Mantap Nih..! Kopi Jawa Barat Go Global


Sabtu, 29 Februari 2020 - 18:22:23 WIB
Mantap Nih..! Kopi Jawa Barat Go Global Gubernur Jawa Barat, Ridwal Kamil saat peresmian kopi Jawa Barat di Melbourne. Foto/Kemenlu

MELBOURNE, HARIANHALUAN.COM -- Kopi Jawa Barat kini hadir di kota Melbourne, sebuah kota yang memiliki sebutan the Capital of Coffee Culture Down Under. Peresmian pembukaan Café Jabarano dilakukan oleh Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil dan Mayor Kota Melbourne The Hon.

Dilansir dari laman resmi Kemenlu, Sabtu (29/2/2020), peresmian pembukaan Café Jabarano oleh kedua tokoh tersebut merupakan bentuk dukungan terhadap penguatan kerja sama ekonomi kedua wilayah. 

Dengan mengambil tema "Menghadirkan Budaya Jawa Barat Melalui Secangkir Kopi" Jawa Barat ingin memperkenalkan budaya dan potensi ekonomi yang dimiliki propinsi tersebut.

Café Jabarano menjual seratus persen kopi yang dihasilkan oleh para petani dari Jawa Barat.  Perluasan pasar kopi ke luar negeri tersebut merupakan salah satu strategi "Inclusive Economy" yang diusung oleh Gubernur Ridwan Kamil dengan melibatkan petani-petani kopi Jawa Barat.

Di akhir upacara peresmian, PT Jabarano Trading International menandatangani Nota Kesepahaman dengan mitranya dari Australia yaitu Gracindo Pty Ltd dan Sentoso Coffee Import  untuk mendorong ekspor kopi Jawa Barat ke Melbourne dan Sydney, Australia sebanyak 500 ton per bulannya

Melbourne menjadi pintu masuk pasar kopi Jawa Barat di Australia. Ke depan, Javarano Café berencana untuk meluaskan sayapnya dengan membuka kedai di Sydney, Perth dan Adelaide serta ke belahan lain di dunia.

Gubernur Ridwan Kamil mengharapkan pembukaan sejumlah kafe di luar negeri yang menjual kopi Jawa Barat akan meningkatkan ekspor kopi Jawa Barat ke berbagai negara.  Gubernur Ridwan Kamil mengungkapkan visinya yang ingin menjadikan kopi Jawa Barat kopi juara di dunia. 

Investasi Jabarano Café di Melbourne merupakan outbound investment Indonesia yang ketiga selama tahun 2020 setelah Citilink dan Garuda Maintenance Facility yang membuka cabangnya di Negara Bagian Victoria. (*)

 Sumber : Kemenlu RI /  Editor : Milna

Akses harianhaluan.com Via Mobile m.harianhaluan.com

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
  • Selasa, 18 Februari 2020 - 12:53:57 WIB

    Mantap..! Indonesia Perluas Pasar Tenaga Kerja ke Selandia Baru

    Mantap..! Indonesia Perluas Pasar Tenaga Kerja ke Selandia Baru JAKARTA, HARIANHALUAN.COM -- Indonesia terus berupaya membuka peningkatan akses pasar ekspor Indonesia ke Selandia Baru untuk akses pasar tenaga kerja dan produk pertanian sehingga hubungan bilateral kedua negara terus mening.
  • Selasa, 11 Februari 2020 - 07:09:21 WIB

    Makin Mantap.. ! Erick Thohir Targetkan Holding BUMN Rumah Sakit Raup Rp10 T

    Makin Mantap.. ! Erick Thohir Targetkan Holding BUMN Rumah Sakit Raup Rp10 T JAKARTA, HARIANHALUAN.COM -- Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Thohir menargetkan pembentukan perusahaan induk (holding) rumah sakit (RS) pelat merah dapat meningkatkan pendapatan ke kisaran Rp8 triliun hingga.
  • Rabu, 08 Januari 2020 - 11:12:01 WIB

    Mantap Betul..! Harga Emas Nyaris Sentuh Rp800 Ribu per Gram

    Mantap Betul..! Harga Emas Nyaris Sentuh Rp800 Ribu per Gram JAKARTA, HARIANHALUAN.COM - Harga jual emas PT Aneka Tambang (Persero) Tbk atau Antam berada di posisi Rp799 ribu per gram pada Rabu (8/1) atau melejit Rp15 ribu dari Rp784 ribu per gram pada Selasa (7/1). Sementara harga pem.
  • Rabu, 01 Januari 2020 - 17:35:49 WIB

    Mantap..! Olah Biji Kopi Reject Bisa Hasilkan Duit Rp 500 Juta

    Mantap..! Olah Biji Kopi Reject Bisa Hasilkan Duit Rp 500 Juta JAKARTA, HARIANHALUAN.COM - Zaman sekarang rasanya tidak lengkap kalau belum menyeruput secangkir kopi, entah di pagi hari, siang maupun malam hari. Mudah menemukan gerai-gerai kopi saat ini, mulai dari mal hingga pinggir jal.
  • Rabu, 06 November 2019 - 10:05:47 WIB

    Mantap! Rupiah Tekuk Dolar AS ke Rp 13.978

    Mantap! Rupiah Tekuk Dolar AS ke Rp 13.978 JAKARTA, HARIANHALUAN.COM - Nilai tukar dolar Amerika Serikat (AS) terhadap rupiah pagi ini berada di level Rp 13.978. Demikian dikutip dari data perdagangan Reuters, Rabu (6/11/2019)..
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]
APP HARIANHALUAN.COM