Jemaah Umrah Batal Berangkat, Hak Konsumen Diminta Tetap Dipenuhi


Jumat, 28 Februari 2020 - 02:51:28 WIB
Jemaah Umrah Batal Berangkat, Hak Konsumen Diminta Tetap Dipenuhi ilustrasi jamaah umrah

JAKARTA, HARIANHALUAN.COM -- Pemerintah Arab Saudi menghentikan sementara izin visa untuk tujuan umrah dan mengunjungi Masjid Nabawi sebagai langkah antisipasi terhadap penyebaran virus corona baru atau COVID-19 mulai hari ini, Kamis (27/2). 

Menanggapi itu, Ketua Komunitas Konsumen Indonesia (KKI), David Tobing, meminta hak-hak konsumen tetap harus dipenuhi. David menilai, hak sebagai konsumen harus tetap dipenuhi lantaran pembatalan pemberangkatan umrah itu bukan atas kehendak mereka, melainkan dalam kondisi darurat.

Hak-hak itu, menurut dia, berupa penggantian uang biaya penerbangan secara utuh atau penjadwalan ulang pemberangkatan. David menjelaskan, hal itu sudah diatur dalam Permenhub Nomor 89 Tahun 2015. "Apabila ada pembatalan penerbangan, maka konsumen berhak mendapat penggantian secara penuh, atau direschedule," kata David dalam keterangan tertulisnya, Kamis (27/2).

Dalam keterangan tertulis yang diterima Haluan.co (HMG), pihak penyedia jasa penerbangan tetap harus bertanggung jawab dengan memberikan ganti rugi berdasarkan aturan hukum yang berlaku. Apalagi, menurut dia, pemerintah Indonesia tidak bisa dimintai dan pertanggungjawaban lantaran pembatalan itu atas keputusan pemerintah Arab Saudi.

Namun meskipun pemerintah RI yang melarang, hal itu tetap tidak bisa disalahkan karena sebagai langkah tanggung jawab negara dalam mencegah penyebaran virus corona. Hal itu, kata dia, seperti yang tertuang dalam pembukaan UUD Negara RI 1945 pada alinea keempat bahwa pemerintah negara Indonesia melindungi segenap bangsa Indonesia.

Untuk itu, kata David, pihaknya berharap agen perjalanan umrah dapat mengembalikan seluruh biaya paket perjalanan umrah. "Dan pasal 28J ayat 2, di mana negara dapat melakukan pembatasan dari sisi HAM sebagai kebijakan hukum terbuka (open legal policy) dengan didasarkan pada pertimbangan keamanan dan ketertiban umum," ujarnya. (*)

 Sumber : Haluan.co /  Editor : Agoes Embun

Akses harianhaluan.com Via Mobile m.harianhaluan.com

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
  • Jumat, 27 Maret 2020 - 00:10:12 WIB

    Saudi Minta RI Jemput Jemaah Umroh Overstay, Termasuk Habib Rizieq?

    Saudi Minta RI Jemput Jemaah Umroh Overstay, Termasuk Habib Rizieq? JAKARTA, HARIANHALUAN.COM - Kerajaan Arab Saudi mengampuni semua jemaah umroh yang overstay. Saudi meminta Pemerintah RI menjemput para WNI itu. Apakah Muhammad Rizieq Syihab (Habib Rizieq) termasuk yang bakal dijemput Pemeri.
  • Rabu, 11 Maret 2020 - 05:39:49 WIB

    Biro Haji Wajib Punya Disinfektan untuk Semprot Alat Jemaah

    Biro Haji Wajib Punya Disinfektan untuk Semprot Alat Jemaah JAKARTA, HARIANHALUAN.COM -- Kementerian Agama mewajibkan seluruh penyedia/biro layanan haji memiliki disinfektan untuk disemprotkan ke seluruh peralatan hingga akomodasi para calon jemaah haji. Imbauan tersebut disampaikan.
  • Senin, 02 Maret 2020 - 10:03:53 WIB

    Lagi, 220 Jemaah Umrah Transit Tiba di Indonesia

    Lagi, 220 Jemaah Umrah Transit Tiba di Indonesia JAKARTA, HARIANHALUAN.COM -- Sebanyak 220 jemaah umrah yang transit di negara ketiga sudah tiba di Indonesia, hari ini, Senin (2/3/2020). Mereka adalah jemaah yang transit di Muscat (Oman) dan Colombo saat akan berangkat ke.
  • Ahad, 01 Maret 2020 - 05:07:37 WIB

    Wah..! Visa Jemaah yang Batal Umrah Bakal Digratiskan

    Wah..! Visa Jemaah yang Batal Umrah Bakal Digratiskan JAKARTA, HARIANHALUAN.COM -- Anggota Komisi VIII DPR RI dari Fraksi PKS Iskan Qolba Lubis mengatakan pihaknya akan meminta pemerintah melobi Kedutaan Besar Arab Saudi agar menggratiskan perpanjangan visa umrah jemaah Indo.
  • Rabu, 19 Februari 2020 - 06:21:02 WIB

    Keren..! Jemaah Haji Indoneia Bisa Tarik Tunai di Arab Saudi

    Keren..! Jemaah Haji Indoneia Bisa Tarik Tunai di Arab Saudi JAKARTA, HARIANHALUAN.COM -- PT Artajasa Pembayaran Elektronis bekerja sama dengan Al-Rajhi Bank asal Malaysia memperluas jaringan ATM Lintas Batas (crossborder) di Wilayah Arab Saudi. Dengan kerja sama tersebut, jemaah h.
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]
APP HARIANHALUAN.COM