Beli HP Di Luar Negeri, Ini Ketentuan yang Harus Dipatuhi


Jumat, 28 Februari 2020 - 21:59:35 WIB
Beli HP Di Luar Negeri, Ini Ketentuan yang Harus Dipatuhi Ilustrasi

JAKARTA, HARIANHALUAN.COM — Kendati pemerintah memberlakukan pemblokiran ponsel ilegal di dalam negeri melalui pendataan IMEI, masyarakat tetap dapat membeli ponsel dari luar negeri.

Namun demikian, Direktur Jenderal Bea dan Cukai Kementerian Keuangan Heru Pambudi mengatakan terdapat sejumlah ketentuan yang harus diikuti oleh masyarakat Indonesia yang membeli ponsel dari luar negeri.

Menurutnya, salah satu ketentuan yang harus diikuti adalah membayar bea masuk atas ponsel dengan harga di atas US$500 atau setara dengan Rp7 juta.

Ketentuan lain yang harus diikuti adalah mendaftarkan International Mobile Equipment Identity (IMEI) ponsel yang dibeli dari luar negeri. Dalam hal ini konsumen harus mendaftarkan IMEI gawainya ke dalam sistem pendeteksi bernama Sistem Basis Data IMEI Nasional (Sibina). Proses pendaftaran itu dapat dilakukan di laman resmi Kementerian Perindustrian

Dia mengatakan kebijakan itu merupakan langkah pemerintah untuk mendeteksi masuknya ponsel ilegal ke dalam negeri.

“Jadi yang pertama dilakukan pemerintah adalah menyiapkan sarana yang dibutuhkan sehingga proses pendeteksian ponsel ilegal dan bea masuk ini mudah dilakukan.,” katanya, Jumat (28/2/2020).

Dengan demikian, lanjutnya, apabila masyarakat yang membeli gawai di luar negeri dan tidak membayar pajak, otomatis gawai tersebut tidak dapat diaktifkan di dalam negeri.

Sebagai informasi tambahan ketentuan ekspor dan impor tertuang dalam PMK 203 Tahun 2017 tentang Ketentuan Ekspor dan Impor Barang yang Dibawa oleh Penumpang dan Awak Sarana Pengangkut.

Dalam Pasal 12 beleid tersebut menyatakan, nilai pabean barang pribadi yang bebas bea masuk adalah yang tidak lebih dari US$ 500 (Rp7 juta). (h/*)

 Sumber : bisnis.com /  Editor : Heldi

Akses harianhaluan.com Via Mobile m.harianhaluan.com

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
  • Rabu, 25 Maret 2020 - 17:22:55 WIB

    Acer Nitro 7 Laptop Gaming dengan Harga Terjangkau, Tertarik Membelinya?

    Acer Nitro 7 Laptop Gaming dengan Harga Terjangkau, Tertarik Membelinya? JAKARTA, HARIANHALUAN.COM -- Laptop gaming Acer Nitro 7 bisa dibilang ideal banget buat gamer kasual atau eSport gaming secara online..
  • Sabtu, 22 Februari 2020 - 13:48:03 WIB

    Canon EOS-1D X Mark III Dijual Rp110 Juta, Sanggup Beli?

    Canon EOS-1D X Mark III Dijual Rp110 Juta, Sanggup Beli? JAKARTA, HARIANHALUAN.COM -- Datascrip meluncurkan Canon EOS-1D X Mark III yang dilego seharga DP (down payment/uang muka) rumah seharga Rp110 juta. Dengan harga tersebut, pengguna hanya mendapat bodi kamera tanpa lensa..
  • Selasa, 28 Januari 2020 - 10:12:01 WIB

    Menhub Beli 100 Mobil Listrik untuk Kendaraan Dinas

    Menhub Beli 100 Mobil Listrik untuk Kendaraan Dinas JAKARTA, HARIANHALUAN.COM -- Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi mengapresiasi langkah Grab Indonesia yang turut mendukung mewujudkan tranportasi ramah lingkungan dengan menggunakan kendaraan elektrik untuk armadanya. Grab .
  • Ahad, 22 Desember 2019 - 19:20:46 WIB

    Telkomsel Hadirkan Aplikasi E-SIHAT BELITUNG untuk Tekan Angka Stunting

    Telkomsel Hadirkan Aplikasi E-SIHAT BELITUNG untuk Tekan Angka Stunting BELITUNG, HARIANHALUAN.COM -- Menurut data Riset Kesehatan Dasar (Riskesdas) tahun 2018 yang dirilis oleh Kementerian Kesehatan, Indonesia merupakan salah satu negara yang memiliki angka kasus stunting pada anak yang tinggi,.
  • Sabtu, 19 Oktober 2019 - 08:39:16 WIB

    Beli HP di Luar Negeri dan Jastip Dibatasi 2 Ponsel

    Beli HP di Luar Negeri dan Jastip Dibatasi 2 Ponsel JAKARTA, HARIANHALUAN.COM - Direktur Jenderal Bea dan Cukai Kementerian Keuangan menyebut pembelian handphone (hp) dari luar negeri baik beli sendiri maupun melalui jasa menitip pembelian atau 'jastip' dibatasi hanya untuk du.
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]
APP HARIANHALUAN.COM