KPU Padang Pariaman Resmi Melantik 85 Anggota PPK


Ahad, 01 Maret 2020 - 13:11:54 WIB
KPU Padang Pariaman Resmi Melantik 85 Anggota PPK Komisioner KPU, pengurus KPU dan 85 anggota PPK di Padang Pariaman usai acara pelantikan.

PADANG PARIAMAN, HARIANHALUAN.COM -- Komisi Pemilihan Umum (KPU) Padang Pariaman melantik 85 orang Anggota Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) terpilih untuk Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Serentak pada 23 September 2020 di Hall IKK Padang Pariaman, Sabtu (29/2) kemarin.

Sebanyak 85 orang anggota PPK ini berasal dari  17 kecamatan di lingkungan Kabupaten Padang Pariaman. Tahapan rekuitmen PPK ini dimulai tanggal 15 Januari 2020 dengan jumlah pendaftar sebanyak 677 orang. Kemudian, dilanjutkan dengan melaksanakan tes tertulis, tes wawancara dan pelantikan.

Ketua KPU Padang Pariaman, Zulnaidi menyampaikan dalam sambutannya, PPK dalam melaksanakan tugasnya sesuai dengan regulasi yang berlaku dan jangan pernah bermain didalam melaksanakan tugas wewenang dan kewajibanya. "Kita harapkan PPK yang dilantik hari ini dapat menjaga integritas dan kemandirian jangan sampai menciderai Kelembagaan KPU dan melanggar fakta integritas yang barusan ditandatangani," ungkapnya.

Selain itu, PPK mesti menjalin kerja sama dengan stakeholder yang ada karena pada dasarnya PPK tidak dapat bekerja sendiri tanpa adanya dukungan dari berbagai pihak dengan tetap menjaga integritas dan kemandirian sesuai Undang-undang yang berlaku.
"Untuk itu, segera lakukan koslidasi dan koordinasi denga pihak seluruh pihak terkait agar terlaksananya tugas dang baik," lanjut Zulnaidi.

Sementara itu, Wakil Bupati Padang Pariaman, Suhatri Bur dalam sambutannya mengucapkan selamat kepada PPK yang baru dilantik. Selanjutnya, kata Suhatri Bur, PPK yang nantinya ditugaskan lima orang setiap kecamatan ini mampu berkerja sama menjadi sebuah tim.

"Kita harapkan lima orang ini betul-betul kompak dalam bekerja dan menjaga profisionalitas, integritas serta kemandirian penyelenggara pemilihan seperti yang dibacakan dalam naskah pelantikan tadi," kata Suhatri Bur yang juga pernah menjadi Ketua KPU Padang Pariaman itu.

Terpisah, Erik Estrada, Komisioner KPU Padang Pariaman Divisi Sosialisasi, SDM dan Partisipasi Masyarakat menambahkan, PPK yang dilantik agar bisa melaksanakan tugas wewenang dan kewajibanya sebagai mana yang telah diatur oleh Undang-undang. "Setelah pelantikan ini, PPK di masing-masing kecamatan akan melakukan koordinasi dengan pihak kecamatan membentuk Sekretariat PPK di tingkat kecamatan," kaya Erik.

Lebih lanjut, kecamatan akan mengusulan tiga nama untuk calon sekretariat dan empat nama untuk staf sekretariat  yang nantinya akan di-SK-kan oleh Bupati Padang Pariaman. "Proses pembentukan sekretariat ini selama 7 hari setelah pelantikan PPK," tutupnya. (*)

Reporter : Yuhendra /  Editor : Agoes Embun
Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA

KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]