Kesbangpol Sosialisasi Bahaya Narkoba di Pessel


Kamis, 27 Februari 2020 - 17:10:12 WIB
Kesbangpol Sosialisasi Bahaya Narkoba di Pessel Tim Fasilitasi Pencegahan dan Penanggulangan Narkoba (TFP2N) Kabupaten Pesisir Selatan, saat menggelar sosialisasi pencegahan narkoba ke sejumlah sekolah daerah setempat.

PAINAN, HARIANHALUAN.COM -- Pemerintah Kabupaten Pesisir Selatan bersama Tim Fasilitasi Pencegahan dan Penanggulangan Narkoba (TFP2N) menggelar sosialisasi pencegahan narkoba ke 15 sekolah yang ada di daerah itu.

Kepala Bagian Kesatuan Kebangsaan Politik (Kesbangpol) Setdakab Pessel, Hardi Dharma Putra menyebutkan, awal 2020 ini pihaknya bakal fokus melakukan sosialisasi bahaya narkoba ke sekolah-sekolah yang tersebar di 182 nagari daerah berjuluk Negeri Sejuta Pesona itu.

"Peserta sosialisasi pencegahan narkoba disetiap sekolah berjumlah sebanyak 50 orang. Sedangkan untuk setiap nagari berjumlah sebanyak 5 orang yang dilaksanakan pada masing-masing kecamatan," ujarnya pada wartawan di Painan, Kamis (27/2/2020).

Ia mengatakan, narasumber yang dihadirkan berasal dari unsur MUI, Bundo Kanduang, LSM, Polres, Kejaksaan dan Kodim 0311/Pessel.

"Hingga kini proses sosialisasi bahaya narkoba terus berjalan, dimulai sejak 18 Februari sampai 11 Maret 2020," ucapnya.

Menurutnya, Pemerintah Kabupaten Pesisir Selatan terus proaktif melakukan pencegahan penyalahgunaan narkoba di tengah-tengah masyarakat. Upaya tersebut kata dia, tak sekadar sosialisasi saja. Namun, pencegahan secara langsung dengan memberikan sanksi tegas.

"Semoga upaya ini dapat mencegah penyalahgunaan narkoba di Pessel. Khususnya generasi muda dan pelajar. Kami berharap masyarakat dan orangtua turut mendukung penuh kegiatan ini," katanya penuh harap.

Sementara itu, Sekda Pessel Erizon mengatakan, sosialisasi tentang bahaya narkoba kepada pelajar dan unsur pemerintah nagari sangat penting dilakukan, dan mesti berkelanjutan.

"Kami meminta TFP2N mampu bekerja secara maksimal. Sebab, narkoba merupakan musuh kita bersama," tuturnya.

Dalam sosialisasi tersebut, Sekda berharap, tim benar-benar menghimbau agar pelajar di Pessel tidak terjerumus kepada barang haram tersebut. Sebab, pengaruh narkoba sangat berbahaya bagi kelangsungan hidup secara fisik maupun psikologis.

"Narkoba bakal mudah masuk jika tidak ada pengawasan dan kepedulian masyarakat untuk mengantisipasinya. Jadi, kami berharap seluruh elemen masyarakat bersatu padu memberantasnya," tuturnya.

Ia mengatakan, hingga kini kalangan remaja dinilai sangat rentan terhadap pengaruh narkoba. Untuk mengantisipasi hal tersebut, maka setiap individu memiliki tanggung jawab moral dalam mengawasi lingkungan agar tidak ada ruang bagi pengedar narkoba melakukan aksinya.

"Sekali lagi kami menghimbau semua pihak mari sama-sama kita berantas narkoba. Jangan ada lagi ruang gerak untuk pengedar narkoba di Pessel," ujarnya tegas. (*)

loading...
Reporter : Okis /  Editor : Milna
Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
  • Kamis, 04 Agustus 2016 - 04:31:49 WIB

    Kesbangpol Sumbar Berikan Pembekalan P4GN

    Kesbangpol Sumbar Berikan Pembekalan P4GN BUKITTINGGI, HALU­AN — Tingginya angka pe­ng­guna narkotika di Sumbar, menjadi perhatian yang serius bagi Pemrov Sumbar dalam menanggulangi bahaya pen­yalah­gunaan dan peredaran gelap narkoba..
  • Jumat, 10 Juni 2016 - 03:01:25 WIB

    Kesbangpol Pasaman Implementasikan Ranham

    Kesbangpol Pasaman Implementasikan Ranham PASAMAN, HALUAN — Kantor Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbangpol) Pa­saman, implementasikan Ren­cana Aksi Nasional Hak Asasi Ma­nusia (Ranham) dalam me­laksanakan prog­ram dan ke­giatannya..
  • Jumat, 20 Mei 2016 - 03:50:06 WIB
    Antisipasi Kekerasan Perempuan dan Anak

    Kesbangpol Pasaman Perkuat Komunikasi

    PASAMAN, HALUAN — Kan­tor Kesatuan Bangsa dan Po­litik (Kesbangpol) Pa­sa­man akan mengambil lang­kah stra­tegis untuk meng­an­tisi­pasi terjadinya potensi kon­flik dan tindakan kekerasan terhadap perempuan dan an.

KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]