Ternyata! Kondisi Otak Pecandu Smartphone Sama dengan Pengguna Narkoba


Jumat, 28 Februari 2020 - 02:58:06 WIB
Ternyata! Kondisi Otak Pecandu Smartphone Sama dengan Pengguna Narkoba ilustrasi smartphone

TEKNO, HARIANHALUAN.COM -- Para peneliti dari Universitas Heidelberg, Jerman menemukan bahwa kondisi fisik otak pecandu smartphone ternyata serupa dengan kondisi otak para pecandu obat-obatan terlarang (narkoba).  Dalam penelitian yang berjudul "Addictive Behaviors" tersebut, para peneliti menguji 48 orang sebagai sampel, dimana 22 orang di antaranya mengidap smartphone addiction alias kecanduan smartphone (SPA). 

“Melihat penggunaan perangkat itu yang semakin luas dan kepopulerannya yang semakin bertambah, studi kali ini mempertanyakan dampak smartphone, paling tidak pada individu yang mungkin memiliki resiko tinggi mengembangkan perilaku kecanduan terkait smartphone,” ujar para peneliti dikutip dari Ubergizmo, Rabu (26/2)

Penelitian dilakukan dengan metode pemindaian otak melalui magnetic resonance imaging (MRI).  Hasilnya, terlihat adanya penurunan volume materi abu-abu (gray matter) di jaringan otak bagian inti (insula cortex dan temporal cortex) pada orang yang memiliki SPA.

Bagian insula cortex ini berfungsi untuk memproses aktivitas emosional. Apabila volumenya semakin berkurang, tentunya akan mengganggu aktivitas emosional. Pola ini juga ditemukan pada orang yang kecanduan obat-obatan terlarang. Selain itu, bagian otak anterior cingulate cortex (ACC), yang berfungsi untuk proses kognitif, juga diklaim mengalami penurunan pada pecandu smartphone.

Adanya penurunan aktivitas di ACC ini juga kerap dikaitkan dengan efek stimulus dari beragam obat terlarang yang mengurangi proses kognitif dari otak. Dari dua temuan tersebut, disimpulkan bahwa kondisi otak pengidap SPA atau kecanduan smartphone mirip dengan kondisi otak pecandu obat-obatan terlarang. (*)

 Sumber : Teknologi.id /  Editor : Agoes Embun

Akses harianhaluan.com Via Mobile m.harianhaluan.com

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]
APP HARIANHALUAN.COM