Ini Masker yang Disarankan untuk Cegah Virus Corona


Ahad, 01 Maret 2020 - 05:50:12 WIB
Ini Masker yang Disarankan untuk Cegah Virus Corona Keluarga Iran mengenakan masker pelindung untuk mencegah tertular virus corona, saat mereka berdiri di Grand Bazaar di Teheran, Iran 20 Februari 2020. [WANA (Kantor Berita Asia Barat) / Nazanin Tabatabaee via REUTERS]

JAKARTA, HARIANHALUAN.COM -- Pencegahan virus corona atau COVID-19 bisa dilakukan dengan meningkatkan daya tahan tubuh. Misalnya, mengonsumsi makanan bergizi, istirahat cukup, olahraga, dan mengelola stres.

Selain itu, menggunakan masker agar tidak terpapar langsung virus juga tak boleh dilupakan. Berbicara tentang masker, kita tentu mengenal tiga jenis yang paling umum, yakni N95, masker katun, dan masker bedah. Tapi manakah yang terbaik untuk mencegah virus corona?

Ketua Perhimpunan Dokter Emergensi Indonesia, Moh. Adib Khumaidi, pun menjelaskannya satu per satu. Untuk masker N95 ini memang sangat baik lantaran bisa memfilter 95 persen virus. Meski demikian, masker jenis ini lebih disarankan untuk dipakai para dokter dan petugas kesehatan.

“Yang masyarakat perlu pahami, penggunaan masker N95 ditujukan untuk dokter dan petugas kesehatan karena mereka yang melakukan kontak langsung, kontak erat dengan pasien. Karena berisiko tinggi, N95 pun lebih disarankan,” katanya, dikutip dari Tempo, Minggu (1/3/2020)

Sedangkan untuk katun, ini adalah masker yang berbahan kain dan bisa dicuci. Adib mengatakan bahwa masker jenis ini sangat tidak efektif untuk mencegah virus corona sebab memiliki efisiensi anti virus yang rendah.

“Bahannya juga tebal dan pengap. Jadi, selain tidak bisa menangkal virus, ini juga tidak nyaman digunakan dalam jangka panjang,” ungkapnya.

Yang terakhir adalah masker bedah. Menurut Adib, ini adalah masker yang paling tepat untuk dipakai masyarakat. Ia menjelaskan masker ini memiliki kemampuan yang kuat untuk mencegah virus, disebabkan oleh tiga lapisan.

“Paling luar waterproof untuk mencegah percikan atau droplets masuk ke masker. Tengah untuk filtrasi dan menahan 90 persen virus. Dalam untuk absorbsi yang lembab dan basah. Ini sudah cukup sekali untuk masyarakat,” tuturnya. (*)

 Sumber : Tempo /  Editor : Milna

Akses harianhaluan.com Via Mobile m.harianhaluan.com

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
  • Senin, 06 April 2020 - 22:18:49 WIB

    Obat Baru Ini Diklaim Bisa Bunuh Virus Corona dalam 48 Jam

    Obat Baru Ini Diklaim Bisa Bunuh Virus Corona dalam 48 Jam JAKARTA, HARIANHALUAN.COM - Studi dari Monash University dan Doherty Institute bekerja sama dalam penelitian terbaru mereka terkait obat ivermectin yang diklaim ampuh atasi virus corona COVID-19. Obat tersebut bahkan disebut .
  • Ahad, 05 April 2020 - 23:17:02 WIB

    Ini Alasan Makanan Tak Bisa Sebarkan Virus Corona COVID-19

    Ini Alasan Makanan Tak Bisa Sebarkan Virus Corona COVID-19 JAKARTA, HARIANHALUAN.COM - Pandemi virus corona COVID-19 membuat sebagian masyarakat ketakutan berlebih. Ya, sebagian orang percaya makanan bisa menjadi medium penyebaran virus corona COVID-19. Tapi, apakah anggapan ini bena.
  • Ahad, 05 April 2020 - 22:44:35 WIB

    Masker Kain Jangan Dipakai Lebih dari 4 Jam, Ini Penjelasannya

    Masker Kain Jangan Dipakai Lebih dari 4 Jam, Ini Penjelasannya JAKARTA, HARIANHALUAN.COM - Juru Bicara Pemerintah Penanganan COVID-19, Achmad Yurianto mengimbau masyarakat untuk mengenakan masker bedah, demi mencegah penularan virus corona. Hal ini sesuai dengan rekomendasi terbaru dari .
  • Ahad, 05 April 2020 - 21:59:24 WIB

    Bukan Pertanda Buruk, Ini Arti Mimpi Melihat Orang Meninggal

    Bukan Pertanda Buruk, Ini Arti Mimpi Melihat Orang Meninggal JAKARTA, HARIANHALUAN.COM - Mimpi orang terdekat seperti orangtua atau pasangan yang meninggal dunia seringkali begitu menyesakkan dada. Meski hanya di dalam mimpi, kejadian itu terkadang terasa begitu nyata..
  • Ahad, 05 April 2020 - 18:23:08 WIB

    Faktor Gen Pengaruhi Keparahan Covid-19, Begini Kata Ahli

    Faktor Gen Pengaruhi Keparahan Covid-19, Begini Kata Ahli JAKARTA, HARIANHALUAN.COM - Sebagian pasien infeksi virus corona (Covid-19) memiliki gejala yang ringan dan sebagian lain punya gejala yang parah. Para ahli memperkirakan, gen memiliki peranan penting memengaruhi tingkat kepa.
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]
APP HARIANHALUAN.COM