Obat Malaria Bisa Bantu Atasi Virus Corona, Ini Penjelasannya...


Jumat, 28 Februari 2020 - 14:39:03 WIB
Obat Malaria Bisa Bantu Atasi Virus Corona, Ini Penjelasannya... Ilustrasi

JAKARTA, HARIANHALUAN.COM - Harapan akan kesembuhan infeksi virus corona atau Covid-19 tampaknya menemukan titik terang. China mengabarkan bahwa senyawa yang biasa digunakan untuk mengobati malaria bisa membantu mengatasi infeksi corona.

Kepala deputi China National Center for Biotechnology Development, Sun Yanrong mengatakan, chloroquine phosphate-bahan dalam obat malaria-dipilih setelah proses skrining terhadap ribuan pilihan obat yang ada. Mengutip Clinical Trials Arena, media lokal setempat menyebut, obat ini telah melalui uji klinis di lebih dari 10 rumah sakit di China.

Bukan tanpa alasan obat malaria bisa digunakan untuk mengatasi infeksi Covid-19. Chloriquine phospate diketahui memiliki efek antivirus, sehingga bisa digunakan untuk pengobatan infeksi Covid-19.


"Jadi, zat chloroquine phosphate punya antimalaria sekaligus memiliki aktivitas antivirus. Obat itu juga dipelajari untuk pengobatan HIV," ujar ahli mikrobiologi dari Pusat Penelitian Biologi Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI), Sugiyono Saputra, menukil Antara.

Meski demikian, Sugiyono melanjutkan, belum diketahui virus apa saja yang dapat diatasi oleh chloroquine phosphate.

"Secara general bisa dianalogikan memang bisa digunakan [untuk infeksi corona]. Karena dari penelitian sebelumnya, zat itu bisa digunakan untuk anti-HIV, di mana HIV disebabkan virus RNA, sama seperti corona," imbuh Sugiyono menjelaskan.

Virus RNA terbentuk dari materi genetik RNA (asam ribonukleat). Beberapa penyakit yang disebabkan oleh virus sejenis di antaranya Ebola, SARS, rabies, hepatitis C, HIV/AIDS, dan infeksi Covid-19.

Hingga saat ini, tercatat lebih dari 80 ribu orang di dunia terinfeksi virus corona dan 2.800 pasien meninggal akibatnya.(*)

 Sumber : cnnindonesia /  Editor : NOVA

Akses harianhaluan.com Via Mobile m.harianhaluan.com

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
  • Rabu, 01 April 2020 - 22:30:23 WIB

    Unair Klaim Temukan Obat Corona, Lebih Kuat dari Avagin

    Unair Klaim Temukan Obat Corona, Lebih Kuat dari Avagin JAKARTA, HARIANHALUAN.COM -- Para peneliti Universitas Airlangga (Unair) Surabaya mengaku telah menemukan 5 jenis senyawa yang diklaim bisa menjadi obat virus corona Covid-19..
  • Jumat, 27 Maret 2020 - 06:21:21 WIB

    Jamu, Obat Kuat Tenaga Medis Semarang Hadapi Korona

    Jamu, Obat Kuat Tenaga Medis Semarang Hadapi Korona SEMARANG, HARIANHALUAN.COM - Para tenaga medis di Kota Semarang mulai Rabu (26/3) hari ini, mendapatkan bantuan jamu dari Pemerintah Kota. Jamu yang terdiri atas campuran rempah seperti jahe, temulawak, kunyit, sereh, kayu ma.
  • Ahad, 22 Maret 2020 - 21:42:12 WIB

    Obat Corona Tak Dibenarkan Diminum untuk Pencegahan!

    Obat Corona Tak Dibenarkan Diminum untuk Pencegahan! JAKARTA, HARIANHALUAN.COM -- Juru bicara untuk Satuan Tugas Penanganan Virus Corona, Achmad Yurianto, mengimbau masyarakat untuk tidak menyimpan dan mengkonsumsi obat yang dinilai bisa menyembuhkan corona atau covid-19..
  • Ahad, 22 Maret 2020 - 19:56:40 WIB

    Tiga Obat Ini Disebut Berpotensi Ampuh Atasi Corona

    Tiga Obat Ini Disebut Berpotensi Ampuh Atasi Corona JAKARTA, HARIANHALUAN.COM -- Hingga sekarang, para ilmuwan di seluruh dunia bekerja keras untuk mengembangkan tes, perawatan, dan vaksin untuk memerangi penyakit dari virus corona atau covid-19 yang kian menjadi pandemi globa.
  • Kamis, 19 Maret 2020 - 12:52:18 WIB

    Peringatan WHO, Penderita Gejala Corona Jangan Diberi Obat Ibuprofen

    Peringatan WHO, Penderita Gejala Corona Jangan  Diberi Obat Ibuprofen HEATLH,HARIANHALUAN.COM-Badan Kesehatan  Dunia  WHO telah mengeluarkan rekomendasi bagi penderita gejala infeksi virus corona (Covid-19) untuk tak mengonsumsi  asupan  ibuprof.
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]
APP HARIANHALUAN.COM