Ditemukan! Tambang Emas dan Batu Bara Milik Tersangka Kasus Jiwasraya


Sabtu, 29 Februari 2020 - 07:45:30 WIB
Ditemukan! Tambang Emas dan Batu Bara Milik Tersangka Kasus Jiwasraya Kejaksaan Agung RI

JAKARTA, HARIANHALUAN.COM -- Kejaksaan Agung menemukan tambang emas dan batu bara di salah satu daerah. Aset tersebut diduga milik salah satu tersangka terkait kasus dugaan korupsi PT Asuransi Jiwasraya (persero), Heru Hidayat. 

“Kalau batu bara kan ada di Sendawar, Kalimantan Timur, Kutai Barat. Kalau emas ada di Lampung,” kata Direktur Penyidikan Jaksa Agung Muda Tindak Pidana Khusus Kejaksaan Agung Febri Adriansyah di Kejaksaan Agung, Jakarta Selatan, Jumat (28/2).

Hasil temuan oleh Kejaksaan Agung tersebut, pihaknya langsung melakukan koordinasi atau konsultasi dengan Kementerian Badan Usaha Milik Negara (BUMN). “Nah ini yang kami konsultasikan ke Kementerian BUMN supaya kita menginginkan ini jangan sampi juga stuck operasionalnya yang sudah ada operasional,” ujarnya.

Lalu terkait tambang emas yang berada di Lampung sendiri, ia menyebut, belum adanya kegiatan atau operasional di tambang emas tersebut. “Sekarang sedang dikoordinasikan antara penyidik ke Kementerian BUMN. Tentang itu, karena kondisinya belum operasional. Dan ada kepemilikan juga orang lain disitu, sedang diselesaikan penyidik,” sebutnya.

Sebelumnya, Direktur Penyidikan Jaksa Agung Muda Tindak Pidana Khusus Kejaksaan Agung Febri Adriansyah mengatakan, pihaknya melakukan permohonan kepada Otoritas Jasa Keungan (OJK) untuk membuka pemblokiran Single Investor Identification (SID). Permohonan dilakukan terhadap 25 SID.

“Sekarang dari 235 SID yang diblokir ada 88 yang datang konfirmasi dan datang diperiksa oleh penyidik. Dari 88 itu sudah 25 yang dibuka kita mohonkan ke OJK,” kata Febri di Kejaksaan Agung, Jakarta Selatan, Jumat (28/2).

Ia menjelaskan, alasan 25 SID itu dibuka karena adanya kesamaan nama dan sudah diteliti ulang. Karena, 25 SID itu mempunyai kemiripan nama atau ejaan saat sistem melakukan pemblokiran.

“Yang kedua alasannya memang yang kita pahami tidak termasuk dalam grup afiliasi mereka, kita buka diantara 25 itu. Yang ketiga telah kita periksa tidak kita temukan niat jahatnya untuk melakukan goreng menggoreng saham ini, sehingga Jiwasraya ini mengalami kerugian,” jelasnya. (*)

 Sumber : Haluan Riau /  Editor : Agoes Embun

Akses harianhaluan.com Via Mobile m.harianhaluan.com

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]
APP HARIANHALUAN.COM