Mobil dan Motor Akan Kena Cukai, Segini Usulan Biayanya


Sabtu, 29 Februari 2020 - 10:45:23 WIB
Mobil dan Motor Akan Kena Cukai, Segini Usulan Biayanya Ilustrasi

JAKARTA, HARIANHALUAN.COM - Menteri Keuangan Sri Mulyani melempar wacana cukai atas emisi kendaraan bermotor kepada Komisi XI Dewan Perwakilan Rakyat (DPR). Berapa besarnya?

Usulan tersebut disampaikan Sri Mulyani pekan lalu. Dia menjelaskan, yang wajib membayar cukai emisi karbon adalah pabrikan dan importir. Adapun pembayaran dilakukan secara berkala setiap bulan. Pembayarannya saat produk keluar dari pabrik atau pelabuhan untuk diekspor.

Komisi Penghapusan Bensin Bertimbal (KPBB) menyambut wacana tersebut dan menawarkan nilai cukai kendaraan bermotor.

Sebelum menetapkan besaran cukai itu, KPBB menetapkan standar emisi di angka 118 gram CO2 per kilometer. Setiap kendaraan yang melebihi standar tersebut akan terkena cukai tergantung berapa banyak lebihnya.

"Setiap kendaraan yang memiliki karbon lebih tinggi dari yang ditetapkan harus membayar cukai sesuai tarif," jelas Direktur Eksekutif KPBB, Ahmad Safrudin saat ditemui di Sarinah, Jakarta Pusat.

Lebih lanjut, setiap satu gram/km karbon yang dihasilkan harus membayar sebanyak Rp 2.250.000. Tarif tersebut didapat KPBB dari riset beberapa negara.

"Satu gram karbon ada nilainya. Dari informasi riset di berbagai negara sekitar Rp 2.250.000 per gram. Jadi kalau mobil menghasilkan 180 gram CO2 ya dikali 62 itu jadi Rp 117.000.000 yang harus dibayar," jelasnya.

Disarankan Ahmad, cukai itu juga dialokasikan langsung pada kendaraan listrik. Cara hitungnya, jika semakin rendah emisi dari standar maka akan mendapatkan insentif tunai yang disalurkan dari pembayaran cukai.

"Bedanya ini (mobil bensin) melampaui di atas standar menjadi hukuman, (sebaliknya) ini sebagai reward menjadi insentif tunai (pembelian mobil bertenaga listrik)," tutupnya.

Tidak semua kendaraan akan dikenai cukai. Ada pengecualian terhadap pengenaan cukai mobil, yakni kendaraan listrik, kendaraan umum, pemerintah, kepemilikan khusus seperti damkar, ambulans, serta kendaraan untuk diekspor.(*)

 Sumber : detik.com /  Editor : NOVA

Akses harianhaluan.com Via Mobile m.harianhaluan.com

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
  • Senin, 06 April 2020 - 08:26:26 WIB

    Imbas Corona, Mulai Hari Ini Wuling Indonesia Setop Produksi Mobil

    Imbas Corona, Mulai Hari Ini Wuling Indonesia Setop Produksi Mobil JAKARTA, HARIANHALUAN.COM - Pabrik mobil Indonesia yang terdampak wabah corona (Covid-19) bertambah. Setelah Suzuki dan Honda mobil, kini Wuling Indonesia yang mengambil keputusan untuk menghentikan produksi mobil sementara p.
  • Jumat, 03 April 2020 - 11:18:11 WIB

    5 Cairan Ini Bisa Merusak Cat Mobil

    5 Cairan Ini Bisa Merusak Cat Mobil JAKARTA, HARIANHALUAN.COM -- Dengan adanya kebijakan untuk tetap tinggal di rumah selama wabah virus corona, membuat masyarakat memiliki lebih banyak waktu untuk melakukan banyak hal. Salah satunya, merawat kendaraan..
  • Selasa, 31 Maret 2020 - 08:20:33 WIB

    Bukan Pakai Disinfektan, Ini Cara Basmi Virus Corona di Mobil

    Bukan Pakai Disinfektan, Ini Cara Basmi Virus Corona di Mobil JAKARTA, HARIANHALUAN.COM - Menurut WHO, virus Corona (COVID-19) salah satunya menyebar melalui droplet seseorang yang menempel di berbagai benda atau permukaan. Saat seorang yang lain menyentuh benda tersebut, kemungkinan ia.
  • Senin, 30 Maret 2020 - 06:47:46 WIB

    Cara Mengetahui Letak dan Arti Nomor Mesin pada Mobil

    Cara Mengetahui Letak dan Arti Nomor Mesin pada Mobil JAKARTA, HARIANHALUAN.COM -- Setiap kendaraan bermotor yang beredar di pasaran, pastinya dilengkapi dengan syarat administrasi sesuai dengan ketentuan hukum yang berlaku. Salah satunya, yaitu keberadaan nomor mesin..
  • Kamis, 26 Maret 2020 - 15:23:23 WIB

    Gagah Mirip Jip Mercy, Harga Mobil Setara LCGC

    Gagah Mirip Jip Mercy, Harga Mobil Setara LCGC JAKARTA, HARIANHALUAN.COM - Jika dulu orang menyukai mobil jip karena ketangguhannya, kini kendaraan tersebut banyak dibeli karena tampilannya yang gagah. Apalagi, saat ini jip sudah hadir dalam versi modern, yakni sport util.
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]
APP HARIANHALUAN.COM