Renovasi Fasilitas Rusak di Papua Sudah 90%


Jumat, 28 Februari 2020 - 09:40:02 WIB
Renovasi Fasilitas Rusak di Papua Sudah 90% Sejumlah bangunan terbakar saat aksi unjuk rasa di Jayapura, Kamis (29/8/2019) lalu. Foto/ANTARA

JAKARTA, HARIANHALUAN.COM -- Dirjen Cipta Karya Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (Kemen PUPR), Danis Hidayat Sumadilaga memaparkan bahwa telah dilakukan rehabilitasi infrastruktur, baik di Papua maupun di Papua Barat.

"Renovasi terhadap gedung-gedung yang rusak pasca konflik seperti kantor Komisi Pemilihan Umum (KPU), balai latihan kerja, dan lapas, sudah kembali dipulihkan. Saat ini progres pembangunan sudah mencapai >60%, bahkan ada yang sudah mencapai 90%," katanya, dikutip dari laman resmi Kemenko PMK, Jumat (28/2/2020).

Sementata fasilitas pendidikan baru mulai dibangun kembali beberapa minggu ini, sehingga progresnya baru mencapai 10%.

Terkait dengan persentasi kehadiran tenaga pendidik dan siswa, perwakilan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan melaporkan bahwa per November 2019 lalu, guru yang hadir di sekolah tercatat sebesar 60% dan siswa sebesar 70%. Siswa juga ada yang pindah ke luar daerah.

Hingga hari ini, seluruh layanan pendidikan juga tercatat sudah berjalan kembali normal. Layanan psikososial yang juga dibantu oleh NGO bagi siswa terdampak konflik juga sudah berjalan pada November-Desember 2019 yang lalu.

Terkait layanan kesehatan, saat ini masalah utamanya adalah masih banyaknya tenaga medis yang belum berani kembali ke Wamena.

Sementara itu, perwakilan Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) melaporkan, sudah memberikan bantuan 300 paket sembako pada warga terdampak.

Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (KPPPA), juga turut memberikan layanan psikososial pada 100 pelajar yang terdiri dari 50 pelajar SMP dan 50 pelajar SMA. KPPPA juga melakukan sosialisasi digital agar anak-anak dapat lebih bijak menyaring informasi dan menjauhi hoax.

Dari laporan dan paparan yang disampaikan perwakilan kementerian dan lembaga yang hadir, Dody berharap, Papua dapat kembali bangkit dan damai, serta semua yang dilakukan Pemerintah bagi penanganan pasca konflik Papua dan Papua Barat tidak sia-sia dan dapat bermanfaat bagi masyarakat. (*)

 Sumber : Kemenko PMK /  Editor : Milna

Akses harianhaluan.com Via Mobile m.harianhaluan.com

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]m
APP HARIANHALUAN.COM