Ayo ke Sawahlunto! Kawasan Wisata Alam Puncak Sati Saringan, Serasa Negeri Diatas Awan


Ahad, 01 Maret 2020 - 09:22:42 WIB
Ayo ke Sawahlunto! Kawasan Wisata Alam Puncak Sati Saringan, Serasa Negeri Diatas Awan Tebalnya kabut menyelimuti kota Sawahlunto dipagi hari, menyajikan pemandangan yang menakjubkan dari Puncak Sati. foto: RIKI YUHERMAN-Harianhaluan.com

Dibalik eksotisme wisata sejarah kota tua Sawahlunto atau Ombilin Coal Mining Heritage of Sawahlunto, ternyata "Kota Arang" biasa disebut orang ini menyimpan sejuta pesona keindahan alam lainnya. Salah satunya, Puncak Sati yang dikelola oleh kelompok sadar wisata (Pokdarwis) Puncak Sati Kelurahan Saringan Kecamatan Barangin. Kini secara perlahan menjadi salah satu destinasi wisata baru, melengkapi destinasi wisata yang telah ada di Sawahlunto.

LAPORAN : RIKI YUHERMAN

Wisatawan yang suka berpetualangan atau mendaki gunung, Puncak Sati bisa menjadi referensi bagi traveler. Keindahan panorama alam berlatarbelakang eksotisme kota tua Sawahlunto bisa dirasakan oleh wisatawan saat sampai dipuncaknya. Terlebih jika wisatawan menginap atau Camping di Puncak Sati, ada tiga momen yang bisa dirasakan atau dinikmati, yakni ketika menyonsong pagi hari bisa menikmati keindahan Sunrise, namun yang lebih fantastis pemandangan gugusan perbukitan yang dibalut dengan awan tebal seakan akan kita berada dinegeri di atas awan.

Pemandangan itu seakan akan kita merasa ini bukan di Sawahlunto. "Mirip - mirip di Bromo," ujar salah seorang pengunjung.

Setelah pagi menyibak, perlahan pemandangam kota tua semakin jelas dan kembali menjadi view foto, swa foto bagi yang berkunjung, hingga sore menyingsing pengunjung bisa menikmati matahari terbenam " sunset"  yang akan menjadi pengalaman tidak terlupakan terlebih menikmatinya sambil berayun di Hammok atau tempat tidur gantung yang diikatkan diantara pohon cemara yang ada.

Kawasan wisata Puncak Sati, diresmikan oleh Walikota Sawahlunto, Deri Asta Rangkayo Mudo Dirajo pada, Minggu 15 Desember 2019 lalu. Puncak Sati hadir dari masyarakat sendiri, keinginan masyarakat yang kini tergabung dalam Pokdarwis ingin mengembangkan wilayahnya untuk menjadi destinasi wisata yang secara tidak langsung akan berdampak pada perputaran ekonomi warga sekitar.

"Dari masyarakat kembali kepada masyarakat. Puncak Sati dalam pengembangkannya, dibantu pemuda dan masyarakat secara swadaya. Secara bertahap kita membuka paket wisata berkemah dengan menawarkan pesona Sawahlunto dimalam hari," ujar ketua Pokdarwis Puncak Sati, Yurmiadi.

Tak heran, kawasan Puncak Sati selala ada saja orang yang datang, baik naik saat siang, sore, malam dan saat pagi hari tepatnya setelah waktu subuh. Traveler ingin menikmati keseluruhan momen alam kota tua yang mungkin saja tidak akan ditemui ditempat lain.

Pembenahan dan peningkatan fasilitas, terus dilakukan oleh pengelola, namun konsepnya tetap mempertahankan keaslian. Pembuatan gazebo, mck, tambahan spot foto, menanam kembali pohon cemar dan berbagai bunga dan fasilitas lainnya, sehingga banyak pilihan aktivitas yang dapat dilakukan pengunjung nantinya.*

Reporter : RIKI YUHERMAN /  Editor : Dodi

Akses harianhaluan.com Via Mobile m.harianhaluan.com

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
  • Selasa, 18 Februari 2020 - 23:57:15 WIB

    Ayo ke Sijunjung! Ini Destinasi Wisata yang Wajib Dikunjungi

    Ayo ke Sijunjung! Ini Destinasi Wisata yang Wajib Dikunjungi SIJUNJUNG, HARIANHALUAN.COM -- Sejak Silokek diresmikan sebagai kawasan geopark Nasional pada 2018, Kabupaten Sijunjung semakin gencar mengembangkan sektor wisatanya..
  • Selasa, 28 Januari 2020 - 07:49:29 WIB

    Dihoyak Upiak Isil, Simpang Tigo Buayo Putiah Dibanjiri Pengunjung

    Dihoyak Upiak Isil, Simpang Tigo Buayo Putiah Dibanjiri Pengunjung PAINAN, HARIANHALUAN.COM - Agar tetap menjadi kunjungan terpopuler, Pengelola Wisata Simpang Tigo Buayo Putiah yang berada di Kenagarian Taratak, Kecamatan Sutera, Kabupaten Pesisir Selatan, menggelar pesta pantai dengan meng.
  • Sabtu, 11 Januari 2020 - 20:19:55 WIB

    Lokasi Wisata Simpang Tigo Buayo Putiah Diserbu Pengunjung 

    Lokasi Wisata Simpang Tigo Buayo Putiah Diserbu Pengunjung  PAINAN, HARIANHALUAN.COM - Dipenghujung libur sekolah, kawasan wisata "Simpang Tigo Buayo Putiah" yang terletak di Nagari Taratak, Kecamatan Sutera, Kabupaten Pesisir Selatan, terus saja diserbu pengunjung. Mereka yang datan.
  • Sabtu, 07 Desember 2019 - 11:21:11 WIB

    Ayo Liburan ke 5 Pulau Cantik di Sumbar, Ada Pulau Setan tapi Tidak Angker Lho...

    Ayo Liburan ke 5 Pulau Cantik di Sumbar, Ada Pulau Setan tapi Tidak Angker Lho... PADANG, HARIANHALUAN.COM - Sumatera Barat (Sumbar) memiliki beragam destinasi alam menarik untuk dikunjungi. Mulai dari gunung berapi, danau, laut dan air terjun, semua ada lengkap di provinsi ini. Nah, berikut ini adalah rek.
  • Ahad, 01 Desember 2019 - 08:52:49 WIB

    Agar Liburan Asyik, Ayo Ikuti 7 Tips Ini

    Agar Liburan Asyik, Ayo Ikuti 7 Tips Ini WISATA,HARIANHALUAN.COM-Penghujung tahun hampir tiba. Biasanya, banyak orang memiliki waktu luang untuk berlibur bersama keluarga tercinta. Agar liburan semakin menyenangkan, kebanyakan orang merasa bahwa mereka harus mengha.
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]
APP HARIANHALUAN.COM