Februari 2020 - 14:52:46 WIB
Luhut Promosikan Investasi Hijau di Papua, Apa itu? Menteri Luhut dalam High Level Meeting on Green Investment For Papua and West Papua di Sorong, Kamis (27/02/2020). (Foto: maritim)

SORONG, HARIANHALUAN.COM -- Investasi hijau sebagai kata lain investasi yang ramah lingkungan tengah dipromosikan pemerintah. Menurut Menteri Maritim dan Investasi Luhut Binsar Panjaitan konsep ekonomi hijau cocok diterapkan di Papua dan Papua Barat.

Menurut Luhut, kedua daerah tersebut memiliki sumber daya alam yang melimpah. "Investasi hijau dalam memanfaatkan sumber daya alam dengan tetap mempertahankan keberlanjutan akan menjadi skema yang tepat untuk mempromosikan pembangunan Papua dan Papua Barat,” kata Menko Luhutn dikutip dari Haluan.co (Haluan Media Group), Kamis (27/2/2020).

Menurut Luhut, ekonomi hijau untuk awal akan diterapkan dalam bidang pertanian, perikanan serta ekowisata. “Kami memiliki komoditas yang siap ditingkatkan dan dikembangkan seperti kakao, kopi Arabika, dan pala. Kami juga memiliki rumput laut dan kopi Robusta yang tumbuh baik di Papua, serta budaya, lingkungan, laut di Papua yang menawarkan banyak peluang untuk ekowisata,” kata Menko Luhut.

Konsep investasi ramah lingkungan yang akan diterapkan di Papua dan Papua Barat, kata Luhut, diharapkan bisa memacu pertumbuhan ekonomi di tanah Papua.

“Jadi dengan adanya investasi, masyarakat akan memulai kegiatan ekonomi. Perekonomian alam tumbuh dan orang bisa mendapatkan manfaat sosial darinya,” imbuh Luhut.

Menurut Luhut, pemerintah berkomitmen hutan dan ekosistem Papua dan Papua Barat perlu dijaga agar tetap utuh.

"Pemerintah akan memberikan kerangka kebijakan sementara pelaku bisnis perlu menyediakan investasi dan dukungan. Kolaborasi ini hanya dapat dilakukan secara efektif jika pemerintah daerah, masyarakat, kelompok adat, bisnis lokal, kelompok agama dan organisasi masyarakat sipil dapat bekerja bersama dan saling mendukung,” kata ujar Luhut. (*)

 Sumber : Haluan.co /  Editor : Milna

Akses harianhaluan.com Via Mobile m.harianhaluan.com

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
  • Rabu, 18 Desember 2019 - 09:23:59 WIB

    Luhut Minta Eropa Jangan Dikte RI

    Luhut Minta Eropa Jangan Dikte RI JAKARTA, HARIANHALUAN.COM - Uni Eropa melaporkan Indonesia atas kebijakan pelarangan ekspor bijih nikel (nickel ore) ke Organisasi Perdagangan Dunia (World Trade Organization/WTO). Pemerintah siap menghadapi gugatan tersebut..
  • Rabu, 11 Desember 2019 - 10:54:04 WIB

    Ini Pesan Luhut ke Investor China

    Ini Pesan Luhut ke Investor China JAKARTA, HARIANHALUAN.COM - Menteri Koordinator Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan punya pesan khusus untuk investor. Luhut mengimbau kepada investor agar tidak ragu menghubunginya saat ada masalah saat melakuk.
  • Sabtu, 16 November 2019 - 22:55:54 WIB

    Keras! Luhut 'Pukul Telak' Penolak Ahok Jadi Bos Pertamina

    Keras! Luhut 'Pukul Telak' Penolak Ahok Jadi Bos Pertamina JAKARTA, HARIANHALUAN.COM - Basuki Tjahaja Purnama bakal menjadi bos BUMN. Kabar yang santer beredar, pria yang beken disapa Ahok itu bakal menjadi petinggi di PT Pertamina (Persero)..
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]
APP HARIANHALUAN.COM