Sambil Menangis, Amien Rais: Tolong Jangan Sahkan Zulhas..!


Kamis, 27 Februari 2020 - 20:54:50 WIB
Sambil Menangis, Amien Rais: Tolong Jangan Sahkan Zulhas..! Amien Rais

JAKARTA, HARIANHALUAN.COM - Pendiri sekaligus politikus senior Partai Amanat Nasional (PAN) Amien Rais angkat bicara usai kongres PAN pekan lalu di Kendari, Sulawesi Tenggara. Dalam kongres itu, Zulkifli Hasan terpilih untuk kedua kalinya, mengalahkan Mulfahri Harahap yang didukung Amien.

Dalam video yang berdurasi 7,18 menit di akun Instagram resminya @amienraisofficial, mantan Ketua MPR itu angkat bicara soal kekisruhan di partainya itu. Kongres saat itu sempat berlangsung rusuh dengan saling lempar kursi antarkader yang hadir di ruangan itu.

Amien menjelaskan beberapa kejanggalan yang terjadi. Seperti adanya PAW pada 27 DPD, dipaksa untuk melaksanakan penggantian kepemimpinan. Amien juga menyoroti ada penyusup yang masuk ke arena kongres.

"Untuk itu saya meminta pemerintah yang berwenang, jangan dulu mengesahkan hasil kongres nasional PAN yang demikian gawat, maaf memalukan. Membuat aib demokrasi, maaf, maaf, maaf," kata Amien Rais dalam video itu, yang dikutip Rabu (26/2/2020).

Atas peristiwa yang terjadi di kongres itu, dia mengaku sedih bahkan menangis. Amien mengaku heran dengan kongres itu. Sebab, kata Amien, PAN yang ia dirikan bersama rekan-rekannya yang progresif dulu menjadi partai yang menurutnya ugal-ugalan.

"Jadi ini saya betul-betul marah ikhlas. Saya tidak marah emosional, tetapi ini memang harus diperbaiki," katanya.

Maka Amien ingin memperbaiki terlebih dulu PAN ini agar tidak menjadi partai yang ugal-ugalan. Caranya, meminta pemerintah tidak mengesahkan Zulkifli Hasan terlebih dahulu.

"Dan karena itu, tolong jangan disahkan dulu," katanya.

Amien melanjutkan, pihaknya sudah ada tim, dan sudah dia mendapatkan informasi serta bukti-bukti yang cukup lengkap mengenai sesungguhnya yang terjadi di kongres nasional PAN itu.

Mantan Ketum PAN itu juga mengirim pesan ke Zulkifli Hasan untuk tidak menggunakan cara-cara seperti yang dilakukan saat kongres nasional di Kendari lalu.

"Jadi, pesan saya pada Pak Zul Hasan, tolong Pak Zul jangan dilanjutkan cara-cara yang kemarin itu," katanya.

Dia menilai kalau apa yang dilakukan Zulkifli seperti itu lagi, dia khawatir, lambat laun PAN akan hancur. Dia mengatakan, cara itu sama saja membuat kehancuran terhadap partai berlambang matahari itu. "Resep kehancuran PAN itu akan ada di tangan Anda," katanya.

Amien meminta persoalan ini diangkat ke publik, dikonferensi pers, dan diajukan bukti-bukti itu juga. Termasuk akan dibawa ke pemerintah bukti-bukti yang dimiliki oleh pihaknya untuk meyakinkan Kemenkumham tidak mensahkan kepengurusan Zulkifli Hasan.

"Mudah-mudahan ada solusi, jalan tengah yang baik," katanya. (h/*)

 Sumber : Warta Ekonomi /  Editor : Heldi

Akses harianhaluan.com Via Mobile m.harianhaluan.com

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
  • Rabu, 12 Februari 2020 - 17:53:47 WIB

    Awas..! Main Ponsel Sambil Nyetir Didenda Rp10 Juta

    Awas..! Main Ponsel Sambil Nyetir Didenda Rp10 Juta JAKARTA, HARIANHALUAN.COM -- Polisi di berbagai negara bagian di Australia tampaknya semakin melihat, tindakan menyetir sambil menggunakan HP sebagai hal yang paling membahayakan, dan karenanya pelakunya dikenai denda besar..
  • Kamis, 28 November 2019 - 16:25:41 WIB

    Pilu.. Driver Ojol Ini Ngojek Sambil Gendong Anak

    Pilu.. Driver Ojol Ini Ngojek Sambil Gendong Anak BANDUNG, HARIANHALUAN.COM -Tukang ojek ini viral, setelah foto dan kisahnya beredar di media sosial. Warganet yang berada di Kabupaten Bandung memberi simpati terhadap seorang driver ojek yang bekerja sambil menggendong anakn.
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]
APP HARIANHALUAN.COM