Pengembangan Sapi Belgian Blue di PTU-HPT Padang Mengatas Capai Target


Kamis, 27 Februari 2020 - 18:58:59 WIB
Pengembangan Sapi Belgian Blue di PTU-HPT Padang Mengatas Capai Target Sapi Belgian Blue yang dikembangkan di BPTU-HPT di Padang Mengatas mencapai tarhet. zulkifli

LIMAPULUH KOTA, HARIANHALUAN.COM – Pengembangan ternak sapi potong unggul jenis Belgian Blue mencapai target. Hal ini satu langkah maju dalam kerangka pengembangan sapi potong unggul di Sumatera Barat yang dikembangkan pada Balai Pembibitan Ternak Unggul-Hijauan Pakan Ternak (BPTU-HPT) Padang Mengatas, Kecamatan Luak, Kabupaten Limapuluh Kota.

Pengembangan sapi unggul tersebut sudah dmulai sejak tahun 2018 lampau, ternyata kini semakin berkembang menvapai target. Lagipula belgian Blou sebagai program baru unggulan di bidang peternakan sapi potong Sumbar, utamanya di Luak Limopuluah, Kabupaten Limapuluh Kota dan Kota Payakumbuh.

Kepala UPTD, BPTU-HPT Padang Mengatas, Jek Pujianto didampingi Kasi Pengawasan BPTU-HPT setempat, Darwis dalam percakapan dengan Haluan di kantornya, kemarin menuturkan, bibit sapi potong unggul yang berasal dari Eropa itu, jika berhasil sesuai dengan rencana akan dikembangkan lagi di seluruh Indonesia, guna memperbanyak jenis sapi unggul di nagara ini.

Dikatakan, program baru pembibitan sapi potong unggul tersebut, berupa bibit sapi Belgian Blue. adalah program yang dimulai sejak tahun 2018 ini. Embrionya berasal dari Belgia yang dikelola di Spnyol. Tahun 2018-3019 lalu pihak BPTU-HPT menargetkan produksi anak sapi Belgian Blou sebanyak 50 ekor dengan menggunakan Teknologi Embrio (TE) dan Inseminasi. Buatan (IB)

Namun sampai tahun 2020 populasinya meningkat melebihi target. Begitu pula dengan pertumbuhan badan sapi Belgian Blue jauh lebih cepat, pada usia 3 bukan saja berat badan sapi mencapai 250 hingga 300 kg dengan pemberian pakan stabil. Belgian Blou jauh lebih bagus dan cepat dibanding sapi simental dan lemousin yang ada, papar Jek Pujianto yang mengaku berasal dari Jawa Timur itu.

Menurut jek Pujianto yang pernah bertugas di Bali itu, lebih jauh menuturkan, pada usia sapi Belgian Blou 1 tahun, perkembangan berat badan cukup snigtivikan mencapai 435 hingga 460 kg. Sehingga bila dipelihara masyarakat nantinya diharapkan mampu meningkatkan ekonomi masyarakat daerah ini, timpal Jek Pujianto.

“Melalui program ini, kita harapkan bakal bertambah jenis sapi potong unggul dengan tujuan menambah pendapatan warga yang beternak sapi potong unggul. Saat ini sapi tersebut belum dilepas ke masyarakat. Nanti setelah uji coba berhasil, tentu masyarakat akan memelihara sapi tersebut disamping sapi simental dan limosin,” ulasnya.

Ia juga mengharapkan hasil bibit sapi Belgian Blou ini berhasil dikembangkan di BPTU-HPT kabupaten Limapuluh Kota. Pasalnya dalam hasil uji coba tes di BPTU-HPT setempat tahun lalu sampai Februari 2020 untuk mendapatkan bibit Belgial Blue berkembang menjadi 79 ekor terdiri dari 41 hasil teknologi embrio (TE) dan 38 inseminasi buatan (IB).

Mudah mudahan achir tahun 2020 diharapkan petkembangan sapi Belgian Blue semakin meningkat lagi karena bibit yang lahir tahun 2018 sudah bisa berfungsi sebagai induk, tidak begitu lama hanya hitungan bulan akan melahirkan bibit sapi yang baru.

 Untuk menyukseskan program sapi potong unggul Belgian Blue tersebut, BPTU-HPT Padang Mengatas, Kecamatan Luak, sebelumnya telah bekerjasama dengan Balai Embrio Ternak (BET) Cipilang.

Dinformasikan Jek Pujianto, populasi sapi unggul yang ada di BPTU-HPT Padang mengatas saat ini mencapai 1.265 ekor dari berbagai jenis termasuk limousin, simental, Belgian Blue, sapi Pesisir dan lain dengan lahan seluruhnya termasuk dengan penggunaan kantor, tempat gembalaan sapi, tanaman rumput gajah dan penggunaan lain sekitar 188 hektare.

Berdasarkan informasi yang diperoleh, kapasitas produksi sapi bakalan di BPTU-HPT Padang Mengatas diharapkan masih bisa ditingkatkan lagi, karena BPTU-HPT memiliki padang penggembalaan yang cukup luas. Lahan padang penggembalaan dibagi menjadi 40 paddock dengan luas setiap paddock pada lahan yang berbeda-beda, tambah Darwis. (h/zkf)

Reporter : Zulkifli /  Editor : Heldi

Akses harianhaluan.com Via Mobile m.harianhaluan.com

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]
APP HARIANHALUAN.COM