Hasil Seleksi Cawanag di 16 Nagari Pasaman Diumumkan


Sabtu, 29 Februari 2020 - 23:58:40 WIB
Hasil Seleksi Cawanag di 16 Nagari Pasaman Diumumkan Kepala DPM Pasaman, Hasiholan Hutagalung saat menyerahkan hasil fit and proper test ke Panpel Pilwana dan Panwas Pilwana.

PASAMAN, HARIANHALUAN.COM -- Hasil seleksi fit and propert tes bakal calon Walinagari (Cawanag) di 16 nagari yang akan melaksanakan Pilwana serentak di Kabupaten Pasaman, resmi diumumkan, Sabtu (29/2).

Berdasarkan Perda Nomor 1 tahun 2016 tentang Pilwana, sebagaimana telah diubah dengan Perda Nomor 3 Tahun 2019, calon walinagari yang lebih dari lima harus mengikuti seleksi terlebih dahulu.

Seperti diketahui, dari 24 nagari yang mengikuti Pilwana serentak di Kabupaten Pasaman pada 29 Maret 2020 mendatang, sebanyak 16 nagari diantaranya memiliki calon lebih dari lima orang.

Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat (DPM) Kabupaten Pasaman, Hasiholan Hutagalung mengatakan, bahwa pihaknya telah menyerahkan hasil fit and proper test calon walinagari ke masing-masing panitia pelaksana (Panpel) Pilwana di 16 kanagarian.

"Hasil seleksi juga kita serahkan kepada Panwas Pilwana. Total ada 80 nama yang kita serahkan untuk segera diumumkan ke publik," ujar Hasiholan kepada harianhaluan.com, Sabtu malam.

Dikatakan, pelaksanaan seleksi tersebut dilaksanakan di Kampus Sekolah Tinggi Agama Islam (STAI) YDI Pasaman di Lubuksikaping, selama dua hari terhitung dari 25-26 Februari 2020.

"Seleksi fit and propert tes cawanag itu pelaksananya tim independent. Terdiri dari enam orang penguji yang memiliki integritas. Mereka profesional. Tidak bisa diintervensi," tukas Holan.

Pihaknya memastikan bahwa hasil seleksi cawanag oleh tim independent dapat dipertanggungjawabkan keakuratannya. Hal itu sesuai dengan apa yang diperoleh oleh para calon walinagari tanpa intervensi siapapun.

"Penguji dari STAI YDI Lubuksikaping mengumumkan langsung melalui metode skor dan rangking, dipastikan STAI YDI independen dalam melaksanakan seleksi," katanya.

Holan menambahkan, bahwa pelaksanaan fit and propert tes pada pilwana 2020 diikuti 130 peserta. Dari 24 nagari yang menyelenggarakan Pilwana serentak, 16 nagari memiliki calon walinagari lebih dari lima.

"FPT diikuti sebanyak 130 calon walinagari. Berasal dari 16 nagari di tujuh kecamatan. Adapun total nagari yang melaksanakan pilwana tahun ini sebanyak 24 nagari," katanya. (h/yud)

 

 

Reporter : Yudi Lubis /  Editor : Heldi

Akses harianhaluan.com Via Mobile m.harianhaluan.com

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]
APP HARIANHALUAN.COM