Ini 5 Manfaat Tinta Cumi: Lawan Bakteri Jahat hingga Cegah Kanker


Kamis, 27 Februari 2020 - 22:03:22 WIB
Ini 5 Manfaat Tinta Cumi: Lawan Bakteri Jahat hingga Cegah Kanker Ilustrasi

JAKARTA, HARIANHALUAN.COM -  Tinta cumi jadi bahan populer sajian masakan di sejumlah kawasan. Namun, tak cuma menambah rasa gurih, tinta cumi juga kaya akan manfaat untuk kesehatan.

Tinta cumi dikenal juga sebagai tinta cephalopoda. Tinta ini berfungsi sebagai mekanisme pertahanan yang melindungi cumi dari predator dengan mengaburkan pandangan mereka.

Tinta ini mengandung banyak senyawa termasuk melanin, polisakarida, katekolamin, asam amino, dan masih banyak lagi.

Banyak orang telah menggunakan tinta cumi-cumi selama berabad-abad sebagai obat-obatan tradisional. Melansir Healthline, berikut manfaat tinta cumi-cumi untuk kesehatan.

1. Bersifat antimikroba
Penelitian menunjukkan, tinta cumi memiliki sifat antimikroba. Sifat ini membuat tinta ampuh menetralkan bakteri dan virus berbahaya. Salah satunya adalah menetralkan bakteri yang menyebabkan plak gigi.

2. Bersifat antioksidan
Beberapa penelitian menemukan bahwa tinta cumi-cumi bersifat antioksidan.

Antioksidan sendiri merupakan senyawa yang ampuh melindungi tubuh dari paparan radikal bebas. Paparan radikal bebas yang terlalu tinggi dapat menyebabkan kerusakan sel dan meningkatkan risiko sejumlah penyakit kronis seperti kanker.

Sifat antioksidan pada tinta cumi-cumi berasal dari polisakarida.

3. Mengatasi tukak lambung
Tukak lambung merupakan kondisi munculnya luka pada dinding lambung akibat terkikisnya lapisan dinding lambung.

Beberapa penelitian menemukan, tinta cumi-cuma mampu mengurangi produksi asam lambung. Tingkat asam yang rendah dapat melindungi tubuh dari tukak lambung.

4. Menurunkan tekanan darah
Sejumlah penelitian menunjukkan, tinta cumi-cumi mengandung senyawa yang dapat menurunkan tekanan darah. Tekanan darah tinggi menjadi faktor risiko sejumlah penyakit seperti jantung dan stroke.

5. Meningkatkan kekebalan tubuh
Sebuah studi pada hewan menemukan, tinta cumi-cumi memiliki manfaat untuk meningkatkan kekebalan tubuh secara keseluruhan. (h/*)

 Sumber : CNN Indonesia /  Editor : Heldi

Akses harianhaluan.com Via Mobile m.harianhaluan.com

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
  • Kamis, 02 April 2020 - 23:27:21 WIB

    Berita Baik Hari Ini: Hal Baik Tentang Virus yang Perlu Kamu Ketahui

    Berita Baik Hari Ini: Hal Baik Tentang Virus yang Perlu Kamu Ketahui JAKARTA, HARIANHALUAN.COM - Sudah mulai stres dengerin hal-hal negatif terus baik di berita maupun di media sosial?  Rutinlah membaca hal-hal positif yang bisa kamu serap, supaya nggak bikin kamu makin stres dan kepikiran h.
  • Selasa, 31 Maret 2020 - 16:38:12 WIB

    Khawatir Terjangkit Corona, Ini Momen Tepat untuk Cek ke Rumah Sakit

    Khawatir Terjangkit Corona, Ini Momen Tepat untuk Cek ke Rumah Sakit JAKARTA, HARIANHALUAN.COM -- Meningkatnya jumlah kasus positif corona atau COVID-19 di Indonesia tidak bisa dipungkiri membuat masyarakat cemas dan khawatir akan terpapar. Meski pemerintah telah mengeluarkan peraturan social.
  • Senin, 30 Maret 2020 - 20:08:37 WIB

    Ternyata! Ini Alasan Buah dan Sayur Tak Boleh Dicuci dengan Sabun

    Ternyata! Ini Alasan Buah dan Sayur Tak Boleh Dicuci dengan Sabun HEALTH, HARIANHALUAN.COM -- Tak semua barang dan benda mesti dicuci dengan sabun untuk mencegah penularan virus corona penyebab Covid-19. Buah dan sayur tak boleh dicuci dengan sabun karena sejumlah alasan. Sabun mengandung b.
  • Senin, 30 Maret 2020 - 10:19:35 WIB

    Kocak Banget, Lockdown di Daerah Ini Malah Bisa Dimakan

    Kocak Banget, Lockdown di Daerah Ini Malah Bisa Dimakan JAKARTA, HARIANHALUAN.COM -- Perdebatan penerapan lokcdown di Indonesia makin kenceng. Beberapa daerah sudah memutuskan memberlakukan lockdown. Mereka mengkarantina wilayahnya dari keluar masuknya penghuni maupun pendatang..
  • Senin, 30 Maret 2020 - 06:23:00 WIB

    Ini Tiga Hal Penularan Corona yang Kerap Diabaikan Masyarakat

    Ini Tiga Hal Penularan Corona yang Kerap Diabaikan Masyarakat JAKARTA, HARIANHALUAN.COM -- Di tengah pandemi global virus corona atau COVID-19, pemerintah mengimbau untuk masyarakat Indonesia mewaspadai sumber penularannya. Hal ini guna menekan jumlah penyebaran virus corona di Indon.
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]
APP HARIANHALUAN.COM