Jalan Strategis Nasional Tak Lagi Dipelihara


Jumat, 28 Februari 2020 - 19:40:50 WIB
Jalan Strategis Nasional Tak Lagi Dipelihara Jalan strategis nasional di Gurun, Kecamatan Harau, limapuluh kota, tersia-sia. Jalan tersebut ditimbun tanah longsor sepanjang 50, tampaknya tak ada yang bertanggung jawab. Foto/Zulkifli

LIMAPULUH KOTA, HARIANHALUAN.COM -- Jalan strategis nasional ruas Tanjung Pati-Koto Tinggi Landai, Kecamatan Harau, Kabupaten Limapuluh Kota, tak lagi dipelihara. Kondisinya saat ini kian memprihatinkan. Sepertinya, pihak Satker Peningkatan Jalan Nasional (PJN) Wilayah 1 Sumatera Barat, kurang peduli terhadap kondisi jalan tersebut saat ini.

Buktinya, jalan yang berlokasi di Nagari Gurun itu, kondisinya persis tertimbun tanah longsor sepanjang 50 meter dengan ketinggian 15 hingga 20 meter. Dimana tanah bukit dekat pinggir jalan runtuh dan menimbun badan jalan. Sehingga hanya menyisakan satu mobil untuk lewat. Padahal lebar jalan strategis nasional itu sekitar 7 meter.

Pantauan wartawan ke lokasi jalan longsor, Jumat (28/2/2020) menyaksikan longsoran tanah yang menimbun jalan tersebut, tidak ada petugas yang membersihkan jalan yang tertimbun tanah. Baik pihak Dinas PU/PR maupun BPBD. Kemungkinan longsoran itu telah berlangsung lama, karena diatas tanah longsor ditumbuhi rumput baru.

Sampai Jumat sore belum ada pihak yang bertanggung jawab untuk mengurus jalan tersebut. Pihak walinagari Gurun, belum bisa dihubungi karena jam dinas kantor sudah habis. Begitu juga Kadis PU/PR Limapuluh Kota, Yunire Yunirman juga belum bisa dihubungi untuk konfirmasi.

Bila kondisi jalan strategis nasional yang ada di Gurun dibiarkan, dikhawatirkan longsoran tanah bakal bertambah.

Kalau kondisi jalan tak diperbaiki atau tidak cepat ditanggulangi instansi terkait, akan berdampak buruk pada jalan yang beraspal hotmix itu. Jalan tersebut terancam tertimbun seluruhnya jika hujan lebat turun lagi di kawasan itu.

Pemerhati Lingkungan Luak Limopuluah, Syawaluddin Ayub, ketika diminta komentarnya, mengharapkan, jalan alternatif itu kondisinya rawan ruboh. Diharapkannya instansi yang bertanggungjawab memperbaikinya, supaya keberadaan jalan tidak terkesan mubazir. Lagipula pinggiran jalan sebelahnya berada di pnggir jurang.

"Jika tebing jalan yang tersisa longsor, maka tak ada lagi penahan jalan tersebut, dikawatirkan jalan ikut masuk jurang," ulasnya.

Dikatakan, seharusnya instansi terkait segera menanggapi kondisi jalan yang seperti itu, sebab biaya yang akan dikeluarkan untuk perbaikannya akan semakin besar, kalau dibiarkan jalan itu sampai tertimbun semuanya dan timbunan jalan roboh pula masuk jurang.

“Bila jalan hotmix itu ditanggulangi sekarang, diharapkan dapat diselamatkan dari keruntuhannya yang lebih vatal. Biasanya, kalau jalan terancam ambruk sebelum waktunya, diduga perencanaan kurang matang,” sebutnya.

Syawaludin Ayub, yang dihubungi terpisah, Ia kawatir dengan keberadaan jalan, kemungkinan tidak diprediksi terlebih dahulu tanah yang akan menimbun jalan yang akan ambruk, akhirnya membawa dampak buruk terhadap jalan yang akan menjadi mubazir.

“Kita prihatin bila kondisi jalan yang rawanlongsor itu, sampai kini tidak ditanggapi oleh pihak PJN Sumbar, maka dana miliaran rupiah untuk membangun jalan tembus ke Koto Tinggi dan Landai tersebut, akan menjadi sia-sia. Sementara, untuk menyelamatkan jalan itu, diperlukan perbaikan tebing jalan dengan segera,” ujarnya.

Sementara warga yang ditemui di jalan tersebut, sebelumnya warga Gurun sangat mengimpikan akan akses jalan sebagai penghubung antar jorong di nagari mereka. Namun pembangunan jalan sudah dihentikan sejak beberapatahun lalu., sehingga saat ini jalan menjadi terbengkalai.

Terutama akses penghubung dari Jorong Landai-Harau hingga ke Sungaidata, untuk pengembangan wilayah dan mempermudah akses perkebunan.

“Kami mohon, kepada pemerintah daerah, maupun pemerintah propinsi dan pusat untuk memperbaiki jalan yang ditimbun tanah, jelas warga yang enggan ditulis jatidirinya. (*)

Reporter : Zulkifli /  Editor : Milna

Akses harianhaluan.com Via Mobile m.harianhaluan.com

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]
APP HARIANHALUAN.COM