Tips agar Pasien Kanker Nafsu Makan


Ahad, 01 Maret 2020 - 06:02:43 WIB
Tips agar Pasien Kanker Nafsu Makan Foto/ANTARA

JAKARTA, HARIANHALUAN.COM -- Salah satu masalah yang kerap dihadapi pasien kanker semasa pengobatan penyakitnya adalah sulit makan dan bisa berujung malnutrisi.

Hal ini salah satunya karena nafsu makan yang semakin menurun, menurut spesialis gizi Klinik RS Bethsaida, dr. Maria Inggrid Budiman.

Lalu apa yang bisa orang sekitar pasien lakukan?

"Masalah makannya mungkin bisa diatasi dengan mengganti konsistensi makanannya, dari padat ke lunak dulu. Kalau lunak belum bisa ganti lumat. Sudah lumat enggak bisa diganti susu. Susu juga bisa digunakan untuk melengkapi makanan padat," ujar Inggrid kepada ANTARA di Tangerang, Sabtu.

Dari sisi visual, variasi makanan juga penting untuk mencegah pasien bosan. Untuk hidangan ayam misalnya, bisa bentuknya ayam disuwir, dipepes dan lainnya.

Pemberiannya pun kalau bisa perlahan-lahan namun sering, misalnya setiap jam atau dua jam sekali.

Untuk jenis asupan, sama seperti orang sehat antara lain karbohidrat, lemak, protein, vitamin, mineral yang jumlah seimbang. Zat gizi ini bukan hanya digunakan untuk beraktivitas, tetapi juga mengefektifkan kerja obat dan meningkatkan sistem kekebalan tubuh.

"Salah satunya protein, yang membawa obat dari lambung, diserap lalu dibawa sama protein ke seluruh tubuh. Makanya penting. Untuk proses dalam sel, perlu vitamin dan mineral. Makanya kalau pasien tidak bisa makan kita harus cari cara supaya mau makan. Pokoknya harus ada yang masuk," papar Inggrid.

Jika perlu, penambahan Monosodium Glutamate atau MSG diperbolehkan asalkan tidak berlebihan untuk menambah nafsu makan.

"Tujuan utamanya pasien harus makan. Jangan sampai nanti kita batasi, dia sudah enggak nafsu makan tambah enggak mau (makan). Tambah lemas, tambah enggak bisa makan," kata Inggrid.

Selain itu, dokter juga bisa meresepkan suplemen vitamin dan mineral untuk memperbaiki fungsi pengecapan dan penciuman pasien.

"Tetapi jangan lupa dukungan keluarga penting. Harus sabar. Namanya orang sakit. Orang flu, demam saja malas makan. Sedangkan ini (kanker) terjadi dalam waktu lama jadi peran keluarga penting," demikian tutur Inggrid. (*)

 Sumber : Antara /  Editor : Milna

Akses harianhaluan.com Via Mobile m.harianhaluan.com

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
  • Selasa, 31 Maret 2020 - 12:19:19 WIB

    Cegah Corona, Begini Tips Bersihkan Hp dan Laptop

    Cegah Corona, Begini Tips Bersihkan Hp dan Laptop JAKARTA, HARIANHALUAN.COM -- Kita tahu saat ini penyebaran virus corona dapat melalaui barang-barang yang sering kita pakai seperti handphone (Hp) dan laptop milik pribadi Karena keduanya menjadi perangkat andalan, terutama .
  • Ahad, 29 Maret 2020 - 22:46:54 WIB

    6 Tips Belanja Cepat di Supermarket Demi Cegah Infeksi Corona

    6 Tips Belanja Cepat di Supermarket Demi Cegah Infeksi Corona JAKARTA, HARIANHALUAN.COM - Untuk menghadapi wabah pandemi virus corona, pemerintah mengimbau semua warga Indonesia untuk tetap berada di rumah. Keluar rumah diperbolehkan untuk beberapa hal tertentu, misalnya belanja kebutuh.
  • Ahad, 29 Maret 2020 - 18:06:32 WIB

    Tips Work From Home Agar Lebih Menyenangkan

    Tips Work From Home Agar Lebih Menyenangkan JAKARTA, HARIANHALUAN.COM -- Sesuai arahan Presiden Republik Indonesia Bapak Jokowi, Menteri Kelautan dan Perikanan, Bapak Edhy Prabowo mengajak para masyarakat Kelautan dan Perikanan untuk membatasi aktifitas di luar rumah d.
  • Sabtu, 28 Maret 2020 - 21:03:52 WIB

    Tips Hubungan Tetap Awet saat Berada di Rumah Terlalu Lama

    Tips Hubungan Tetap Awet saat Berada di Rumah Terlalu Lama JAKARTA, HARIANHALUAN.COM -- Biasanya, waktu terlama dihabiskan oleh pasangan baik yang sudah berumah tangga atau masih pacaran adalah pada saat akhir pekan. Tapi karena pandemi virus Korona jenis baru, banyak pasangan terpak.
  • Sabtu, 28 Maret 2020 - 17:26:33 WIB

    Cantik Tanpa Makeup? Bisa Kok kalau Ikuti Tips Ini

    Cantik Tanpa Makeup? Bisa Kok kalau Ikuti Tips Ini JAKARTA, HARIANHALUAN.COM - Banyak artis mulai menggaungkan cantik tanpa makeup. Hal ini dilakukan sebagai bagian dari kecintaan terhadap bumi, lantaran produk kecantikan banyak yang merusak alam, dan juga mengajarkan agar te.

BERITA TERPOPULER Index »

KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]
APP HARIANHALUAN.COM