Ini Masker yang Disarankan untuk Cegah Virus Corona


Ahad, 01 Maret 2020 - 05:50:12 WIB
Ini Masker yang Disarankan untuk Cegah Virus Corona Keluarga Iran mengenakan masker pelindung untuk mencegah tertular virus corona, saat mereka berdiri di Grand Bazaar di Teheran, Iran 20 Februari 2020. [WANA (Kantor Berita Asia Barat) / Nazanin Tabatabaee via REUTERS]

JAKARTA, HARIANHALUAN.COM -- Pencegahan virus corona atau COVID-19 bisa dilakukan dengan meningkatkan daya tahan tubuh. Misalnya, mengonsumsi makanan bergizi, istirahat cukup, olahraga, dan mengelola stres.

Selain itu, menggunakan masker agar tidak terpapar langsung virus juga tak boleh dilupakan. Berbicara tentang masker, kita tentu mengenal tiga jenis yang paling umum, yakni N95, masker katun, dan masker bedah. Tapi manakah yang terbaik untuk mencegah virus corona?

Ketua Perhimpunan Dokter Emergensi Indonesia, Moh. Adib Khumaidi, pun menjelaskannya satu per satu. Untuk masker N95 ini memang sangat baik lantaran bisa memfilter 95 persen virus. Meski demikian, masker jenis ini lebih disarankan untuk dipakai para dokter dan petugas kesehatan.

“Yang masyarakat perlu pahami, penggunaan masker N95 ditujukan untuk dokter dan petugas kesehatan karena mereka yang melakukan kontak langsung, kontak erat dengan pasien. Karena berisiko tinggi, N95 pun lebih disarankan,” katanya, dikutip dari Tempo, Minggu (1/3/2020)

Sedangkan untuk katun, ini adalah masker yang berbahan kain dan bisa dicuci. Adib mengatakan bahwa masker jenis ini sangat tidak efektif untuk mencegah virus corona sebab memiliki efisiensi anti virus yang rendah.

“Bahannya juga tebal dan pengap. Jadi, selain tidak bisa menangkal virus, ini juga tidak nyaman digunakan dalam jangka panjang,” ungkapnya.

Yang terakhir adalah masker bedah. Menurut Adib, ini adalah masker yang paling tepat untuk dipakai masyarakat. Ia menjelaskan masker ini memiliki kemampuan yang kuat untuk mencegah virus, disebabkan oleh tiga lapisan.

“Paling luar waterproof untuk mencegah percikan atau droplets masuk ke masker. Tengah untuk filtrasi dan menahan 90 persen virus. Dalam untuk absorbsi yang lembab dan basah. Ini sudah cukup sekali untuk masyarakat,” tuturnya. (*)

loading...
 Sumber : Tempo /  Editor : Milna
Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
  • Selasa, 11 Agustus 2020 - 22:11:52 WIB

    Hentikan Sekarang Juga, Makan Nasi Sisa Kemarin Bisa Timbulkan Bahaya Ini

    Hentikan Sekarang Juga, Makan Nasi Sisa Kemarin Bisa Timbulkan Bahaya Ini HARIANHALUAN.COM - Apakah kamu sering memasak nasi berulang kali ketika tidak habis dimakan? Sebaiknya hentikan sekarang juga, karena makan nasi sisa kemarin bisa menyebabkan keracunan..
  • Selasa, 11 Agustus 2020 - 20:52:01 WIB

    Jangan Anggap Sepele, Sindrom Ini Bikin Pasien 'Kritis' Covid-19 Terlihat Baik-baik Saja

    Jangan Anggap Sepele, Sindrom Ini Bikin Pasien 'Kritis' Covid-19 Terlihat Baik-baik Saja HARIANHALUAN.COM - Virus Corona atau Covid-19 berhasil membuat masyarakat begitu kecemasan. Lantaran, jumlah korban yang terdampak virus ini kian bertambah. Apalagi baru-baru ini, Otoritas Kesehatan Surabaga mengungkapkan kon.
  • Senin, 10 Agustus 2020 - 09:44:37 WIB

    Ini Sayuran Pilihan untuk Kontrol Gula Darah

    Ini Sayuran Pilihan untuk Kontrol Gula Darah HARIANHALUAAN.COM - Memilih makanan seperti sayuran rendah glikemik bagus untuk menjaga tubuh tetap sehat. Selain membantu proses pencernaan berjalan dengan baik, sayuran jenis ini juga dapat menjaga kadar gula dalam darah te.
  • Sabtu, 08 Agustus 2020 - 13:29:10 WIB

    Ini Tujuh Cara Turunkan Berat Badan dengan Olahraga

    Ini Tujuh Cara Turunkan Berat Badan dengan Olahraga HARIANHALUAN.COM - Menurunkan berat badan, sebenarnya tak hanya berlaku bagi yang ingin tubuh ideal. Berat badan yang seimbang adalah kunci kesehatan jiwa dan raga seseorang. Cara menurunkan berat badan dengan olahraga bisa d.
  • Jumat, 07 Agustus 2020 - 19:33:56 WIB

    Ini Kabar Terbaru Vaksin Corona Buatan RI

    Ini Kabar Terbaru Vaksin Corona Buatan RI HARIANHALUAN.COM - Juru Bicara Kementerian Luar Negeri RI (Kemlu), Teuku Faizasyah mengatakan bahwa Bio Farma telah semakin maju dalam pengembangan vaksin virus corona (COVID-19)..

KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]