Masker Langka di Padang, Dinkes: Kewaspadaan Masyarakat Terhadap Corona Meningkat..!


Jumat, 28 Februari 2020 - 21:42:19 WIB
Masker Langka di Padang, Dinkes: Kewaspadaan Masyarakat Terhadap Corona Meningkat..! Ilustrasi

PADANG, HARIANHALUAN.COM - Menyikapi kelangkaan jumlah masker yang dijual di sejumlah apotek di Kota Padang, Kepala Dinas Kesehatan Kota Padang, Feri Mulyani Hamid mengatakan hal tersebut disebabkan oleh kewaspadaan masyarakat akan virus corona sehingga menyebabkan daya beli masyarakat menjadi meningkat.

"Ketersediaan masker di e-katalog secara nasional juga sedang kosong, hal tersebut terkait adanya kewaspadaan masyarakat terhadap virus corona sehingga daya beli masker meningkat," ungkap Feri yang dihubungi Haluan, Jumat (28/2).

Padahal menurut Feri, kondisi di Sumbar masih aman sehingga yang disarankan untuk menggunakan masker adalah orang sakit.

"Masker itu kan bagian dari bahan medis yang habis pakai, kita menyarankan penggunaan masker bagi pasien atau orang sakit seperti batuk, dan sebagainya. Sementara kondisi di tempat kita kan masih aman," jelasnya.

Lebih lanjut Feri juga menanggapi mengenai harga masker yang meningkat dari Rp25.000-Rp30.000/kotak, hingga sekarang seharga Rp150.000 /kotak di sejumlah apotek di Kota Padang.

"Kalau penjual di apotek kan memakai prinsip ekonomi, ketika permintaan naik dan stok barang jumlahnya terbatas, tentu mempengaruhi harga. Sejauh ini yang bisa kita sarankan adalah penggunaan masker oleh pasien/orang sakit, kalau sehat-sehat saja tidak perlu pakai masker. Karena masyarakat yang membeli masker untuk perlindungan yang membuat ketersediaan masker jadi langka," katanya menutup. (h/mg-yes)

Reporter : Yesi /  Editor : Heldi

Akses harianhaluan.com Via Mobile m.harianhaluan.com

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]
APP HARIANHALUAN.COM