20 Anggota PPK Kota Pariaman Dilantik


Ahad, 01 Maret 2020 - 11:03:34 WIB
20 Anggota PPK Kota Pariaman Dilantik Ketua Komisi Pemilihab Umum (KPU) Kota Pariaman, Aisyah melantik 20 orang anggota Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) Kota Pariaman, Sabtu (29/2). YUHENDRA

PARIAMAN, HARIANHALUAN.COM - Guna menyukseskan pelaksanaan pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur Sumbar pada 23 September 2020 mendatang, Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Pariaman melantik 20 anggota Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK).

"Kita melantik 20 orang anggota PPK tepilih yang ditempatkan diempat Kecamatan di Kota Pariaman, Tugas berat pertama PPK yaitu melakukan pemutakhiran data pemilih, untuk Pilkada mendatang" kata Ketua KPU Pariaman Aisyah usai pelantikan 20 anggota PPK di Aula Rumah Makan Samba Lado Pariaman, Sabtu (29/2).

Baca Juga : Kecuali Inhu dan Rohul, 6 Kepala Daerah di Riau Serentak Dilantik 26 April

Lebih lanjut Aisyah mengatakan data pemilih diperoleh dari KPU RI dilanjutkan ke KPU provinsi lalu diteruskan ke KPU kabupaten dan kota yang sudah dihubungkan dengan daftar pemilih tetap terakhir.

"Untuk melakukan pemutakhiran data, terlebih dahulu dilakukan Pembentukan Petugas Pemutakhiran Data Pemilih (PPDP) untuk melaksanakan pencocokan dan penelitian (coklit) data pemilih, Pembentukan PPDP tersebut dilaksanakan Maret," katanya.

Baca Juga : Pilkada 2020 Sukses, Wabup Sabar Puji Kinerja Pengawasan Bawaslu

Dengan data pemilih yang akurat maka dapat tercapai Pilkada yang berkualitas khususnya di Pariaman sehingga baik dan buruknya penyelenggaraan Pilkada 2020 berada di pundak PPK.

Oleh karena itu, lanjutnya pihaknya meminta kepada PPK untuk memiliki integritas dan mendahulukan kepentingan bersama daripada kepentingan pribadi atau golongan.

Baca Juga : Persiapan Pemilu 2024, Bawaslu Publikasikan Hasil Pengawasan Pilkada

"Mereka dituntut untuk selalu mendahulukan kepentingan bersama dibanding kepentingan pribadi dan kelompok," ujarnya.

Ia pun meminta PPK menjaga netralitas dan terus berkoordinasi dengan Panitia Pengawas Kecamatan dan pihak lainnya.

Baca Juga : MK Putuskan Pemungutan Suara Ulang di Inhu dan Rohul

"Kita juga meminta mereka untuk segera melakukan koselidasi dengan pihak kecamtan dan pihak terkait lainya, agar terlaksananya piljada yang berintegritas," kata Aisyah.

Pelantikan itu juga dihadiri oleh Asisten I Pemerintah Kota Pariaman Novriadi. Ia  meminta PPK yang baru dilantik dapat menjalankan tugas dengan baik.

"Kerja dan tindakan PPK banyak yang akan mengawasi termasuk Badan Pengawasan Pemilu," tambahnya.

Sementara itu, PPK Pariaman Timur, Eriza Putra mengatakan siap melaksanakan tugasnya sebagai PPK. Bagi Eriza, amanah yang diberikan kepadanya berseta rekan merupakan tanggungjawab untuk menyelengarakan Pilkada yang baik sesuai dengan undang-undang.

"Kami akan melaksanakan tugas dengan baik, demi terselangaranya pesta demokrasi yang beradulat," katanya. (h/hen)

 

 

Reporter : Yuhendra | Editor : Heldi
Logo Bawah
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing, Jalan Hamka Padang, Sumbar
Email: [email protected]