Menelisik Perjalanan PNP, Dari Binaan Unand Kini Jadi Politeknik Terbaik di Luar Jawa


Jumat, 28 Februari 2020 - 19:21:03 WIB
Menelisik Perjalanan PNP, Dari Binaan Unand Kini Jadi Politeknik Terbaik di Luar Jawa Direktur PNP, Surfa Yondri (kiri) saat MoU sama Ming Chi University Taiwan, beberapa waktu lalu. Foto/Humas PNP

PADANG, HARIANHALUAN.COM -- Sejak Politeknik Negeri Padang (PNP) berdiri dari tahun 1987, pendidikan vokasi ini masih berada dalam naungan Universitas Andalas (Unand) Padang. Namun pada tahun 2014, PNP resmi lepas dari pembinanya. Walhasil, kini antara Unand dengan Politeknik ini merupakan dua perguruan tinggi yang berbeda.

Wakil Direktur 3 Bidang Kemahasiswaan PNP, Junaldi menceritakan, Politeknik Negeri Padang berdiri sejak tahun 1987, awalnya bernama Politeknik Engineering Universitas Andalas. Kemudian pada tahun 1996 berubah nama menjadi Politeknik Teknologi Universitas Andalas.

"Awalnya ada tiga jurusan, yakni elektro, mesin dan sipil. Kemudian tahun 1998 kita berkembang ada jurusan akutansi, bahasa inggris, administrasi bisnis dan jurusan pariwisata," jelas Junaldi.

Tahun 2014, kata Junaldi, Politeknik memisahkan diri dari Universitas Andalas. Sehingga kembali berganti nama menjadi Politeknik Negeri Padang. Tak hanya Politeknik Negeri Padang, kata dia, ditahun yang sama seluruh Politeknik yang ada di Indonesia mandiri dari induknya.

Artinya, antara Politeknik Negeri Padang dengan Universitas Negeri Padang ikatannya sangat dekat, namun yang membina PNP adalah Unand. Seperti Politeknik Jakarta binaan Universitas Indonesia, Politeknik Bandung binaan dari ITB, Politeknik Universitas Hasanuddin binaan Universitas Hasanuddin.

"Jadi semuanya itu tahun 2014 lepas dari induknya. Maka alhamdulillah sampai saat ini Politeknik Negeri Padang tetap eksis," tukasnya.

Sementara itu, Direktur PNP, Surfa Yondri mengatakan, pada tahun 2019 Politeknik Negeri Padang telah mendapatkan apresiasi yang sangat banyak dari stakeholder. Di antaranya, peringkat 8 Besar Perguruan Tinggi Vokasi terbaik di Indonesia, Peringkat 6 Besar Perguruan Tinggi Vokasi Terbaik di Bidang Kemahasiswaan, Pengelola Keuangan Terbaik, Pengelolan Informasi Publik yang Baik.
 
Namun tantangan ke depan yang sangat besar, kata Surfa Yondri, mengharuskan Politeknik Negeri Padang terus berbenah diri. Pengembangan tata kelola yang memenuhi standar, peningkatan kompetensi pendidik dan tenaga pendidik, peningkatan infrastruktur pendidikan dan layanan pendidikan yang berbasis sistem informasi.

"Serta, peningkatan kerjasama dengan dunia industri menjadi prioritas pengembangan yang sedang dan akan terus kita laksanakan. Kita juga mendorong dosen Politeknik Negeri Padang untuk memiliki sertifikat keahlian yang dihasilkan oleh asosiasi profesi, agar mendapat pengakuan dari dunia industri," terangnya dikutip dari laman resmi PNP. (*)

 Editor : Milna

Akses harianhaluan.com Via Mobile m.harianhaluan.com

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]
APP HARIANHALUAN.COM