Kreatif! Warganet ini Pakai Pintu Air Sederhana Cegah Banjir Masuk Rumah


Jumat, 28 Februari 2020 - 21:25:30 WIB
Kreatif! Warganet ini Pakai Pintu Air Sederhana Cegah Banjir Masuk Rumah Pintu air sederhana mampu menahan air banjir masuk ke dalam rumah. (Twitter/@dinidini).

JAKARTA, HARIANHALUAN.COM - Seorang pengguna Twitter @dinidini membagikan solusi sederhana mencegah banjir masuk ke dalam rumah. Ia menggunakan peralatan sederhana yang telah efektif menyelamatkan rumahnya dari banjir sejak 2007.

Andini Wijendaru mengaku bahwa pintu air tersebut merupakan peninggalan dari almarhum ayahnya. 

Baca Juga : Ditemukan Tas Mencurigakan di Halaman Gedung DPRD Kota Kediri

"Sebenarnya pintu air ini peninggalan almarhum ayah saya. Beliau dulu terinspirasi pintu air sungai, lalu membuatnya di tukang teralis besi," ujarnya dilansir dari Suara.com, Jumat (28/2/2020).

Teknologi pintu air sederhana ini terbuat dari plat besi yang dipasang di depan pintu pagar rumah. Agar air tidak merembes, bagian tepi plat besi tersebut dilapisi karet ban.Papan tersebut kemudian dipasang menggunakan slot rel track yang dipasang secara permanen di bagian luar pagar atau pintu rumah.

Baca Juga : Sore Ini, Kemenag Gelar Sidang Isbat Awal Ramadan 1442 H

Dalam cuitannya, Andini mengaku menggunakan pintu air ini karena lingkungan rumahnya sering diterjang banjir. Banjir yang dialami merupakan efek dari permasalahan drainase. Ia mengatakan bahwa banyak tempat peresapan air  yang dibeton untuk dijadikan garasi.

"Sudah beberapa kali mengajukan upaya pengentasan banjir ini ke Pemkot Bekasi lewat program Musrenbang (Musyawarah Perencanaan Pembangunan) tahunan, tapi sepertinya bukan prioritas. Mungkin karena yang terdampak sedikit. Jadi yo wis, atasi sendiri pakai pintu air. Stay safe!" tambahnya. (h/*)

Baca Juga : Antisipasi Gelombang ke-3 Covid-19, BLT dan Bansos Harus Disiapkan

Editor : Heldi | Sumber : suara.com
Logo Bawah
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing, Jalan Hamka Padang, Sumbar
Email: [email protected]