Gletser Antartika Meleleh, Ternyata Ada Pulau Tersembunyi!


Sabtu, 29 Februari 2020 - 10:17:29 WIB
Gletser Antartika Meleleh, Ternyata Ada Pulau Tersembunyi! Gletser Antartika mencair dan ditemukan pulau tersembunyi yang terbungkus es. Foto: Kementerian Riset Ukraina

JAKARTA, HARIANHALUAN.COM - Rekor temperatur tinggi di Antartika membuat gletser meleleh dengan luas yang mencengangkan. Di balik kekhawatiran soal itu, tenyata tersibak fakta baru tentang temuan pulau rahasia yang 'terbungkus' gletser.
Ilmuwan kutub dari proyek Thwaites Offshore Research (THOR) menemukan pulau ini ketika mereka melewati Pine Island Bay. Pulau ini pun dinamakan Sif, yang merupakan istri dari dewa ksatria Thor.

Kartografer dari British Antarctic Survey memperkirakan pulau ini terbentuk dari granit dan memiliki luas sekitar 634.400 kaki atau sekitar 192 km yang mana luasnya hampir sama dengan Windsor Castle kediaman resmi Kerajaan Britania Raya di Windsor, Berkshire, Inggris.

"Setelah menjadi pengunjung pertama, kami sekarang dapat mengonfirmasi bahwa Pulau Sif terbuat dari granit dan ditutupi oleh sisa es, dan beberapa lapisan," kata Julia Smith Wellner dari tim ekspedisi THOR seperti dikutip dari Daily Mail.

Sementara itu ilmuwan iklim Peter Neff mengamati gambar terbaru dan data satelit soal temuan ini. Menurutnya sebenarnya pulau Sif sudah mulai terkuak sejak 2010. Kemudian THOR terus mempelajari hal ini.

Dilansir dari Cnet, beberapa waktu lalu badan meteorologi Argentina (SMN) telah melaporkan suhu di Antartika mencapai angka 18,3 derajat Celcius. Data ini diambil di pusat riset Esperanza di ujung utara Antartika pada 6 Februari lalu yang mana tercatat sebagai suhu tertinggi Antartika sejak pertama kali dicatat pada 1961. Rekor sebelumnya adalah 17,5 derajat Celcius yang dicatat pada Maret 2015. (h/*)

loading...
 Sumber : detikNews /  Editor : Heldi

Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA

KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing, Jalan Hamka Padang, Sumbar
Email: [email protected]