Menag Minta Tokoh Agama Tahan Diri Soal Konflik Hindu-Muslim


Sabtu, 29 Februari 2020 - 08:14:12 WIB
Menag Minta Tokoh Agama Tahan Diri Soal Konflik Hindu-Muslim Menag Fachrul Razi

JAKARTA, HARIANHALUAN.COM -- Menteri Agama Fachrul Razi meminta agar suruh tokoh dan umat beragama di Indonesia untuk menahan diri dan tak bersikap emosional menyikapi insiden bentrok antara umat Hindu dan Muslim di India beberapa hari terakhir.

"Kepada semua tokoh dan umat beragama, baik di India maupun di Indonesia, Menag berpesan untuk menahan diri dan tidak terpancing melakukan tindakan emosional," kata Fachrul dalam keterangan resminya, Jumat (28/2).

Lebih lanjut, Fachrul prihatin dan mengecam keras peristiwa kekerasan atas nama agama di India tersebut. Ia pun berharap agar seluruh umat beragama di Indonesia mengambil pelajaran dari konflik di India. Hal itu bertujuan agar semua tindak kekerasan atas nama agama tak terjadi di Indonesia.

"Mari kita kedepankan kehidupan beragama yang damai, rukun, toleran, bersama dalam keragaman," kata dia.

Selain itu, Fachrul meyakini tindakan kekerasan oleh sekelompok umat Hindu di India dipastikan tidak menggambarkan ajaran agama Hindu sendiri. Ia menduga hal itu dilakukan karena adanya pemahaman ekstrem sebagian umat Hindu atas ajaran agamanya. Menurutnya, ajaran agama manapun tak membenarkan pengikutnya untuk bertindak menggunakan kekerasan. 

Ia menyatakan semua agama pasti mengajarkan nilai-nilai kemanusiaan dalam kehidupan. "Tindakan kekerasan itu sangat tidak berperikemanusiaan dan bertentangan dengan nilai-nilai agama," kata dia.

UU Kewarganegaraan di India menjadi kontroversial karena mengizinkan pemerintah setempat memberi status kewarganegaraan terhadap imigran yang menerima persekusi di negara asalnya seperti Bangladesh, Pakistan, dan Afghanistan. Akan tetapi, status kewarganegaraan itu hanya diberikan kepada imigran pemeluk agama Hindu, Kristen dan agama minoritas lainnya selain Islam.

Akibat kontroversi tersebut, konflik meletus di pinggiran New Delhi karena UU itu dianggap mendiskriminasi umat Islam. Tercatat sebanyak 27 orang dilaporkan meninggal dunia dan lebih dari 200 orang terluka. (*)

 Sumber : CNN Indonesia /  Editor : Agoes Embun

Akses harianhaluan.com Via Mobile m.harianhaluan.com

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
  • Rabu, 11 Maret 2020 - 08:21:02 WIB

    Arab Saudi Larang Umrah, Kemenag Tutup Sementara Pendaftaran

    Arab Saudi Larang Umrah, Kemenag Tutup Sementara Pendaftaran JAKARTA, HARIANHALUAN.COM -  Kementerian Agama akan menutup sementara layanan pendaftaran umrah dalam aplikasi Sistem Komputerisasi Pengelolaan Terpadu Umrah dan Haji Khusus (Siskopatuh) mulai besok atau Kamis, 12 Maret 2020.
  • Rabu, 29 Mei 2019 - 22:54:57 WIB

    Menag Disebut Terima Rp70 Juta dalam Kasus Jual Beli Jabatan

    Menag Disebut Terima Rp70 Juta dalam Kasus Jual Beli Jabatan JAKARTA, HARIANHALUAN.COM - Menteri Agama (Menag) Lukman Hakim Saifuddin disebut kecipratan uang suap sebesar Rp70? juta dari Kepala Kantor Wilayah (Kakanwil) Kemenag Jawa Timur, Haris Hasanuddin..
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]
APP HARIANHALUAN.COM