Rispondi: Pasaman Layak Miliki Lapangan Pacu Kuda


Sabtu, 29 Februari 2020 - 17:14:07 WIB
Rispondi: Pasaman Layak Miliki Lapangan Pacu Kuda Penggiat olah raga berkuda, Rispondi, sekaligus pemilik kuda berprestasi King Oil, berfoto bersama dengan hewan tunggangan kesayangannya tersebut. (foto dok HarianHaluan.com)

PASAMAN, HARIANHALUAN.COM - Penggiat olahraga berkuda asal Pasaman, Rispondi, menilai keberadaan lapangan pacu kuda sudah layak dan harus mulai dipikirkan.

     "Daerah Pasaman khususnya kawasan Bonjol Lama memiliki sosok Pahlawan Nasional Tuanku Imam Bonjol yang dikenal sangat mahir mengendarai kuda, fakta sejarah ini bisa dijadikan pemikiran awal dalam membangun semangat memajukan olahraga berkuda di daerah ini," kata dia, di Lubuksikaping, Sabtu (29/02).

     Ia mengungkapkan, semangat itu juga lah yang mengawali dirinya mulai menggemari olahraga yang sudah dikenal dunia sejak berabad silam, hal tersebut dipicu atas rasa ingin memajukan kampung halamannya agar lebih dikenal luas baik lokal, regional dan internasional.

     Karena, lanjutnya, ia memandang pihak pemerintah daerah seolah-olah kebingungan dan mati kreatifitas dalam memajukan dunia pariwisata yang salah satunya bisa dilakukan melalui pelestarian budaya berbasis kearifan lokal masyarakat daerah itu.

     "Selama ini saya melihat kampung kelahiran pahlawan nasional itu bisa diibaratkan kota mati, padahal nama besar Tuanku Imam Bonjol merupakan modal yang sangat baik jika memang ada niatan baik dan luhur dari para pemangku kepentingan di Pasaman," ujarnya.

     Terkait upayanya dalam merintis kegiatan olahraga bergengsi tersebut, Rispondi menjelaskan pada awalnya ia berusaha mencari bibit kuda terbaik untuk dilatih menjadi kuda pacu yang akan mewakili daerah itu dalam perhelatan lomba berkuda di Sumatera Barat.

     "Saya memilih kuda keturunan Australia dan saya beri nama kuda King Oil yang sebelumnya bernama kuda Perwira sesuai akta kelahiran kuda tersebut, setelah kami latih beberapa waktu lamanya kuda tersebut berhasil meraih prestasi pada ajang Sawahlunto Derby 2017 pada penampilan perdananya setelah penantian selama 217 tahun Pasaman tanpa prestasi dalam berkuda, dengan meraih juara III," ungkapnya.

     Pada penampilan berikutnya, lanjut dia, kuda tersebut mampu meraih juara I di Payakumbuh dan selalu dalam posisi 3 besar pada ajang-ajang berikutnya.

     "Itu artinya Pasaman memiliki potensi bakat dan terbukti sudah mampu berprestasi, harusnya pencapaian tersebut juga diikuti oleh upaya pihak terkait untuk berperan serta memajukan olahraga berkuda di Pasaman," tegasnya.

     Ia berharap, pada ajang pilkada serentak 2020 ada pasangan calon yang benar - benar mampu menangkap peluang yang ada demi memajukan kesejahteraan umum dari segala sektor pembangunan dan potensi alam dan manusia yang dimiliki.

     "Kalau pimpinan daerah bisanya cuma gonta ganti pejabat saja, rasanya tidak akan banyak membantu dalam mengembangkan daerah ini karena hilangnya konsistensi dan daya kreasi individu yang menjabat akibat dihantui rasa khawatir tidak terpakai lagi," sebutnya.

     Sementara itu, juru bicara komunitas Relawan Aspirasi Rakyat Pasaman, Dasri Mossad, mengatakan sejauh ini ia bersama rekan penggiat lainnya memang belum melihat adanya geliat menonjol yang mampu memberi rasa kebanggaan dan peningkatan kesejahteraan yang mampu dilahirkan para pemangku kebijakan di Pasaman.

     "Banyak potensi yang tidak terkelola, padahal instrumennya secara diam - diam tetap dijalankan oleh masyarakat daerah ini," katanya.

     Menurutnya, pihak pemerintah daerah selama sekian periode kepemimpinan yang sudah berjalan, masih belum mampu menggali sektor - sektor unggulan meskipun kegiatan tersebut sudah dijalankan oleh masyarakat baik secara pribadi maupun berkelompok.

     "Potensi budidaya ikan air tawar yang tumbuh secara masif di wilayah Kecamatan Gelugur hingga Kecamatan Rao, cukup menjadi bukti bagaimana potensi tersebut yang tadinya bergerak dinamis lalu secara berangsur mulai memudar akibat terlalu banyaknya persoalan yang menghadang pelaku usaha tersebut," sesalnya. (*)

Reporter : Rully Firmansyah /  Editor : Dodi

Akses harianhaluan.com Via Mobile m.harianhaluan.com

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]
APP HARIANHALUAN.COM