DPM Pasaman Imbau Wali Nagari  Kembangkan BUMNag


Kamis, 27 Februari 2020 - 18:36:55 WIB
DPM Pasaman Imbau Wali Nagari  Kembangkan BUMNag Dinas Pemberdayaan Masyarakat (DPM) Kabupaten Pasaman,berdiskusi dengan para wali nagari atau kepala desa di Pasaman, Yudi Lubis

PASAMAN, HARIANHALUAN.COM - Dinas Pemberdayaan Masyarakat (DPM) Kabupaten Pasaman, mengimbau para wali nagari atau kepala desa adat di daerah itu serius mengembangkan potensi Badan Usaha Milik Nagari (BUMNag) di wilayahnya.

"Secara regulasi peranan BUMnag sangat strategis dalam menghimpun pendapatan asli setiap nagari, disamping mampu menjadi pilar utama dalam memberdayakan usaha masyarakat baik sektor hulu, tengah maupun hilir," kata Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat setempat, Hasiholan Hutagalung, di Lubuksikaping, Kamis(27/02).

Menurutnya, dari 37 nagari yang tersebar di daerah itu, baru satu atau dua saja yang rutin melaporkan kegiatan BUMnag-nya, sementara setiap nagari tersebut telah mendapatkan kucuran dana sebagai modal awal sebesar Rp150 juta hingga Rp300 juta per nagari.

Dana tersebut, lanjutnya, jika dikelola dengan baik tentu akan memberi pengaruh positif terhadap peningkatan taraf hidup masyarakat baik secara pendapatan dalam bentuk investasi, maupun pemberian jasa layanan publik lainnya dengan mensinergikan dengan perusahaan yang tergabung dalam kelompok Badan Usaha Milik Negara (BUMN), maupun sektor usaha lain yang menyangkut hajat hidup orang banyak.

"Hal itu sebagaimana diamanatkan dalam Undang-Undang Nomor 6 Tahun 2014 Bab X Pasal 87 sampai 90 tentang dasar pembentukan Badan Usaha Milik Desa, yang ditegaskan lebih lanjut dalam Peraturan Menteri Desa nomor 1 tahun 2015 yang memberi ruang bagi BUMNag berwenang mengembangkan usaha berdasarkan hak usul dan kewenangan lokal berskala desa atau nagari yang menjadi dasar perluasan usaha," jelasnya.

Terpisah, Kepala Cabang Pembantu Bank Nasional Indonesia (BNI) Lubuksikaping, Edward, mengatakan sejauh ini pihaknya telah membuka ruang kemitraan bagi BUMDes atau sejenis di seluruh Indonesia, berupa pemberian literasi keuangan dan penyediaan layanan jasa perbankan.

"BNI juga aktif melakukan pendampingan - pendampingan dalam kegiatan usaha mereka, baik melalui program Rumah Kreatif BUMN, Kampoeng BNI, E-Waroeng serta menjadi bank pelaksana bagi penyaluran Kredit Usaha Rakyat (KUR) seperti KUR Tani,KUR Kehutanan Sosial dan Program Bank Sampah," ungkapnya.

Ia menegaskan, pihaknya juga siap berkolaborasi dengan pihak terkait tentang upaya mengembangkan BUMNag menjadi alah satu basis perekonomian masyarakat setempat.

"Dibutuhkan keaktifan instansi terkait dalam membangun kemitraan tersebut, karena selain layanan perbankan dan literasi keuangan, kami selaku perusahaan BUMN juga memiliki alokasi dana Corporate Social Responsibility (CSR) yang bisa dimanfaatkan untuk membantu pertumbuhan ekonomi masyarakat di nagari," kata dia.

Sementara itu, salah seorang pengurus BUMNag Nagari Koto Kaciak, Kecamatan Bonjol, In Habibi, mengatakan pihaknya sudah menerapkan skema kerjasama usaha berupa pelayanan jasa dan pengembangan usaha.

"Sejauh ini semuanya berjalan lancar, meskipun ada beberapa regulasi pemerintah daerah yang masih belum diterbitkan guna memberi kepastian hukum bagi kami untuk menjalin kemitraan dengan pihak perbankan atau pemodal lainnya untuk mengembangkan usaha lebih besar lagi seperti kepariwisataan dan jasa lainnnya," kata dia.

Menurutnya, sejak BUMNag tersebut mulai beroperasi hingga saat ini, cukup memberi kontribusi bagi pendapatan asli nagari, disamping telah mampu mendekatkan pelayanan bagi publik melalui sektor jasa.

"Tinggal lagi bagaimana pemahaman para walinagari selaku komisaris BUMNag, karena banyak terjadi adanya ketidakcocokan visi dan misi serta niat dalam memngembangkan BUMNag sebagai sokoguru perekonomian di nagari," ucapnya. (h/*)

Reporter : Ruli/Yudi /  Editor : Heldi

Akses harianhaluan.com Via Mobile m.harianhaluan.com

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]
APP HARIANHALUAN.COM