Diperiksa Setengah Hari Usai Ditetapkan Tersangka

Oknum Dosen Cabul UNP Resmi Jadi Tahanan Polda Sumbar


Sabtu, 29 Februari 2020 - 11:57:59 WIB
Oknum Dosen Cabul UNP Resmi Jadi Tahanan Polda Sumbar FY didampingi pengacaranya saat pemeriksaan di Mapolda Sumbar.

PADANG, HARIANHALUAN.COM -- Masih ingatkah dengan kasus pencabulan yang dilakukan oleh oknum dosen di Universitas Negeri Padang (UNP)? Usai diperiksa oleh tim penyidik Dirreskrimum Polda Sumbar selama setengah hari pada Jumat (28/2) kemarin, dosen muda berinisial FY tersebut resmi menghuni hotel prodeo Mapolda Sumbar.

Kabid Humas Polda Sumbar, Kombes Pol Stefanus Satake Bayu Septianto kepada harianhaluan.com mengatakan, penahanan yang dilakukan terhadap tersangka ini berdasarkan atas pemeriksaan penyidik. Meskipun didampingi pengacaranya saat menghadiri panggilan, FY tetap digelandang ke sel tahanan. 

"Dia sudah diamankan ke sel tahanan Mapolda Sumbar. Karena selama pemeriksaan, sudah didapatkan bukti-bukti yang kuat dan mengarah kepadanya (tersangka,red)," jelas Kombes Satake. 

Ditambahkannya, selain itu, alasan lain dilakukan penahanan yakni, guna menghindari aksi penghilangan barang bukti yang dilakukan oleh tersangka. Karena, kasus asusila adalah kasus delik aduan yang hanya dapat diproses apabila diadukan oleh orang yang merasa dirugikan atau telah menjadi korban. 

"Maka dari itu, polisi tidak dapat berinisiatif untuk menindaklanjuti suatu kasus seperti dalam delik biasa, dan dalam delik aduan korban dapat mencabut laporannya jika permasalahan berhasil diselesaikan tanpa menempuh jalur hukum," kata Satake. 

FY sendiri sempat dipanggil sebagai saksi beberapa waktu yang lalu. Dia hadir sehari setelah dipanggil dan menyatakan tidak bersedia memberikan keterangan. Polisi lantas membuat berita acara penolakan kesaksian. Selain itu, Polda Sumbar juga sudah meminta keterangan semua saksi. 

Sebelum jadi tersangka, sudah empat saksi, yakni korban, dua teman korban dan petinggi kampus UNP yang diperiksa. Sebagai tersangka kasus pencabulan, FY dijerat dengan pasal 289 dan pasal 294 KUHPidana dengan ancaman penjara di atas lima tahun.

Sebelumnya, FY dilaporkan oleh mahasiswinya ke Polda Sumbar pada 15 Januari 2020. Mahasiswi ini mengaku dilecehkan secara seksual oleh FY di toilet kampus saat latihan tari pada 10 Desember 2019. Namun, dia baru berani melapor ke kepolisian setelah mengalami trauma. (*)

 Editor : Agoes Embun

Akses harianhaluan.com Via Mobile m.harianhaluan.com

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]
APP HARIANHALUAN.COM