Akhiri Perang, AS-Taliban Sepakat Berdamai


Ahad, 01 Maret 2020 - 01:26:04 WIB
Akhiri Perang, AS-Taliban Sepakat Berdamai Presiden Afghanistan Ashraf Ghani. (Foto: Dok. Anadolu Agency)

JAKARTA, HARIANHALUAN.COM -- Amerika Serikat dan Taliban meneken kesepakatan penarikan pasukan AS dari Afghanistan di Doha, Qatar. Menteri Luar Negeri AS Mike Pompeo mengatakan kesepakatan itu tak berarti apa-apa bila tindakan nyata tak dijalankan berdasarkan komitmen dan janji. 

Pompeo mengatakan Taliban telah memperlihatkan bahwa mereka akan mengakhiri perang selama masa pengurangan kekerasan. Kepada Taliban, Pompeo meminta untuk memutuskan hubungan dengan Al Qaeda dan tetap memerangi IS.

Pompeo juga meminta Taliban untuk menerima kemajuan yang telah dicapai perempuan di Afghanistan sejak 2001. Deputi pemimpin Taliban sebelumnya mengatakan, kelompoknya akan segera menandatangani kesepakatan dengan AS untuk mengurangi kekerasan. 

"Bahwa kami saat ini berdiri di ambang kesepakatan perdamaian bersama AS bukanlah kejadian bersejarah yang remeh," Sirajuddin Haqqani menulis dalam sebuah artikel opini di The New York Times, dalam pernyataan publik pertama yang signifikan oleh seorang pemimpin Taliban tentang kesepakatan pengurangan kekerasan.

Kesepakatan yang terjadi selama perundingan AS dan perwakilan Taliban di Qatar dapat mengarah pada penarikan pasukan dari Afghanistan.

"Meraih kemungkinan kesepakatan, menjamin keberhasilannya dan mencapai perdamaian langgeng akan tergantung pada kepatuhan yang sama cermatnya dari AS mengenai komitmen masing-masing," tulis Haqqani yang juga kepala Jaringan Haqqani yang terkait Pakistan. (*)

 Sumber : Detik /  Editor : Milna

Akses harianhaluan.com Via Mobile m.harianhaluan.com

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
  • Jumat, 27 September 2019 - 19:30:54 WIB

    Jelang Akhiri Masa Kerja, Fahri Hamzah Luncurkan Dua Buku

    JAKARTA, HARIANHALUAN.COM - Menjelang mengakhiri masa kerjanya, Wakil Ketua DPR RI Koordinatir bidang Kesejahteraan Rakyat (Korkesra) Fahri Hamzah meluncurkan dua buku hasil pemikirannya yang berjudul ‘Arahan Baru Pemberan.
  • Rabu, 03 Februari 2016 - 02:56:48 WIB

    Presiden Minta Golkar dan PPP Akhiri Dualisme

    JAKARTA, HALUAN — Partai Golkar dan Partai Persatuan Pembangunan (PPP) disarankan oleh Presiden Joko Widodo (Jokowi) untuk segera mengakhiri dualis­me kepengurusan..
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]
APP HARIANHALUAN.COM